Yuk Intip 10 Cara Mendapatkan Penghasilan Selain Pinjam dari Bank

Para pelaku usaha harus tahu bagaimana cara mendapatkan penghasilan selain pinjam dari bank. Hal ini penting untuk diketahui mengingat tingginya tingkat ketergantungan pengusaha pada pinjaman dari bank untuk modal usahanya. Dengan mencari cara selain melakukan pinjaman dari bank, pengusaha tidak akan dipusingkan lagi dengan prosedur peminjaman dari bank yang terkadang merepotkan. Berikut ini beberapa cara mendapatkan modal usaha selain meminjam dari bank:

1.     Menggunakan Tabungan yang Dimiliki

Menggunakan Tabungan

Menggunakan Tabungan

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha tanpa melakukan pinjaman dari bank adalah dengan menggunakan tabungan yang dimiliki. Cara ini dirasa lebih minim resiko dibandingkan jika Anda pinjam modal usaha dari bank. Anda pun tidak akan dibebani dengan bunga bank dan juga biaya tambahan lainnya.

Untuk  bisa mengumpulkan modal usaha dari tabungan pribadi, Anda harus bisa berhemat dan harus bisa menyisihkan sebagian penghasilan Anda. Agar Anda tidak tergoda menggunakan tabungan yang nantinya akan dijadikan sebagai modal usaha, Anda perlu membuat rekening khusus untuk menyimpan modal.

2.     Menggunakan Hasil Penjualan Aset Pribadi

Untuk bisa mendapatkan sumber modal usaha selain pinjam dari bank, terkadang Anda harus merelakan beberapa aset pribadi untuk dijual. Aset tersebut bisa berupa kendaraan, rumah, barang elektronik, atau bahkan tabungan emas. Untuk itu, terlebih dahulu Anda harus mencatat aset apa saja yang sudah jarang atau bahkan tidak digunakan lagi. Sebagai contohnya, apabila Anda ingin menjual salah satu dari dua mobil yang Anda punya untuk dijadikan sebagai modal usaha, maka pilihlah yang lebih jarang Anda gunakan. Pastikan keputusan yang telah Anda ambil tersebut telah mendapatkan persetujuan dari keluarga agar tidak ada yang merasa dirugikan.

3.     Menggadaikan Aset Pribadi di Lembaga Pegadaian Resmi

Apabila Anda belum bisa merelakan beberapa aset untuk dijual, maka Anda dapat memilih untuk menggadaikan aset tersebut di lembaga pegadaian resmi yang telah terpercaya. Menggadaikan aset pribadi di tempat resmi semacam ini akan bisa menjamin keamanan dari barang-barang yang Anda gadaikan.

4.     Menggunakan Dana Hibah dari Perusahaan, Pemerintah, atau Kampus

Memakai dana hibah perusahaan juga bisa menjadi salah satu cara mendapatkan penghasilan selain pinjam dari bank. Saat ini terdapat program dana hibah yang diperuntukkan bagi pengembangan UKM yang ada di Indonesia.  Bantuan modal usaha tersebut biasanya berupa CSR atau Corporate Social Responsibility. Untuk bisa mendapatkan modal usaha dari hibah perusahaan, terlebih dahulu Anda harus menyiapkan profil perusahaan Anda selengkap dan semenarik mungkin.

Selain pihak swasta, pemerintah juga menyediakan program untuk pengadaan modal bagi UKM di Indonesia yang disalurkan melalui BUMN, Kementerian Koperasi dan UMKM, Kementerian Tenaga Kerja, dan Kementerian Tenaga Pendidikan.

Bagi Anda yang masih berstatus mahasiswa, Anda juga bisa  mendapatkan bantuan modal usaha dari pihak kampus. Untuk mendapatkan bantuan modal ini, Anda harus menyiapkan proposal dan melakukan presentasi untuk selanjutnya akan diseleksi oleh pihak kampus.

5.     Menggunakan Modal Patungan atau Kongsi

Anda bisa mendapatkan sumber modal usaha dengan cara patungan atau kongsi.  Apabila usaha yang dijalankan telah menghasilkan keuntungan, maka nantinya masing-masing pihak yang berkongsi akan mendapatkan keuntungan berdasarkan besar kecilnya modal yang ditanamkan oleh mereka . Dengan memilih cara ini, Anda akan mendapatkan modal usaha tanpa terbebani bunga pinjaman.

6.     Modal Usaha dari Waralaba

Saat ini usaha waralaba semakin berkembang pesat. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha yang ingin membuka usaha tanpa mengeluarkan modal yang cukup besar. Biasanya pembagian untung rugi dari usaha waralaba ini didasarkan pada kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya.

7.     Dengan Mengikuti Pelatihan

Mengikuti pelatihan melalui lembaga pemberdayaan ekonomi juga bisa menjadi salah satu cara mendapatkan penghasilan selain pinjam dari bank. Setelah Anda mengikuti training, workshop, ataupun pelatihan untuk berbisnis dari lembaga ekonomi tersebut,  Anda akan diberi informasi terkait akses untuk modal usaha.

8.     Dana dari Situs Crowdfunding

Anda dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mencari modal usaha. Ya, hanya dengan bermodalkan gadget dan internet, Anda sudah bisa mendapatkan modal usaha seperti yang Anda harapkan. Cara ini sebenarnya hampir sama dengan sponsorship. Untuk itu, Anda perlu menawarkan usaha pada para pengunjung website tersebut. Kemudian, pengunjung yang berminat bisa menjadi sponsor bagi usaha Anda.

9.     Meminjam Dana dari Koperasi

Jika Anda enggan mencari sumber modal usaha dari pinjaman bank, maka salah satu alternatif penggantinya adalah dengan meminjam dana dari koperasi. Pembayaran cicilan pinjaman koperasi dirasa lebih ringan, prosedurnya lebih mudah, dan proses pencairan dananya pun lebih cepat.

Baca juga : 4 Tempat Pinjaman Modal Usaha Online Termudah 2020-2021

10.   Pinjam Modal dari Teman atau Keluarga

Anda juga bisa mendapatkan modal usaha melalui pinjaman dari teman ataupun keluarga. Meski mereka mungkin tidak meminta jaminan yang berat seperti bank, namun Anda harus tetap menyiapkan proposal untuk menunjukkan keseriusan Anda dalam menjalankan usaha. Pastikan juga bahwa Anda bisa membayar pinjaman tersebut dengan tepat waktu untuk menjaga kepercayaan mereka pada diri Anda.

Itulah beberapa cara mendapatkan penghasilan selain pinjam dari bank. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Yuk Intip 10 Cara Mendapatkan Penghasilan Selain Pinjam dari Bank | Malik | 4.5
error: Content is protected !!