Profil Pengusaha Erick Thohir Sekaligus Menteri BUMN Paling Inspiratif

Profil pengusaha Erick Thohir sekaligus Menteri BUMN – Presiden Joko Widodo atau yang biasa dipanggil dengan Jokowi resmi mengumumkan nama-nama menteri di Istana Kepresidenan. Salah satu dari nama menteri yang disebut tersebut ada Erick Thohir yang ditunjuk sebagai menteri BUMN. Nama Erick semakin populer saat dirinya dengan tegas memecat Ari Askhara yang saat itu menjabat sebagai kursi Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk. Pemecatan tersebut dikarenakan penyelundupan motor gede atau moge Harley Davidson dan sepeda lipat Brompton dalam penerbangan GA9721.

Selain mencopot Ari, Erick Thohir memecat empat direktur lainnya dan akan mengusut tuntas kasus tersebut sampai selesai. Terobosan dan sikap Erick Thohir tersebut pun menuai decak kagum dari masyarakat Indonesia. Banyak masyarakat berharap dengan posisi Erick tersebut mampu memperbaiki BUMN Indonesia yang terancam bangkrut karena banyaknya mafia di dalamnya. Berikut profil pengusaha Erick Thohir sekaligus menteri BUMN yang sangat inspiratif:

Biografi Erick Thohir

 Erick Thohir

Erick Thohir

Profil pengusaha Erick Thohir sekaligus Menteri BUMN yang menarik diketahui pertama adalah biografinya.  Erick Thohir lahir di Jakarta tanggal 30 Mei 1970 dimana saat ini usianya 49 tahun. Erick dilantik menjadi Menteri BUMN oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 23 Oktober 2019 silam. Selain menjadi menteri, Erick menjadi pengusaha sukses. Darah bisnisnya mengalir dari ayahnya bernama Mochamad Teddy Thohir yang mana merupakan pebisnis nasional.  Teddy Thohir merintis dan membesarkan grup Astra internasional bersama William Soeryadjaya. Teddy juga menggerakan roda bisnisnya di bidang Sumber Daya Alam, properti, otomotif, media, restoran, dan lainnya.

Erick lahir dari keluarga pebisnis. Dia memiliki kakak perempuan bermakna Hireka Vitaya yang dikenal dengan Rika Thohir dan kakak laki-laki bernama Gibaraldi Thohir namun lebih dikenal dengan Boy Thohir seorang pengusaha tambang batu bara yang pernah masuk ke dalam jajaran orang kaya di Indonesia peringkat ke-37 menurut majalah Forbes pada tahun 2014 lalu.  Dari segi pendidikan Erick Thohir mengenyam pendidikan yang bagus dan bergengsi. Tercatat Erick menyelesaikan pendidikan sarjana di Glendale University, AS. Setelah itu melanjutkan program master di Universitas California, Amerika Serikat dan berhasil lulus pada tahun 1993. Jurusan yang di ambil oleh Erick adalah Business Administration.

Kehidupan Pribadi

Profil pengusaha Erick Thohir sekaligus menteri BUMN yang jarang tersorot kamera adalah kehidupan pribadinya.  Informasi tentang istri dan anak Erick ini jarang terekspos media.  Erick menikah dengan Elizabeth Tjandra. Dari pernikahannya ini Erick dikaruniai empat orang anak bernama Mahatma Arfala Thohir, Mahendra Agakhan Thohir, Makayla Amadia Thohir, dan Magisha Afryea Thohir. Meski memiliki kesibukan yang padat, Erick Thohir adalah seorang family man. Dia sering menghabiskan waktunya bersama dengan keluarga dan anak-anaknya. Hal itu terlihat dari akun media sosial sang anak Mahendra Agakhan Thohir yang sering memamerkan kebersamaan dengan keluarganya. Istri Erick Thohir sendiri juga tidak memiliki akun sosial media sehingga banyak yang kesulitan untuk menemukan foto-fotonya.

Bersahabat dengan Sandiaga Uno

Sosok Erick yang menjabat sebagai Menteri BUMN yang jarang diketahui adalah bersahabat dengan Sandiaga Uno. Sandiaga Uno dan Erick bersahabat sejak masih muda. Keduanya sudah bersahabat sejak bangku SD sampai dengan SMA dimana mereka selalu di dalam satu sekolah yang sama. Menurut Sandi, Erick ini memiliki mimpi industri yang berkembang di dalam negeri maupun internasional di bidang olahraga. Untuk mewujudkan mimpinya, Erick berinvestasi di dalam cabang olahraga basket, sepak bola, dan juga menjadi pengusaha sukses di Indonesia dalam bidang olahraga.

Bisnis

Hal terakhir yang menarik dibahas dari profil pengusaha Erick Thohir sekaligus menteri BUMN adalah kerajaan bisnisnya. Sejak bersahabat dengan Sandiaga Uno Erick Thohir berniat membangun usaha bersama-sama meski di Universitas yang berbeda. Daftar bisnis Erick Thohir yang pertama adalah Mahaka Grup. Bisnis ini di dirikan sejak kepulangannya dari pendidikan luar negeri. Bisnis Erick tersebut menggeluti bidang media, dimana ia mendapatkan bimbingan dari sang ayah dan juga wartawan senior Dahlan Iskan, dan Jakob Oetama. Mahaka Grup ini menguasai majalah a+, Parents Indonesia, Golf Digest.  Perusahaan Erick juga memiliki surat kabar Republika dan Sin Chew Indonesia.

Sesuai dengan harapannya, Erick ingin industri yang berkembang adalah di bidang olahraga. Erick sendiri gemar berolahraga khususnya bola basket. Dari kegemarannya itu Erick menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia PERBASI pada periode 2006 sampai dengan 2010. Erick juga menjabat sebagai Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara SEABA selama dua periode yaitu 2006 sampai dengan 2014.

Erick juga menjadi orang pertama memiliki club National Basketball Association atau NBA. Melalui negosiasi yang panjang akhirnya Erick berhasil membeli saham Philadelphia 76ers. Selain NBA Erick juga memiliki Satria Muda Britama dan juga Indonesia Warriors. Yang mengejutkan adalah Erick dan Rosan Roeslani dan Handy Soetedjo mampu mengakuisisi saham Inter Milan sebesar 70% dimana In ter Milan bukanlah tim speak bola yang biasa-biasa saja.  Namun September 2018 ia melepas saham sebesar 31% ke Suning Holdings Group dan digunakan membeli saham Oxford United.

Demikianlah profil pengusaha Erick Thohir sekaligus menteri BUMN yang sangat menginspirasi, semoga informasi ini bermanfaat.

Profil Pengusaha Erick Thohir Sekaligus Menteri BUMN Paling Inspiratif | Malik | 4.5
error: Content is protected !!