Tips Sukses Usaha Baju Distro Agar Cepat Laku dan Untung

Bisnis fashion, khususnya baju memang merupakan ladang usaha yang potensial. Bagaimana tidak? Kebutuhan masyarakat terhadap baju cenderung meningkat setiap tahun. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak dijumpai para penjual baju di pasar, mall hingga toko atau ruko. Disamping secara fisik, banyak juga penjual baju via online shop yang meramaikan persaingan.

Dalam ketatnya persaingan inilah keahlian penjual mengaplikasikan strategi promosi atau pemasaran kepada konsumen sangat menentukan. Namun, beberapa penjual ternyata belum memahami tips sukses usaha baju distro supaya laris dan untung. Pada dasarnya, ada beberapa cara yang dapat diterapkan agar produk Anda terjual secara maksimal.

Lakukan riset pasar

Setelah seluruh komponen penunjang bisnis siap, maka selanjutnya Anda harus melakukan riset pasar. Melakukan riset pasar tentu penting bagi perkembangan bisnis Anda. Hal ini dikarenakan ketepatan dalam riset pasar akan membuat bisnis Anda berhasil. Dalam riset pasar, Anda harus mengamati selera konsumen terhadap suatu produk dan juga daya beli mereka.

toko baju

toko baju

Jangan lupa juga untuk menentukan segmentasi pasar dari produk baju yang Anda jual. Apakah baju ini akan dijual untuk pelanggan anak-anak, wanita, pria, anak muda atau siapa? Dengan menentukan segmentasi pasar secara fokus maka akan membuat penjualan produk menjadi lebih maksimal. Makismalnya penjualan produk tentu akan membuat bisnis Anda terus bertahan bahkan berkembang.

Promosi produk secara rutin dan menarik via sosial media

social media

Masyarakat di era modern ini sangat aktif dalam menggunakan sosial media. Fakta ini adalah sebuah peluang bagi bisnis Anda untuk memasarkan produk. Anda harus memastikan bahwa staf marketing telah melakukan promosi produk baju secara rutin. Namun, promosi produk juga harus dilakukan dengan materi yang menarik agar calon konsumen semakin penasaran dan berminat khususnya di facebook, twitter dan instagram. Dengan demikian, konsumen akan tertarik dan akhirnya membeli produk baju milik Anda.

Menjaga kualitas produk

Kualitas produk baju Anda merupakan aspek penting bagi konsumen. Anda jangan hanya terpaku dengan strategi promosi berupa produk baju murah. Tidak ada salahnya jika Anda menjual berbagai produk baju dengan harga sedikit mahal tetapi kualitas tetap prima.

kaos distro

kaos distro

Anda tidak perlu takut kehilangan pelanggan karena masih banyak konsumen yang menyadari pentingnya kualitas produk. Ketika Anda konsisten mampu menjaga kualitas produk baju tentu akan berdampak positif karena kredibilitas usaha meningkat di mata konsumen.

Berikan pelayanan prima kepada konsumen

Tips sukses usaha baju distro agar cepat laku dan untung berikutnya adalah memberikan pelayanan prima kepada konsumen. Prinsip yang harus dipegang oleh seorang pedagang adalah bahwa “pembeli adalah raja”. Anda dan pegawai wajib bersikap ramah ketika melayani konsumen baik di toko maupun via social media.

Selain itu, pastikan toko Anda memiliki berbagai macam desain, ukuran, warna dan harga baju yang bervariasi. Dengan demikian, konsumen dapat leluasa memilih produk baju yang sesuai selera dan budget mereka.

Selalu update tren dan model terbaru

tren kaos distro

Bukanlah rahasia umum, jika gaya berbusana sebagian besar masyarakat selalu disesuaikan dengan tren dan model terbaru.. Cara jualan baju agar cepat laku dan untung berikutnya adalah Anda harus memenuhi kebutuhan konsumen terhadap tren dan model baju terbaru. Cara ini tentu akan menjaga eksistensi toko Anda sehingga tidak kehilangan pelanggan. Misalnya karena profesi sebagai youtuber lagi hits, Anda bisa mendesain kaos dengan logo Youtube atau Youtuber agar bisa menarik perhatian masyarakat

Harga yang kompetitif

Meskipun produk baju distro yang Anda jual berkualitas dan juga asli tetapi pikirkanlah harga kompetitifnya. Idealnya, dalam bisnis baju distro Anda perlu menyesuaikan dengan daya beli masyarakat secara umum. Tujuannya adalah harga jual yang Anda tawarkan kepada pelanggan terlihat logis apalagi untuk sebuah baju distro yang berkualitas dan original.

Selain itu, pastikan juga Anda tidak terlalu banyak menaikkan harga dari modal untuk mendapatkan profit. Sebaiknya, Anda menaikkan harga secara realistis agar dapat menjangkau daya beli konsumen. Harga produk yang terlalu mahal tentu sangatlah sulit untuk dijangkau oleh konsumen. Mahalnya harga produk yang Anda jual juga akan berakibat pada penurunan minat beli konsumen.

Datangi langsung suppliernya

Cara yang pertama ini memang sedikit rumit karena Anda harus mendatangi langsung suppliernya. Misalnya, Anda ingin mengimpor produk berupa baju distro dari Singapura. Ini artinya Anda harus datang ke Singapura secara langsung untuk memilih supplier. Jadi, dapat disimpulkan bahwa cara ini sangatlah menyita waktu dan biaya tentunya.

Namun, sebenarnya Anda tidak harus mendatangi suppliernya secara langsung. Apabila Anda mempunyai rekan yang berdomisili di Singapura, maka dapat memintanya untuk berbelanja dan mengirimkan baju tersebut ke Indonesia. Dengan demikian, Anda hanya perlu membiayai pembelian baju dan ongkos kirimnya. Tetapi, usahakan rekanan yang Anda pilih bisa dipercaya.

Itulah beberapa tips sukses usaha baju distro supaya laris dan untung yang dapat diterapkan pada bisnis baju milik Anda. Penerapan beberapa cara tersebut perlu Anda lakukan dengan konsisten agar hasilnya pun optimal. Dengan demikian, bisnis usaha baju milik Anda pun semakin berkembang dan tetap mampu bertahan di tengah persaingan pasar.

 

Tips Sukses Usaha Baju Distro Agar Cepat Laku dan Untung | Malik | 4.5
error: Content is protected !!