4 Jenis Asuransi Perjalanan Yang Bisa Anda Pilih Sesuai Kebutuhan

Jenis Asuransi Perjalanan – Bagi Anda yang menyukai travelling, tentunya sangat membutuhkan asuransi untuk menjaga berbagai kemungkinan terburuk yang akan terjadi. Saat ini di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi perjalanan. Mereka menawarkan berbagai kelebihan kepada para customernya mulai dari premi bulanan yang murah hingga proses klaim yang mudah. Hal tersebut berhasil menarik minat para calon nasabah mereka. Akan tetapi tidak semua orang mengetahui jenis asuransi perjalanan dan apa saja keuntungannya. Berikut beberapa jenis asuransi yang bisa Anda gunakan.

Jenis Asuransi Perjalanan Berdasarkan Jangka Waktu

Asuransi Perjalanan

Asuransi Perjalanan

Jenis asuransi yang pertama adalah berdasarkan jangka waktu, jenis asuransi perjalanan berdasarkan jangka waktu dibagi menjadi dua yakni asuransi tahunan atau biasa dikenal annual travel insurance dan juga asuransi perjalanan sekali ataupun single trip insurance. Perbedaan yang mendasar dari jenis asuransi yang satu ini ialah dari banyaknya jumlah perjalanan yang ingin anda lakukan nantinya.

Jika Anda memang berkeinginan untuk melakukan beberapa kali perjalanan traveling saja didalam satu tahun, maka akan jauh lebih baik lagi memilih single trip insurance. Namun jika dalam satu tahun, Anda akan melakukan banyak perjalanan entah itu untuk berlibur atau dinas maka pilihan yang terbaik ialah annual travel insurance.

Jenis Asuransi Berdasarkan Tujuan Perjalanan

Jenis asuransi yang selanjutnya adalah berdasarkan tujuan perjalanan, asuransi yang satu ini terbagi menjadi dua pilihan yakni asuransi perjalanan bisnis dan asuransi perjalanan wisata. Asuransi perjalanan bisnis juga biasanya digunakan bagi Anda yang sering bepergian dengan alasan pekerjaan ataupun bisnis. Sedangkan asuransi perjalanan wisata biasanya akan digunakan untuk perjalanan dengan tujuan wisata atau travelling.

Asuransi Travel

Asuransi Travel

Kedua jenis asuransi ini memang terlihat berbeda, bahkan berbeda di manfaatnya sekalipun. Biasanya asuransi perjalanan bisnis ini juga memberikan perlindungan kepada berbagai barang pribadi Anda. Tidak hanya itu saja, asuransi bisnis juga akan memberi pelayanan penggantian dengan nilai yang jauh lebih besar kepada barang-barang pribadi yang memang dirasa cukup penting dan juga berkaitan dengan pekerjaan.

Jenis Asuransi Berdasarkan Jumlah Yang Tertanggung

Jenis asuransi perjalanan yang selanjutnya adalah berdasarkan pada jumlah yang tertanggung, yakni asuransi perjalanan individu dan juga asuransi perjalanan kelompok. Perbedaan pada kedua jenis asuransi perjalanan yang satu ini terletak kepada banyaknya orang yang akan diasuransikan didalam perjalanannya. Jika Anda akan melakukan perjalanan hanya seorang diri, maka jenis asuransi perjalanan terbaik yang dipilih ialah individual travel insurance.

Sedangkan group travel insurance akan lebih tepat jika perjalanan itu dilakukan satu perusahaan yang berencana akan memberangkatkan pegawainya pergi bersama untuk raveling atau acara kantor. Ataupun pihak sekolah yang akan memberangkatkan muridnya untuk pergi berlibur bersama, akan sangat cocok menggunakan jenis asuransi ini. Jenis asuransi perjalanan grup ini juga bisa digunakan jika Anda memang ingin bepergian bersama dengan keluarga besar.

Jenis Asuransi Berdasarkan Tempat Tujuan

Klaim asuransi

Jenis asuransi perjalanan ini yakni berdasarkan kepada tempat tujuan perjalanan Anda, entah itu perjalanan domestik atau bisa juga perjalanan internasional. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh dari jenis biaya premi yang nantinya akan Anda bayarkan, karena kedua jenis asuransi ini juga berbeda satu sama lainnya. Biasanya, biaya asuransi perjalanan internasional memiliki biaya premi yang jauh lebih mahal jika Anda bandingkan dengan jenis perjalanan domestik.

Hal tersebut karena biaya premi yang nantinya dibebankan akan menyesuaikan kurs dari negara yang akan dituju. Meski begitu pihak asuransi akan menanggung semua resiko selama perjalanan berlangsung, asuransi perjalanan tak akan menanggung ataupun mengganti jika terjadi resiko ketika perjalanan dengan kondisi yang seperti berikut:

  • Resiko kecelakaan ataupun sakit yang dikarenakan pengaruh alkohol, obat-obatan, dan juga sejenisnya. Hal ini akan dianggap sebuah kesalahan pribadi, sehingga tak akan ditanggung oleh pihak asuransi nantinya.
  • Kecelakaan yang terjadi dengan sengaja. Yang dimaksud sengaja ialah kecelakaan yang dimaksudkan untuk nantinya mendapatkan asuransi.
  • Kondisi force majeure, kondisi ini adalah kondisi yang mana terjadi diluar dari kemampuan Anda. Misalnya saja Anda terjebak di dalam kerusuhan di sebuah Negara yang sedang Anda kunjungi. Sehingga akan jauh lebih baik lagi menghindari datang di beberapa negara yang sedang terlibat konflik.
  • Sakit sebelum akan melakukan perjalanan namun tetap nekat melakukan perjalanan itu sendiri, meski sudah diberikan peringatkan oleh dokter. Alasannya pun sangat jelas karena Anda sudah mengabaikan saran dari pihak dokter.
  • Hamil dan juga keguguran. Hal ini dikarenakan sebelum melakukan perjalanan tentunya Anda sudah mengetahui semua resiko buruk yang bisa terjadi saat akan melakukan perjalanan dengan kondisi sedang hamil.
  • Terlibat dalam olahraga profesional. Misalnya Anda sedang mengikuti kejuaran balapan mobil. Untuk hal itu, akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan asuransi tersendiri untuk bisa memberikan perlindungan diri Anda. Terlibat didalam beberapa event tertentu menjadi sebuah pengecualian bagi pihak asuransi perjalanan.

Itulah beberapa jenis asuransi yang bisa Anda gunakan. Sesuaikan asuransi perjalanan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa, teliti memilih jenis asuransi perjalanan agar nantinya tidak mengalami masalah saat akan melakukan klaim.

 

 

4 Jenis Asuransi Perjalanan Yang Bisa Anda Pilih Sesuai Kebutuhan | Malik | 4.5
error: Content is protected !!