6 Ide Bisnis Pertanian Rumahan Potensial dan Menguntungkan

Bisnis pertanian rumahan potensial banyak dicari. Tidak hanya peternakan saja yang memiliki prospek bagus namun pertanian ini juga memiliki prospek yang sama. Alasan mengapa pertanian ini prospeknya bagus adalah hasil pertanian ini banyak dicari dan dijadikan sebagai bahan konsumsi masyarakat sehari-hari. Uniknya saat ini pertanian tidak hanya identik dengan masyarakat pedesaan saja namun masyarakat perkotaan pun juga banyak yang menggeluti bisnis pertanian saat ini.

Pertanian modern bisa dilakukan di lahan yang sempit dan terbatas sekalipun bahkan bisa tanpa media tanah. Sektor pertanian mulai melakukan inovasi dengan berbagai macam perubahan yang laris manis di pasaran. Hanya dengan luas lahan beberapa meter saja Anda sudah bisa menjadi petani modern pemula. Berikut ini adalah beberapa ide bisnis pertanian rumahan potensial yang bisa Anda geluti:

Organik

Saat ini masyarakat semakin sadar akan hidup sehat. Apa yang dimakan ini akan berefek ke kesehatan tubuh, terlalu banyak memakan makanan cepat saji, instan atau junk food ini akan menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan kedepannya dalam jangka panjang. Melihat pola konsumsi masyarakat yang berubah ini Anda bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis yang potensial.

Hasil pertanian organik sangat diminati dan banyak dilirik oleh masyarakat dikarenakan lebih sehat dan bebas pestisida. Memang untuk perawatan tanaman berbasis organik ini tidak mudah karena Anda tidak bisa menggunakan pestisida namun bisa menggantinya dengan bahan-bahan alami. Anda juga bisa mengganti pupuk kimia dengan pupuk yang alami seperti kompos dan juga pupuk kandang sehingga bebas kimia.

Tanaman Rempah

Salah satu bisnis pertanian rumahan potensial selanjutnya adalah tanaman rempah.  Bisnis tanaman rempah memerlukan modal awal yang cukup kecil. Rempah-rempah ini merupakan komoditas yang bisa Anda pasarkan di luar negeri maupun di pasar lokal. Yang menyebabkan mengapa tanaman rempah ini diminati karena bisa membuat cita rasa makanan semakin lezat dan memiliki aroma yang khas.

Selain itu tanaman rempah ini juga bisa dijadikan sebagai berbagai macam bahan yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Contoh tanaman rempah yang bisa Anda budidayakan adalah adas, akar wangi, asam jawa, bawang putih dan bawang merah. Anda juga bisa membudidayakan kapulaga, cengkeh dan sebagainya.

Tanaman Obat

Bisnis pertanian rumahan potensial yang bisa Anda jadikan sebagai bisnis potensial adalah tanaman obat. Obat-obatan alternatif saat ini banyak dikonsumsi orang karena tanpa efek samping. Selain itu tanaman obat ini juga memiliki nilai ekonomis tinggi. Jangan salah, ada tanaman yang harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah hanya dengan berat berapa gram saja. Untuk membudidayakan tanaman obat ini Anda tidak perlu memiliki lahan yang luas karena bisa menanamnya dengan cara hidroponik.

Menjual Bibit Tanaman

Bisnis pertanian modern yang bisa dijadikan sebagai peluang usaha potensial adalah menjual bibit tanaman. Tren menanam tanaman saat ini meningkat, terlebih lagi di era pandemi seperti saat ini. Banyak masyarakat yang menghabiskan waktunya di dalam rumah kemudian mencari kegiatan yang bisa mengisi waktu dan hari-harinya di rumah. Mereka banyak yang memilih untuk menanam tanaman baik itu tanaman hias, tanaman sayur dan sebagainya.

Hal ini bisa Anda jadikan sebagai bisnis potensial. Anda bisa menjadi penjual bibit tanaman yang berkualitas karena banyak dicari masyarakat. Anda bisa menjual bibit yang banyak dicari seperti bibit kangkung, bayam, tomat, mawar, terung dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu Anda juga bisa menyediakan jasa pembuatan souvenir. Saat ini bibit tanaman banyak dijadikan sebagai souvenir pernikahan karena unik dan menarik.

Pupuk

Bisnis selanjutnya adalah pembuatan pupuk. Pupuk saat ini menjadi kebutuhan pokok tanaman dimana dengan pupuk ini tanaman akan bisa bertambah subur. Supaya sukses Anda bisa mempelajari cara membuat pupuk seperti pupuk kompos dan kandang terlebih dahulu. Selain itu ada dua macam pupuk yang bisa dibuat yaitu pupuk kering dan pupuk cair.

Hidroponik

Anda yang memiliki lahan sempit dan terbatas, bisnis tanaman hidroponik ini bisa Anda jadikan sebagai bisnis yang potensial.  Ide bisnis ini menjadi peluang usaha yang populer dan banyak digemari orang. Membuka usaha tanaman hidroponik ini menjadi bisnis pertanian yang cepat panen, menguntungkan, laris dan tidak membutuhkan banyak modal. Keuntungan lainnya adalah harga jual dari tanaman hidroponik ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan tanaman yang ditanam secara konvensional.

Baca juga : Pengertian Fertigasi Hidroponik, Kelebihan, dan Tekniknya

Produk Pertanian Kreatif

Selain beberapa ide bisnis pertanian rumahan potensial diatas ada beberapa produk pertanian kreatif yang bisa Anda jadikan inspirasi. Produk pertanian tersebut adalah aneka tepung, dimana Anda bisa membuat tepung singkong, tepung jagung dan lain sebagainya. Tepung ini menjadi bahan baku pembuatan puding atau kue dan beberapa makan lainnya.

Produk pertanian kreatif lainnya adalah minyak kelapa. Minyak kelapa ini jauh menyehatkan karena rendah kolesterol, selain itu banyak dijadikan sebagai bahan dasar produk kecantikan dan kesehatan sehingga pangsa pasarnya sangat luas.

Demikianlah ide bisnis pertanian rumahan potensial yang menarik untuk Anda geluti, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

6 Ide Bisnis Pertanian Rumahan Potensial dan Menguntungkan | Malik | 4.5
error: Content is protected !!