8 Tips Memilih Software Akuntansi yang Tepat untuk Bisnis

Agar tidak salah dalam menentukan pilihan, Anda harus tahu apa saja tips memilih software akuntansi yang tepat untuk bisnis Anda. Memilih software akuntansi yang tepat memang tidaklah mudah. Anda harus melakukan perhitungan dan pertimbangan yang cukup kompleks agar nantinya software akuntansi tersebut bisa memberikan manfaat yang maksimal bagi bisnis Anda.

Anda harus memastikan bahwa software akuntansi tersebut benar-benar sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Untuk membantu Anda dalam menentukan software akuntansi yang tepat, simak beberapa tips berikut ini.

1.     Perhatikan Keamanan Data

Salah satu hal terpenting yang harus dipertimbangan dalam memilih software akuntansi adalah tingkat keamanan data. Anda harus memastikan bahwa software akuntansi tersebut memberikan jaminan data bagi para penggunanya. Untuk itu, Anda perlu bertanya atau berkonsultasi dengan developer penyedia software apakah ada perlindungan dari pembobolan data secara offline maupun online.

2.     Fitur Sesuai dengan Kebutuhan

Tips memilih software akuntansi yang tepat untuk bisnis yang berikutnya adalah pastikan fitur yang tersedia pada software akuntansi tersebut memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Saat ini banyak fitur yang tersedia pada software akuntansi yang beredar di pasaran, seperti misalnya fitur untuk mengelola data, perhitungan pajak otomatis, neraca saldo, dan lain sebagainya. Agar biaya yang Anda keluarkan tidak begitu besar, pilihlah software yang memang sesuai dengan kebutuhan saja. Sebab, semakin banyak fitur yang tersedia, semakin besar pula biaya yang harus Anda keluarkan.

3.     Pilih yang User Friendly

Anda harus memastikan software akuntansi yang Anda gunakan mudah untuk dipahami dan diaplikasikan oleh para pengguna alias bersifat user friendly. Semakin sederhana interface dari software tersebut, semakin mudah pula software tersebut dioperasikan oleh para penggunanya. Dengan demikian, perusahaan tidak perlu memberikan pelatihan khusus bagi para karyawannya terkait penggunaan software tersebut.

4.     Mudah Untuk Diakses

Selain user friendly, Anda juga harus memastikan kalau software akuntansi tersebut mudah untuk diakses di mana saja dan kapan saja. Oleh karena itu, sebaiknya pilih software yang berbasis cloud. Software semacam ini dapat diakses dimana saja dan kapan saja Anda inginkan selama tetap terkoneksi dengan jaringan internet.

Software akuntansi yang berbasis cloud dapat dengan mudah Anda akses, bahkan hanya dengan menggunakan smartphone. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi Anda yang punya mobilitas yang tinggi. Dengan demikian, Anda bisa terus memantau dan mengelola keuangan perusahaan Anda di mana saja dan kapan saja, bahkan di sela-sela kesibukan Anda sekalipun.

5.     Pilih yang Memiliki Fasilitas Back Up Data

Anda harus memastikan bahwa software akuntansi yang akan Anda gunakan memiliki fasilitas back up data. Dengan adanya fitur back up data, seluruh laporan keuangan dapat terintegrasi dengan aplikasi atau software lain. Saat ini, seluruh laporan keuangan lebih sering diakses dengan menggunakan Microsoft Excel. Karena itulah, fitur back up data dapat membantu Anda dalam menuangkan laporan keuangan dalam bentuk excel. Selain keamanan data lebih terjamin, Anda pun jadi tidak perlu khawatir apabila sewaktu-waktu terjadi bug.

6.     Terdapat Layanan Customer Support

Memastikan adanya layanan customer support pada software juga bisa menjadi salah satu tips memilih software akuntansi yang tepat untuk bisnis. Hal ini penting mengingat di awal-awal pemakaian, ada saja pengguna yang membutuhkan bantuan dalam mengoperasikan software tersebut. Untuk menguji baik atau tidaknya layanan customer support yang disediakan, Anda bisa menghubungi nomor yang terdapat pada laman website penyedia software. Cari tahu bagaimana cara mereka merespon dan menawarkan bantuan kepada Anda. Semakin baik respon yang diberikan, maka semakin baik pula customer support yang diberikan.

7.     Perhatikan Harga dan Biaya Tambahan

Dalam memilih sebuah software, salah satu hal penting yang harus menjadi pertimbangan adalah harga dan biaya tambahan yang mungkin harus Anda keluarkan. Anda perlu menanyakan kepada pihak vendor berapa besar biaya yang harus Anda keluarkan dalam pembelian software tersebut dan tanyakan pula apakah ada biaya tambahan yang harus Anda bayarkan dikemudian hari. Karena ada beberapa software yang mengharuskan penggunanya membayar biaya tambahan untuk bisa menikmati layanan dan fitur yang disediakannya.

8.     Customize Sesuai dengan Keinginan

Sebaiknya pilih software akuntansi yang dapat melayani permintaan customize sesuai dengan keinginan atau jenis usaha Anda. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam menyikapi dunia bisnis yang memang sangat dinamis. Dengan adanya layanan customize, software tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda yang memang selalu berubah dari waktu ke waktu.

Baca juga : Kumpulan Quotes Susi Puji Astuti Tentang Kesuksesan

Dengan demikian, software tersebut bisa terus digunakan dan selalu dapat mengikuti perkembangan zaman, terutama mengikuti dinamika yang terjadi dalam dunia bisnis.

Demikianlah ulasan mengenai tips memilih software akuntansi yang tepat untuk bisnis. Semoga tips tadi bisa membantu Anda dalam menentukan vendor penyedia software akuntansi yang tepat.

 

8 Tips Memilih Software Akuntansi yang Tepat untuk Bisnis | Malik | 4.5
error: Content is protected !!