Tips Manajemen Stress bagi Pengusaha yang Layak Dicoba

Menjadi pengusaha atau pebisnis tentu selalu disibukkan dengan urusan-urusan yang pelik dan beragam. Sebab melalui sebuah pemikiran-pemikiran cerdas dan inovatif, sebuah perusahaan dapat berkembang dan maju. Berkat tangan-tangan para CEO dalam hal ini pengusahanya, bukan mustahil jika sebuah perusahaan dapat mencapai kemajuan yang sangat pesat. Nah, bagi Anda para pengusaha yang mulai pelik dengan keadaaan Anda sekarang, mengalami stress yang sangat tinggi akibat jam kerja yang padat atau karena pemikiran-pemikiran yang Anda curahkan selama ini, kini saatnya Anda harus pandai dalam hal manajemen stress. Berikut manajemen stress bagi para pengusaha.

Identifikasi Kebiasaan Yang Menyebabkan Anda Stress

manajemen stress

manajemen stress

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah dengan mengidentifikasi hal-hal apa yang menyebabkan Anda stress dengan demikian Anda akan menjadi sangat mudah untuk mengatasinya. Kenali sumber stress Anda misalnya apakah karena income perusahaan menurun, gagalnya proyek oleh beberapa client, strategi marketing yang tak kunjung membuahkan hasil, pusing dengan bawahan yang tidak disiplin misalnya dan lain sebagainya. Untuk mengetahui sumber stress tersebut, Anda perlu untuk secara lebih detail menelaah sikap, kebiasaan serta alasan mengapa stress tersebut muncul. Jika diperlukan, Anda bisa mencoba untuk menulis jurnal setiap Anda merasakan stress.

Hal pertama yang harus Anda tulis adalah penyebab dari stress itu sendiri. Kedua apa yang Anda rasakan saat Anda mengalami stress (secara fisik maupun mental). Ketiga adalah bagaimana cara meminimalisir atau menyembuhkan stress itu. Umumnya ketika Anda sudah bisa mengidentifikasi ketiga “notes” di atas, Anda sudah bisa mengira-ira bagaimana cara mengatasinya. Namun jika penyebab tersebut ternyata cukup pelik, hilangkanlah dahulu masalah tersebut dan fokus untuk melakukan hal-hal yang anda sukai sampai pada akhirnya ketika mood Anda baik Anda bisa menjalankannya lagi dengan pemikiran yang lebih tenang.

Bersosialisasi dengan Teman Karib

Teman karib dalam hal ini adalah teman yang benar-benar dekat dengan Anda. Bisa jadi teman nongkrong, teman sekolah, teman hang out dan lain sebagainya. Ceritakan stress Anda kepada teman Anda dan bercakap-cakaplah serta saling berbagi cerita satu sama lain. Saat Anda berinteraksi dengan orang lain (dalam hal ini teman), maka secara tak langsung Anda telah membagi masalah tersebut kepada orang lain. Terlebih ketika teman anda memberikan solusi terhadap masalah Anda, maka sedikit banyak beban Anda akan berkurang.

teman karib

teman karib

Salurkan rasa stress Anda ke dalam hal-hal yang positif, bukan sebaliknya. Carilah tempat nongkrong yang nyaman, yang bebas dari alcohol dan rokok. Jika perlu Anda bisa datang beramai-ramai bersama teman untuk makan bareng, foto-foto bareng atau olahraga bareng misalnya, seperti jogging atau gym.

Terapkan 4 A

Saat Anda mengalami stress, Anda tentu bisa menerapkan apa yang disebut dengan 4A. Apa itu 4A?.  4A yaitu Avoid, Alter, Adapt and Accept. Avoid yang berarti Anda diperbolehkan untuk menghindar smeentara waktu, Adjust artinya Anda perlu menyesuaikan atau beradaptasi dengan sumber stress tersebut. Kemudian yang terakhir adalah Accept adalah menerima sepahit apapun sumber stress tersebut dan mencoba melakukan Alter yang artinya Anda perlu mengubah apa yang menyebabkan Anda stress tersebut.

Musik

Closeup of a relaxed young man resting at home listening to peaceful music

Menurut pakar setidaknya stress yang Anda derita akan berkurang hingga 70% saat Anda mendengarkan musik atau bernyanyi. Jadi Anda bisa gunakan headphone untuk mendengarkan musik sekencang yang Anda mau. Putar musik yang Anda sukai. Atau untuk mendapatkan musik terbaru, Anda bisa berlangganan layanan music streaming di iPhone secara berbayar. Anda tak perlu browsing lagu terbaru, cukup buka aplikasi tersebut dan biarkan sistem yang mencarinya untuk Anda nikmati.

Jika perlu, Anda bisa mengajak teman-teman karib Anda untuk bergabung dalam karaoke keluarga untuk sekedar melepaskan kepenatan Anda.

Tempat yang Sepi dengan View yang Indah

Tips manajemen stress yang terakhir adalah dengan menyambangi tempat-tempat yang sepi namun dengan view yang sangat indah. Cara ini sangat cocok bagi mereka yang merasa dirinya introvert, namun tak menampik kemungkinan jika cara- cara ini juga bisa diterapkan untuk orang non introvert. Kunjungilah tempat yang sekiranya tak terlalu jauh dari lokasi Anda sekarang. Kunjungi, duduk dan nikmati suasananya.

Pastikan hanya ada sedikit orang atau lebih baik tidak ada satu orang pun disitu. Nikmati suasananya dan mencoba merenung untuk beberapa waktu. Dengan merenung di tempat yang demikian, biasanya Anda akan cepat mendapatkan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi. Jika perlu, Anda bisa berteriak sekencang-kencangnya untuk melegakan pikiran Anda. Namun pastikan jika pengunjungnya sedang sepi atau ketika tidak ada banyak orang di sekitar Anda duduk. Tempat- tempat yang direkomendasikan seperti pantai, pegunungan, tepi hutan, taman dan lain sebagainya.

Nah semoga tips manajemen stress bagi pengusaha di atas dapat bermanfaat bagi Anda.

 

 

Tips Manajemen Stress bagi Pengusaha yang Layak Dicoba | Malik | 4.5
error: Content is protected !!