6 Peluang Usaha Lulusan Agribisnis Yang Potensial

Peluang Usaha Lulusan Agribisnis – Selain menjadi negara maritim, Indonesia juga termasuk Negara agraris yang memiliki hamparan tanah yang sangat subur. Kondisi ini membuat kekayaan alam Indonesia terus melimpah. Tetapi, fakta tersebut nampaknya berbanding terbalik dengan kondisi sosial masyarakat Indonesia yang tingkat kemiskinannya masih relatif tinggi. Padahal, sumber daya alam Indonesia seharusnya bisa diolah menjadi sumber kehidupan. Salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi situasi ini tentunya keterbatasan sumber daya manusia. Bahkan, peminat bidang pendidikan agribisnis, yang dalam hal ini memiliki peran penting untuk menghasilkan tokoh agraris masih terbilang sedikit. Kalah pamor dengan bidang pendidikan lain seperti manajemen, akuntansi, atau kedokteran. Alasannya karena prospek kerja jurusan jurusan tersebut dianggap lebih menjanjikan dibanding jurusan agribisnis yang dianggap kurang elit karena nantinya akan bergelut dengan bidang pertanian dan peternakan. Padahal, jika ditelisik lebih dalam, bidang tersebut memiliki peran penting untuk menjaga ekosistem. Lebih dari itu, sebenarnya banyak sekali peluang usaha lulusan agribisnis yang cukup potensial. Berikut akan kami ulas hal-hal mengenai jurusan agribisnis serta prospek kerjanya.

Tentang Jurusan Agribisnis

Agribisnis adalah bidang akademik yang bergerak di bidang bisnis dan manajemen pertanian. Secara spesifik, manajemen pertanian mencakup pengetahuan tentang aktivitas produksi, pengelolaan, penyediaan bahan baku sampai pendistribusian hasil pertanian. Selain itu, ruang lingkup pembelajarannya mencakup ilmu soshum dan juga saintek seperti pengolahan hasil pertanian, pengetahuan berbagai aspek budidaya, kewirausahaan, serta pemasaran produk. Secara tidak langsung, bidang akademik satu ini bergelut dengan dunia bisnis dan tata cara pengelolaan lingkungan secara efektif dan efisien.

 Jurusan Agribisnis

Jurusan Agribisnis

Agribisnis sebagai bidang akademik bertujuan untuk mengahasilkan sumber daya manusia yang berkompeten dalam menciptakan dan mengelola agribisnis tropika yang berkelanjutan. Tentunya, mereka juga diupayakan mampu untuk mengidentifikasi permasalahan agribisnis dan mengambil langkah solutif untuk menanggulanginya. Selain itu, mereka juga diharapkan mampu membaca peluang serta prospek agribisnis dengan metode kualitatif dan kuantitatif terkini.

Di Indonesia sendiri, ada kurang lebih 22 universitas negeri yang membuka jurusan agribisnis. Universitas tersebut tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, beberapa universitas juga membuka jurusan agribisnis untuk jenjang pascasarjana. Jumlah tersebut belum termasuk perguruan tinggi swasta yang ada di Indonesia. Tentunya ini memberi kesempatan untuk kalian yang memiliki minat di bidang agribisnis dan melakukan terobosan di bidang agraris agar sumber daya alam Indonesia dapat di manfaatkan dengan maksimal.

Peluang Usaha Lulusan Agribisnis

Hal yang umumnya dipertimbangkan oleh setiap orang sebelum memutuskan untuk mengambil suatu jurusan di perguruan tinggi adalah prospek kerja di masa depan.  Di jurusan agribisnis sendiri, banyak sekali pilihan karir yang bisa kalian pilih seperti tenaga pengajar, peneliti di LIPI atau instansi lain. Kalian juga bias berkarir di instansi pemerintah seperti Kementrian Pertanian, Kementrian, Perdagangan, atau Kementrian perindustrian. Selain itu, kalian juga bisa mencoba peruntungan di perusahaan swasta yang bergerak di bidang agribisnis atau bisa juga di Lembaga Swadaya Masyarakat. Tetapi, jika kalian tipe orang yang tidak terlalu senang terikat dengan suatu perusahaan, kalian bisa mencoba menjadi pengusaha. Tentunya yang sesuai dengan keahlianmu sebagai seorang sarjana agribisnis. Berikut akan kami informasikan peluang usaha lulusan agribisnis yang dapat kalian jadikan referensi:

  1. Pembudidaya Tanaman

Pembudidaya Tanaman

Membuka usaha pertanian secara mandiri adalah salah satu peluang usaha lulusan agribisnis yang cukup menjanjikan. Yang paling menonjol adalah pertanian di bidang sayuran organik mengingat jenis tanaman tersebut adalah kebutuhan pangan pokok yang tentunya permintaan pasarnya tak pernah surut. Selain sayuran, kalian juga bisa menjajal budidaya tanaman hias atau berkebun berbagai jenis buah-buahan. Untuk memulainya pun tidaklah sulit. Terlebih kalian yang sudah memiliki bekal ilmu di jurusan agribisnis. Kalian bisa langsung menerapkannya.

