Teknik Memahami Bisnis Kuliner Online untuk Pemula agar Sukses

Bisnis kuliner online menjadi salah satu jenis bisnis yang saat ini mulai trend mengingat makanan atau kuliner merupakan kebutuhan harian setiap orang. Di samping itu, perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat mengambil peran tersendiri bagi setiap kegiatan bisnis online, termasuk kuliner online.

Pertanyaannya, bagaimana cara memulai bisnis kuliner online dari awal hingga sukses? Semua hal tersebut akan diulas pada kesempatan kali ini. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika menjalankan bisnis online kuliner:

Konsep Dasar Bisnis Kuliner

 Bisnis Kuliner

Bisnis Kuliner

Hal paling penting yang harus Anda ketahui sebelum menjalankan bisnis kuliner adalah mengenai konsep yang diusung oleh bisnis tersebut. Setidaknya terdapat 5 konsep bisnis online kuliner, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Selera

Faktor utama yang menjadi penentuk kesuksesan usaha kuliner baik offline ataupun online adalah bagaimana citarasa makanan yang disajikan. Dalam hal ini, Anda harus memiliki target pasar yang dituju untuk menentukan citarasa seperti apa yang sesuai dalam bisnis online kuliner Anda.

  • Makanan sebagai Gaya Hidup

Di zaman seperti sekarang, seseorang tak lagi mencari makanan karena lapar, namun sebagai salah satu bagian dari gaya hidup. Jadi terkadang seseorang hanya penasaran dengan aneka makanan yang dianggap menarik untuk dikonsumsi. Dengan adanya peluang ini, maka Anda dapat menggabungkan makanan dengan gaya hidup target pasar.

  • Mempertimbangkan Daya Beli Konsumen

Konsep dasar bisnis kuliner online yang selanjutnya adalah menentukan daya beli konsumen. Anda tentu harus mempertimbangkan apakah dengan produk kuliner tertentu, sesuai dengan daya beli konsumen.

  • Rencana Produksi

Konsep dari renanca produksi menjadi hal selanjutnya yang harus Anda pikirkan. Perhatikan dengan teliti mulai dari bahan baku, proses produksi, harga, peralatan, kualitas, hingga keunggulan dari produk kuliner yang Anda usung. Jadi jangan pernah sekalipun mencoba menjual sebuah produk kuliner tanpa mempertimbangkan hal-hal tersebut.

  • Rencana Pemasaran

Konsep dasar bisnis online kuliner yang terakhir adalah rencana pemasaran. Pada langkah ini, lakukan analisis pemasaran yang tepat melihat dari lokasi serta kompetitor bisnis serupa. Hal ini dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis kuliner hingga sukses.

Propek Bisnis Usaha Kuliner Online

Mengenai prospek usaha, seperti yang dijelaskan di atas bahwa bisnis kuliner memiliki prospek yang cukup baik mengingat kuliner menjadi kebutuhan banyak orang. Di samping itu, dengan langkah promosi yang tepat, maka pelaku bisnis online kuliner dapat memperoleh keuntungan yang sangat besar.

Sebagai jenis bisnis yang dijalankan secara online, maka usaha kuliner online terbilang cukup mudah dilakukan. Pelaku bisnis online kuliner hanya perlu membuat produk kuliner yang menarik perhatian konsumen lalu mempromosikan produk tersebut secara luas melalui jaringan internet dengan memanfaatkan beragam media online. Dengan demikian, langkah promosi tidak akan terlalu memakan waktu dan dapat menekan biaya.

Modal yang Dibutuhkan

Hal lain yang perlu Anda ketahui tentang bisnis kuliner online adalah besaran modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini. Meski dapat dipastikan bahwa modal usaha kuliner online lebih rendah dari bisnis kuliner offine, namun mengetahui besaran modal akan memberikan kemudahan tersendiri bagi Anda dalam menjalankan bisnis online kuliner.

Mengenai modal usaha kuliner online yang akan diulas pada kesempatan kali ini dibagi menjadi beberapa jenis pengeluaran yakni modal tetap dan biaya operasional. Di samping itu, juga akan dilakukan analisis terkait berapa pendapatan yang mungkin diterima oleh bisnis online kuliner.

