Tips Memulai Bisnis Kue Rumahan yang Menguntungkan

Bisnis kue rumahan yang menguntungkan – Saat ini bisnis kue menjadi pilihan tepat untuk mendatangkan keuntungan. Hal itu dikarenakan bisnis kue termasuk dalam jenis kuliner yang akan selalu dicari oleh masyarakat.  Jenis bisnis kuliner tidak akan pernah mati mengingat kebutuhan pokok manusia akan makanan dan kuliner yang tidak akan pernah padam.  Untuk bisa menggeluti bisnis ini Anda harus memiliki tips atau trik tentang bagaimana membangun atau mendirikan bisnis kue yang sukses dan menguntungkan. Setiap bisnis memiliki trik atau tipsnya masing-masing, sebab bisnis yang dirikan hanya sekadar ikut-ikutan tidak akan bisa bertahan lama. Berikut ini adalah beberapa tips atau cara bisnis kue rumahan yang menguntungkan:

Skill dan Pengetahuan

bisnis kue rumahan

bisnis kue rumahan

Cara membangun bisnis kue rumahan yang menguntungkan pertama adalah memiliki skill dan pengetahuan. Penting sekali dalam berbisnis untuk memiliki skill dan juga pengetahuan tersebut sebab tanpa skill bisnis tidak akan bisa berjalan sesuai dengan rencana. Tidak hanya skill saja, namun pebisnis harus tahu bagaimana cara berbisnis sebab bisnis tidak hanya kerja keras, namun juga kerja cerdas.

Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Peralatan yang lengkap sangat dibutuhkan untuk memulai bisnis kue ini. Jika Anda memulai bisnis kue rumahan dari nol, siapkanlah peralatan yang vital terlebih dahulu. Berikut ini adalah peralatan dan rincian biayanya yang harus Anda pertimbangkan dengan baik ketika akan memulai bisnis kue:

  1. Mixer duduk dengan volume sedang : Rp750.000
  2. Loyang kue berbagai ukuran : Rp200.000
  3. Kertas kue : Rp50.000
  4. Kuas 4 @Rp4.000 : Rp16.000
  5. Oven listrik/ kompor : Rp1.000.000
  6. Kompor dan gas : Rp350.000

Total dari rincian biaya peralatan vital di atas sebesar Rp2.366.000. Modal tersebut cukup murah untuk skala rumahan. Membuka bisnis kue rumahan menjadi pilihan dikarenakan modalnya yang tidak terlalu besar dan sistemnya made by order. Jika menyewa tempat atau ruko, maka biaya yang dikeluarkan pun akan semakin besar dan peralatan yang digunakan pun akan semakin banyak.

Rumah yang Strategis

lokasi bisnis kue rumahan

lokasi bisnis kue rumahan

Cara selanjutnya untuk mendirikan bisnis kue rumahan yang menguntungkan adalah lokasi rumah yang strategis. Syaratnya adalah rumah dekat dengan jalan raya atau jalan utama yang mana bisa dengan mudah dijangkau. Toko kue yang tidak mudah ditemukan atau sulit diakses membuat konsumen menjadi malas untuk pergi ke toko kue tersebut. Jangan membuka bisnis kue rumahan jika rumah Anda berada jauh di dalam gang, sewalah tempat yang strategis sehingga jika ada konsumen yang ingin datang ke lokasi bisa mudah mencarinya. Tidak selamanya pembeli ingin membeli by phone atau secara online, namun ada yang ingin datang ke rumah untuk melihat kue apa saja yang bisa Anda buat.

Fotografi

teknik angle gambar

teknik angle gambar

Tips agar Anda sukses dengan bisnis kue rumahan adalah jangan melupakan fotografi. Jika tidak bisa mengambil angle gambar yang pas, Anda bisa menggunakan jasa fotografi profesional untuk memotret kue yang sudah dihasilkan. Tujuan fotografi ini adalah bisa dijadikan sebagai album referensi. Misalnya pembeli ingin memesan kue ulang tahun namun bingung memilih model dan jenis kue ulang tahunnya, Anda bisa menyerahkan album referensi tersebut. Jadi album tersebut bisa digunakan sebagai gambaran dan pilihan bagi pembeli.

