7 Tips Memilih Ruko sebagai Tempat Usaha

Tips memilih ruko sebagai tempat usaha – Di tengah tingginya kebutuhan masyarakat, tak heran jika semakin banyak orang yang ingin beralih profesi menjadi pengusaha. Memiliki usaha sendiri dengan produk yang unik dan sesuai kebutuhan konsumen juga akan meningkatkan peluang keberhasilan. Namun untuk mendukung hal tersebut, tentu kita perlu mempunyai lapak fisik yang strategis, seperti misalnya ruko untuk tempat usaha.

Dan dalam memilih ruko pun tidak boleh sembarangan, karena ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar ruko tempat usaha Anda bisa ramai pelanggan. Oleh karena itu pada ulasan kali ini kami akan bagikan 7 tips memilih ruko sebagai tempat usaha, berikut ulasan lengkapnya:

Sertifikat dan Legalitas Ruko

Legalitas Ruko

Sebelum berbicara bisnis, maka sebaiknya Anda perhatikan dulu urusan sertifikat dan legalitas ruko. Jika Anda ingin menyewa ruko, pastikan jika ruko tersebut memiliki memiliki surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Dan tanyakan kepada pemilik ruko, apakah sudah memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM) atau masih sebatas Hak Guna Bangunan (HGB). Jika masih sebatas HGB, Anda tetap boleh menyewa ruko tersebut asalkan masa berlakunya masih lama.

Yang terpenting adalah jangan tergiur dengan harga ruko yang terlalu murah karena bisa jadi Anda akan merugi di kemudian hari. Untuk itu selalu teliti urusan sertifikat dan legalitas ruko tersebut.

Lakukan Riset Usaha dan Sesuaikan dengan Kebutuhan

Riset usaha

Riset usaha

Untuk membeli ruko, Anda juga harus bisa menyesuaikannya dengan usaha yang dijalani. Jika Anda ingin menjalankan usaha rumah makan atau kafe, maka sebaiknya pilihlah ruko dengan ukuran yang cukup besar dan memiliki tata letak yang lega. Hal ini berfungsi agar Anda tidak perlu mengeluarkan uang tambahan lagi untuk merenovasi bagian-bagiannya.

Akses Transportasi yang Mudah Ditempuh

Beberapa ruko memang disewakan atau dijual dengan harga yang murah. Namun tak jarang harga murah tersebut tidak memberi jaminan bahwa usaha Anda akan ramai. Karena beberapa diantaranya tidak memiliki akses transportasi yang baik.

Fasilitas ruko yang ramai

Fasilitas ruko yang ramai

Ini adalah hal penting karena sudah terbukti cukup banyak pengusaha yang teledor dalam memperhitungkan akses transportasi ini dan akhirnya mengalami kebangkrutan. Bahkan untuk sekedar lahan parkir saja bisa mempengaruhi usaha Anda. Karena tanpa adanya akses transportasi yang mudah dan sempitnya lahan parkir terkadang membuat konsumen lebih memilih tempat lain yang jauh lebih bisa memberi kenyamanan.

Fasilitas Ruko

Tips memilih ruko sebagai tempat usaha yang selanjutnya adalah perhatikan fasilitas ruko tersebut. Pilihlah ruko yang memberi fasilitas lengkap, seperti air bersih, kamar mandi, listrik, air di luar ruko, hingga lantai yang bersih dan tidak pecah. Ini sangatlah penting untuk menjadi bahan pertimbangan karena prinsip dasar dalam memilih ruko adalah meminimalisir pengeluaran di kemudian hari untuk hal-hal yang sebenarnya tidak diperlukan atau bisa dicegah.

Lokasi yang Strategis dan Sesuai Target Pasar

Jika Anda ingin membuka usaha dengan target pasar adalah mahasiswa, maka sebaiknya pilih ruko yang tidak jauh dari kampus besar. Pemilihan lokasi yang strategis akan berdampak sangat besar bagi keberlangsungan usaha Anda. Jangan sampai Anda memilih ruko hanya sekedar karena tempat tersebut ramai. Karena beberapa tempat yang ramai belum tentu dipenuhi oleh target pasar Anda.

Lokasi ruko yang strategis

Namun sebaliknya, apabila Anda sudah menentukan target pasar dan memilih ruko di lokasi yang sesuai, maka potensi keberhasilan usaha juga meningkat. Karena hingga kini pun lokasi yang strategis selalu menjadi faktor utama dalam keberhasilan usaha seseorang.

Keamanan Sekitar

Sebelum Anda memilih ruko, sebaiknya lakukan survey untuk mengetahui tingkat keamanan sekitar ruko. Carilah data seputar riwayat kejadian yang ada di daerah tersebut. Apabila dirasa tidak aman, maka sebaiknya pilihlah ruko di tempat lain. Karena faktor keamanan ini juga akan berpengaruh pada kenyamanan pelanggan. Apabila nantinya sampai ada berita miring tentang tempat usaha Anda, maka bukan tidak mungkin hal tersebut akan mempengaruhi penjualan.

Pelajari Harga

Hal terakhir yang tak boleh terlupakan adalah mengetahui harga pasaran ruko tersebut. Perlu dipahami bahwa antara satu ruko dengan lainnya memiliki harga yang berbeda. Bahkan ruko dengan ukuran yang besar bisa jadi memiliki harga lebih murah daripada ruko kecil. Hal ini sangat berpengaruh dengan lokasi dan fasilitas yang ada di sekitarnya.

uang muka

Pelajari harga

Sehingga Anda juga harus jeli dalam mengetahui harga pasaran ruko agar tidak rugi dengan harga yang kelewat mahal. Dan ingatlah bahwa ketika Anda memilih ruko untuk tempat usaha, unit ruko tersebut juga tetap memiliki nilai investasi. Tentu memilih ruko dengan harga yang sesuai akan meningkatkan profit Anda di kemudian hari apabila ingin menjualnya kembali.

Dan itulah beberapa tips memilih ruko sebagai tempat usaha yang perlu Anda ketahui. Pastikan Anda memilih ruko yang sesuai dengan kebutuhan demi kemajuan usaha.

7 Tips Memilih Ruko sebagai Tempat Usaha | Malik | 4.5
error: Content is protected !!