Jika kalian berminat di bidang usaha yang satu ini, kalian bisa memulainya dengan modal yang relatif kecil. Dalam hal ini, kalian dapat menerapkan teknik budidaya sayuran atau tanaman secara hidroponik yang tidak membutuhkan lahan terlalu luas. Kalian hanya perlu menyiapkan bibit sayuran dan pot atau polybag. Karena ini sayur organic, jadi kalian tidak perlu pestisida dalam perawatannya. Kalian perlu menggunakan pupuk organic yang harganya tentu lebih terjangkau.

  1. Penjual Bibit Tanaman

Penjual bibit tanaman

Peluang usaha lulusan agribisnis selanjutnya adalah membuka gerai yang menjual bibit tanaman sayuran, buah-buahan, ataupun tanaman hias. Seperti yang kita tahu, bibit tanaman sangat dibutuhkan bagi mereka yang memiliki usaha di bidang pertanian dan perkebunan. Bahkan, orang-orang yang gemar bercocok tanam juga pasti mencarinya. Tentu usaha ini mendatangkan profit cukup tinggi jika kalian bisa bermitra dengan kalangan orang yang membutuhkan bibit tanaman dalam skala besar secara berkala. Untuk itu, kalian perlu aktif dan tekun dalam memasarkannya.

  1. Penjual Pupuk Tanaman

Selain bibit tanaman, hal yang dibutuhkan para petani dan pemilik kebun adalah pupuk. Pupuk membantu mereka merawat tanaman agar tumbuh dengan baik. Sudah barang tentu ini menjadi peluang bisnis yang potensial. Meskipun secara satuan, keuntungan pupuk tidaklah besar tetapi jika permintaan pasar banyak makan keuntungannya pun semakin besar. Apalagi jika kalian cerdik dalam memasarkannya. Selain itu, jika kalian bisa menjadi distributor yang bekerja sama dengan pemerintah maka keuntungannya akan jauh lebih tinggi.

  1. Penjual Alat dan Mesin Pertanian

Satu lagi penunjang para petani dalam mengelola usaha pertaniannya, yaitu alat dan mesin pertanian. Jika kalian hanya memiliki modal sedikit, jangan khawatir, kalian bisa mencoba menjadi seorang reseller terlebih dahulu. Kalian juga bias memanfaatkan kemajuan teknologi untuk pemasarannya. Misalnya dengan membuka toko online di beberapa market place. Jadi, kalian tidak perlu menyewa tempat untuk menjajakannya.

  1. Pengepul Padi

Pengepul Padi

Peluang usaha lulusan agribisnis berikutnya adalah pengepulan padi. Bisnis ini juga cukup menjanjikan. Kalian bisa mencoba membeli gabah kering dari petani untuk kemudian dijual ke tempat penggilangan padi dalam jumlah besar atau ke kantor bulog. Harga jual padi kering tersebut akan jauh lebih tinggi disbanding dengan harga belinya.

  1. Eksportir Hasil Pertanian

Usaha yang satu ini memang membutuhkan banyak modal. Baik modal finansial maupun ide. Tetapi, ini sepadan dengan keuntungan yang akan didapatkan karena harga jual produk pertanian melambung tinggi di pasar internasional. Bisnis ini juga membantu para petani untuk lebih meningkatkan kualiatas dan kuantitas hasil pertanian mereka sehingga mereka bisa hidup lebih sejahtera.

Tips Sukses Memulai Usaha Pertanian

toko buah sayuran

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentu dibutuhkan strategi agar mendatangkan keuntungan lebih. Berikut beberapa tips yang dapat kalian coba dalam memulai usaha pertanian

  1. Usahakan untuk memilih tempat yang strategis untuk membuka gerai sehingga mudah untuk didatangi pelanggan. Jika modal kalian tidak mencukupi untuk membuka gerai, kalian bisa mencoba membangun toko online dengan jangkauan pemasaran yang lebih luas.
  2. Mendesain toko semenarik mungkin tidak ada salahnya agar pengunjung merasa lebih tertarik untuk mengunjungi toko kalian.
  3. Menyediakan produk pertanian dengan lengkap mendatangkan keuntungan yang lebih besar loh!
  4. Berikan pelayanan terbaik untuk konsumen kalian. Karena kalian mempunyai ilmu lebih mengenai dunia agraris, kalian bisa memberikan saran ketika ada konsumen yang kebingungan mengenai produk pertanian.
  5. Lakukan promosi semenarik mungkin. Kalian bisa memberikan diskon atau strategi marketing lainnya.

Itulah peluang usaha lulusan agribisnis yang bisa kalian pertimbangkan. Dengan membuka usaha sendiri, kalian berkesempatan untuk membuka lapangan pekerjaan kepada orang lain jadi kalian bias berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Jangan takut untuk gagal selama kalian terus berusaha dan mau melakukan inovasi.

6 Peluang Usaha Lulusan Agribisnis Yang Potensial | Malik | 4.5
error: Content is protected !!