Perhitungan yang Tepat

Bisnis kue bukannya tanpa hambatan, namun ada beberapa risiko yang harus dihadapi saat menggelutinya. Hambatan yang paling sering dihadapi oleh penjual kue adalah naiknya harga bahan baku. Bahan baku yang fluktuatif adalah telur. Telur ini menjadi bahan pokok yang penting dalam bisnis pembuatan kue sehingga tidak bisa dibuat tanpa menggunakan telur. Oleh sebab itu Anda harus mengantisipasi jika harga telur tersebut naik langkah tepat apa yang harus dilakukan. Jika salah langkah, justru akan banyak konsumen tidak akan membeli kue lagi. Tidak hanya kue saja yang mengalami bahan baku naik ini, namun hampir semua aspek bisnis yang berhubungan dengan kuliner akan mengalaminya.

Cara jitu untuk mengatasi harga bahan baku yang naik adalah mengubah ukuran kue tersebut. Hal itu dikarenakan banyak pelanggan yang lebih memilih harga murah dibandingkan memilih kue dengan ukuran yang sama namun harga lebih mahal. Jika harga bahan baku sudah normal maka ukuran pun bisa kembali ke normal.

Menyediakan Berbagai Macam Varian

Skill ini sangat diperlukan dalam bisnis kue. Dengan skill yang dimiliki Anda bisa menciptakan berbagai macam varian produk kue. Teruslah berkreasi dan berinovasi dengan begitu akan banyak konsumen yang tertarik dengan kue buatan Anda. Jika produk kue yang Anda buat sama dengan pesaing maka tidak ada nilai plus yang dimiliki. Oleh sebab itu meski hanya skala rumahan usahakan untuk menciptakan produk kue yang kreatif dan inovatif.

Testing Pasar

lakukan testing pasar

lakukan testing pasar

Penilaian dari masyarakat sangat penting untuk kemajuan bisnis Anda. Untuk mengetahui bagaimana selera pasar Anda bisa melakukan testing pasar. Caranya dengan memberikan sampel kue gratis kepada masyarakat, dan Anda bisa meminta masyarakat tersebut memberikan feedback tentang cita rasa kue yang dibuat, harga, tekstur dan lain sebagainya. Suara dari masyarakat ini bisa membuat Anda jadi tahu seperti apa kue yang dihasilkan tersebut menurut selera masyarakat. Dengan begitu Anda bisa terus melakukan sedikit demi sedikit perbaikan untuk memenuhi selera masyarakat tersebut.

Marketing

social media

social media

Bisnis tanpa marketing tidak akan sempurna. Tanpa promosi maka masyarakat tidak akan bisa mengenal produk apa yang dijual. Marketing ini adalah sesuatu yang penting di dalam berbisnis. Untuk memulai usaha kue yang menguntungkan Anda bisa memanfaatkan media sosial. Saat ini pengguna media sosial semakin banyak sehingga bisa dimanfaatkan sebagai sarana promosi.

Anda bisa melakukan promosi di Facebook, Twitter, maupun Instagram. Kalau perlu di sosial media tersebut Anda mengadakan promosi, dan give away. Give away ini sangat diminati oleh masyarakat caranya seperti dengan memberikan komentar, like, dan juga share pada postingan Anda, sehingga akan semakin banyak yang melihat postingan tersebut dan bisnis akan semakin terkenal.

Membaca Peluang Pasar

Tidak hanya testing pasar saja yang bisa dilakukan, namun Anda juga harus pandai dalam melihat peluang pasar. Peluang pasar kue ini meningkat pada saat-saat tertentu misalnya hari raya Idul Fitri maupun saat Natal. Anda bisa memanfaatkan momen tersebut untuk menarik minat konsumen sebanyak-banyaknya. Lakukan strategi marketing yang pas agar menarik banyak minat konsumen.

Bahan yang Berkualitas

Bahan pembuatan kue haruslah yang berkualitas. Jika tidak menggunakan bahan yang berkualitas cita rasa dari kue tersebut menjadi buruk. Bahan kue curah dengan berkualitas akan berbeda sehingga utamakan kualitas bukan kuantitas.

bahan kue berkualitas

bahan kue berkualitas

Berbisnis kue harus memiliki tips dan trik. Tips dan trik tersebut dibutuhkan untuk membuat Anda memenangkan dalam persaingan bisnis. Saat ini sudah banyak yang menggeluti bisnis kue ini sehingga persaingan menjadi ketat. Lakukanlah beberapa cara bisnis kue rumahan yang menguntungkan seperti yang dijelaskan di atas agar bisnis bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

bingung pilih kerjaan pada waktu bersamaan kerja usaha kue rumahan dan dapat panggilan kerja di klinik kesehatan -mau buka bisnis kue harus punya skill? -usaha cake rumahan -

Tips Memulai Bisnis Kue Rumahan yang Menguntungkan | Malik | 4.5
error: Content is protected !!