9 Tips Beli Mobil Keluarga dengan Cicilan: Nyaman Berkendara, Cerdas Menabung!

Tips beli mobil keluarga dengan cicilan – Mobil nampaknya tidak lagi menjadi kebutuhan sekunder. Terutama bagi Anda yang tinggal di tengah keramaian kota. Menempuh perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman tanpa perlu khawatir panas dan hujan. Apalagi adanya sistem kredit dalam pembelian mobil, Anda semakin dimudahkan untuk memboyong kendaraan roda empat ini ke garasi rumah. Tapi sebelumnya, kami punya tips beli mobil keluarga dengan cicilan yang bisa dijadikan referensi agar Anda mendapatkan mobil terbaik dari segi harga dan performa. Berikut ulasannya:

1. Pertimbangkan Keuangan Bulanan Anda

Keuangan Bulanan

Keuangan Bulanan

Sebelum beranjak ke dealer, hal wajib yang Anda lakukan pertama kali adalah menghitung kemampuan finansial bulanan Anda. Tujuannya tentu saja agar kondisi keuangan Anda tidak terganggu oleh cicilan mobil yang diluar batas kemampuan Anda. Jika Anda mempunyai tabungan lebih, Anda bisa membayar DP lebih besar dari ketentuan minimal yang ditetapkan. Hal ini membantu meringankan beban cicilan yang akan Anda tanggung.

2. Tentukan Tipe Mobil Yang Tepat

Setelah Anda mengetahui kemampuan finansial bulanan Anda, cobalah buat daftar tipe mobil yang sesuai dengan kriteria harga Anda. Kemudian, pilihlah mobil yang memiliki fitur keamanan dan kenyamanan yang mumpuni. Misalnya, fitur auto-lock untuk keamanan anak Anda, kelengkapan seat belt, dual SRS Airbags, dan lainnya.

mobil keluarga nyaman

mobil keluarga nyaman

Hal lain yang perlu Anda pertimbangkan adalah konsumsi bahan bakarnya, apakah irit atau tidak. Untuk mobil keluarga, sebaiknya Anda tidak mengambil mobil dengan tenaga besar karena selain tidak terlalu penting, mobil bertenaga besar juga boros bahan bakar.

Karena untuk mobil keluarga, Anda mungkin harus mempertimbangkan kapasitas mobil dengan jumlah keluarga Anda. Setelah itu, baru Anda bisa lihat desainnya. Pilih yang paling sesuai dengan selera Anda diluar kenyamanan dan keamanan yang ditawarkan.

Kemudahan akses menuju bengkel resmi juga boleh menjadi bahan pertimbangan. Carilah tipe mobil yang bengkel resminya mudah ditemui agar maintenancenya mudah dan aman. Usahakan juga suku cadang pada mobil mudah diperoleh sehingga ketika ada kerusakan Anda tidak perlu susah payah mencarinya.

3. Pilih Mobil Bekas atau Baru?

beli mobil bekas atau baru

beli mobil bekas atau baru

Berikutnya terkait dengan kondisi mobil yang akan Anda beli, apakah baru atau bekas. Kembali lagi, semua tergantung pada kemampuan finansial Anda. Cicilan mobil bekas tentu saja lebih terjangkau. Tetapi, Anda tetap harus memperhatikan harga jualnya di pasar karena banyak dealer yang membanderol harga mobil bekas dengan harga lumayan tinggi dari yang lain. Selain itu, kondisi mobil bekas juga tidak boleh luput dari perhatian. Pastikan semuanya dalam kondisi baik sehingga Anda dapat mengendari dengan tenang.

Sedangkan untuk mobil baru, Anda tidak perlu khawatir akan performanya. Meskipun lebih mahal, namun semuanya terjamin aman. Anda juga bisa mengajukan asuransi untuk mobil baru sebagai tindakan preventif jika suatu hari ada peristiwa yang tidak diinginkan.

4. Pastikan Harga Jual Mobil Yang Anda Pilih Stabil

Harga jual mobil stabil

Untuk meminimalisir kerugian di masa yang akan dating, sebaiknya Anda memilih mobil dengan harga jual stabil. Sebab, banyak kasus dimana harga mobil akan mengalami penurunan hingga 50% hanya dalam jangka waktu 2 sampai 3 tahun. Jadi, jika harga jual mobil yang Anda pilih stabil, Anda tidak terlalu rugi jika tiba-tiba terpaksa menjualnya.

5. Jangan Abaikan Pajak Penjualan dan Pajak Tahunan

Membeli barang mewah berarti juga Anda harus menanggung biaya lainnya seperti pajak penjualan dan pajak tahunan. Pastikan Anda tidak melupakan itu agar tidak kelimpungan nantinya.

6. Pilih Lembaga Pembiayaan Terpercaya

Lembaga pembiayaan nampaknya menjamur di Indonesia. Masing-masing menawarkan keunggulan layanan yang berbeda. Datanglah ke leasing yang terjamin kredibilitasnya. Perhitungkan juga suku bunga yang ditawarkan. Umumnya, Bank menawarkan bunga rendah tetapi prosesnya cukup merepotkan. Sebaliknya, leasing memberikan bunga yang relatif lebih tinggi. Tapi, pelayananya cepat dan tanggap. Anda tidak perlu lagi mengurus kesana kemari.

7. Tambahkan Uang Muka

uang muka

uang muka

Kebanyakan Lembaga pembiayaan mengharuskan debitur untuk membayar minimal 20-25% uang dimuka. Namun, jika Anda mempunyai tabungan lebih, tidak ada salahnya jikan memperbesar uang muka supaya nilai hutang kredit semakin berkurang. Secara logika, jika hutang kredit Anda kecil, maka jumlah cicilan bulanan juga kecil, sehingga bunga cicilan yang harus dibayar setiap bulan juga kecil. Jadi, menambah uang muka secara tidak langsung meringankan Anda.

8. Minta Nego Diskon

Menegosiasikan potongan harga untuk unit yang akan Anda beli adalah hal wajib. Tidak usah terburu-buru, mintalah diskon untuk meringankan pengeluaran Anda. Penting juga untuk Anda melakukan survei harga dari satu dealer ke dealer lain agar Anda mendapatkan potongan harga terbaik.

9. Lakukan Simulasi Kredit

Tips beli mobil keluarga dengan cicilan berikutnya adalah melakukan simulasi kredit. Hal tersebut bisa Anda lakukan setelah Anda menemukan tipe mobil yang cocok beserta informasi dari leasing dan dealer. Mengapa harus mensimulasikannya? Sekali lagi agar Anda yakin dengan kemampuan finansial Anda terhadap barang yang akan Anda beli.

Demikian 9 tips membeli mobil keluarga dengan cara kredit. Jangan tergesa-gesa dalam menentukan pilihan untuk keluarga tercinta.

 

Referensi

https://www.cermati.com/artikel/cicilan-mobil-anda-jadi-murah-dengan-5-cara-ini

https://showroommobil.co.id/tips-dan-trick/tips-membeli-mobil-baru-secara-kredit/

https://www.finansialku.com/membeli-mobil-baru-bagi-pemula/

 

9 Tips Beli Mobil Keluarga dengan Cicilan: Nyaman Berkendara, Cerdas Menabung! | Malik | 4.5
error: Content is protected !!