Tips Efektif Agar Bisnis Sewa Ruang Kantor Berjalan Optimal

Salah satu jenis investasi yang selalu menguntungkan adalah di bidang properti. Akan tetapi, dibalik perolehan keuntungannya terdapat modal yang harus dipersiapkan. Bagi Anda yang mempunyai properti khususnya ruang kantor lebih dari satu, maka dapat memanfaatkannya untuk memperoleh passive income.

Anda dapat menjalankan bisnis sewa ruang kantor untuk memperoleh pendapatan sebelum properti ini dijual. Menyewakan properti memang relatif lebih mudah dibandingkan dengan menjualnya. Tetapi, apabila Anda tidak mampu mengelolanya dengan baik, maka akan menghadirkan berbagai macam resiko yang merugikan. Agar bisnis penyewaan properti berupa ruang kantor Anda maksimal, maka perhatikanlah beberapa tips di bawah ini.

Ketahui Nilai Sewa

Tips pertama agar bisnis penyewaan ruang kantor yang Anda jalankan memperoleh untung maksimal adalah mengetahui nilai sewa. Tujuannya yaitu agar Anda tidak menyewakan ruang kantor di bawah harga pasar. Pada dasarnya, setiap daerah dan tipe properti akan berpengaruh signifikan terhadap harga sewa.

Menghasilkan uang

Ketahui nilai sewa

Oleh karena itu, Anda sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan harga sewa ruang kantor. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan situs jual beli properti online guna mengetahui harga sewa ideal ruang kantor. Tidak hanya itu, Anda juga bisa berkonsultasi soal harga sewa ruang kantor dengan kepada teman yang lebih mengetahui.

Persiapkan diri dan tanggung jawab

Menyewakan properti tentu berbeda dengan menjualnya. Ketika Anda menjual properti, maka semua tanggung jawab yang dimiliki akan berpindah kepada pembeli. Sedangkan, pada saat menyewakan properti, maka tanggung jawab sepenuhnya masih milik Anda. Dengan demikian, Anda masih wajib mengurus pajak bangunan dan juga kondisi fisik properti.

Jangka waktu sewa

bisnis sewa ruang kantor

bisnis sewa ruang kantor

Menentukan durasi jangka waktu sewa merupakan aspek penting dalam bisnis sewa ruang kantor. Anda dapat menyewakan ruang kantor dengan jangka waktu sewa yang bermacam-macam. Tetapi, pada umumnya kebanyakan orang menyewakan properti mereka dengan sistem per tahun. Terdapat beberapa kelemahan ketika Anda menerapkan sistem per tahun dalam sewa ruang kantor. Pertama, Anda tidak bisa menaikkan harga sewa sewaktu-waktu sehingga harus menunggu tahun berikutnya.

Kedua, kebanyakan orang umumnya akan gagal mengelola perencanaan keuangan dari penghasilan sewa properti yang dibayarkan per tahun. Oleh karena itu, Anda perlu mencoba untuk menyewakan ruang kantor dengan sistem bulanan untuk mengatasi kelemahan ini. Penggunaan sistem bulanan ini juga akan menghadirkan aspek positif. Diantaranya adalah Anda mudah untuk menaikkan harga sewaktu-waktu dan mengalokasikan dana per bulan untuk keperluan perawatan serta asuransi.

Perawatan ruang kantor

Alangkah bijaknya apabila Anda memperhatikan kondisi fisik ruang kantor terlebih dahulu sebelum menyewakannya. Kesalahan yang kerap dilakukan oleh kebanyakan orang adalah memperbaiki ruang kantor setelah ada pihak penyewa. Alasan yang umumnya digunakan adalah mereka akan mengambil anggaran sewa untuk memperbaikinya.

Tindakan di atas memang bukanlah sesuatu yang salah akan tetapi terlihat kurang efektif. Hal ini dikarenakan Anda harus mengeluarkan banyak biaya untuk perbaikan. Akibatnya, dana yang diterima menjadi tidak maksimal untuk perencanaan bisnis ke depannya. Berbeda halnya, apabila perawatan ruang kantor Anda lakukan secara berkala dimana biaya perbaikan relatif lebih kecil.

Selektif dalam memilih penyewa

Selektif dalam memilih penyewa

Bisnis sewa ruang kantor merupakan salah satu bidang usaha yang tidak luput dari resiko. Sebagai pemilik, Anda tentu harus berusaha untuk meminimalisir berbagai resiko tersebut. Salah satu cara yang bisa Anda terapkan adalah memilih calon penyewa dengan selektif. Anda harus memastikan identitas dan juga tujuan penyewa menyewa properti secara pasti.

Mengetahui identitas secara jelas dan mempunyai data lengkap penyewa adalah langkah preventif yang harus Anda lakukan. Tindakan ini bertujuan agar menghindari penyewa melakukan berbagai kegiatan yang melanggar hukum dan aktivitas negatif lainnya.

Buat kontrak perjanjian dengan jelas

Perjanjian kontrak adalah dokumen yang tidak boleh Anda abaikan dalam berbisnis penyewaan properti. Dalam membuat perjanjian kontrak, Anda hendaknya memperjelas setiap poin penting yang ada kemudian buatlah kesepakatan dengan penyewa. Tindakan ini bertujuan untuk menghindari kesalah pamahan diantara Anda dan penyewa di kemudian hari. Selain itu, dengan adanya perjanjian kontrak, maka Anda dan penyewa akan memahami tanggung jawab dan kewajiban masing-masing.

Asuransikan ruang kantor

asuransi ruang kantor

asuransi ruang kantor

Salah satu aspek penting yang sering dilupakan oleh kebanyakan orang adalah mengasuransikan properti miliknya. Padahal mengasuransikan properti termasuk ruang kantor tentu sangat penting mengingat musibah atau bencana alam akan datang tanpa pemberitahuan sebelumnya. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan kesiapan materi dan mental untuk meghadapinya. Supaya resiko kerusakan dapat diantisipasi, maka Anda perlu mengasuransikan ruang kantor yang akan disewakan.

Apabila Anda mampu mengelolanya dengan baik, maka bisnis sewa ruang kantor sangat prospek untuk dijalankan. Ini dikarenakan seiring dengan berjalannya waktu, iklim usaha terus berkembang dan kebutuhan terhadap bangunan untuk kantor juga meningkat. Selain itu, aset berupa ruang kantor yang Anda sewakan juga akan bertambah terus nilainya.

 

 

 

 

Tips Efektif Agar Bisnis Sewa Ruang Kantor Berjalan Optimal | Malik | 4.5
error: Content is protected !!