Modal Tetap

Rincian modal tetap bisnis online kuliner sebenarnya tergantung dari produk kuliner yang Anda produksi. Oleh karena itu, ulasan mengenai modal tetap kali ini akan dijelaskan secara garis besar agar Anda dapat menjadikannya sebagai pertimbangan. Adapun modal tetap bisnis online kuliner adalah:

  • Pembelian Peralatan Memasak    : Rp 750.000
  • Kompor                                              : Rp 300.000
  • Gas Elpiji                                           : Rp 70.000
  • Pembuatan Website Promosi        : Rp 500.000

Jadi total modal tetap yang harus dikeluarkan adalah sebesar Rp 1.620.000

Biaya Operasional

Biaya operasional usaha online kuliner mencakup pembelanjaan bahan masakan, biaya pegawai (jika dibutuhkan), pulsa, kuota internet, dan pembelian gas. Semua biaya operasional tersebut akan dihitung selama 1 bulan untuk lebih memudahkan analisis terkait besaran pendapatan yang dapat diperoleh dari bisnis ini. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Bahan Masakan                              : Rp 2.500.000
  • Gas Elpiji 3 x Rp 19.000                 : Rp 57.000
  • Pulsa 1 Bulan                                  : Rp 30.000
  • Kuota Internet                                   : Rp 75.000
  • Biaya bensin                                                : Rp 300.000

Jadi total biaya operasional bulanan yang dibutuhkan adalah Rp 2.962.000

Pendapatan

Setelah mengetahui rincian modal serta biaya operasional, maka Anda juga harus memahami besaran pendapatan yang mungkin diperoleh dari bisnis online kuliner. Namun sebelum itu, Anda harus memahami persepsi berikut ini:

  • Makanan yang dihasilkan dengan bahan di atas adalah sebanyak 500 buah.
  • Biaya produksi untuk menghasilkan 500 buah makanan tersebut adalah Rp 5.000 tiap buah.
  • Anda menjual produk tersebut dengan harga Rp 12.000, jadi keuntungan bersih yang Anda peroleh adalah Rp 7.000 untuk setiap buah makanan.

Jadi pendapatan yang dapat Anda peroleh adalah Rp 7.000 x 500 = Rp 3.500.000

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa harga jual makanan tersebut dapat begitu mahal? Hal ini tergantung dari bagaimana Anda mempromosikan produk tersebut serta memberikan tambahan nilai jual seperti memberikan bentuk unik dan menarik dari makanan tersebut. Jadi bukan hal yang aneh apabila keuntungan yang Anda peroleh begitu besar.

Keunggulan Bisnis Online Kuliner

Setelah mengetahui tentang seluk beluk bisnis kuliner online, kini Anda harus memahami tentang keunggulan bisnis yang satu ini. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Bisnis online kuliner tidak mengharuskan Anda menyewa tempat untuk berjualan. Hal ini akan menekan modal Anda dalam menjalankan bisnis kuliner
  2. Pangsa pasar yang sangat luas mengingat sistem promosi menggunakan internet. Jadi Anda dapat mempromosikan produk tersebut secara luas pada semua pengguna internet.
  3. Media promosi yang begitu banyak. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan berbagai media seperti blog atau website pribadi hingga memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan lain sebagainya.
  4. Makanan tidak akan cepat basi karena Anda hanya akan memproduksi makanan ketika ada pembeli yang mengirimkan pesanan.

Itulah beberapa keunggulan dari bisnis online kuliner.

Kekurangan Bisnis Online Kuliner

Selain kelebihan, terdapat kekurangan dari bisnis online kuliner. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Bagi Anda yang tidak mengerti bagaimana cara promosi online, tentu saja membutuhkan pegawai untuk membantu dalam menawarkan produk makanan tersebut pada pasar.
  2. Sukses atau tidaknya bisnis online kuliner sangat bergantung terhadap kesuksesan promosi melalui media internet.
  3. Menghabiskan waktu terlebih ada pembeli yang jarak rumahnya jauh dari rumah Anda.

Itulah beberapa kelemahan dari bisnis online kuliner yang juga harus Anda pertimbangkan.

Setelah mengetahui secara rinci mengenai bisnis online kuliner, maka keputusan ada di tangan Anda. Apakah tertarik menjalankan bisnis ini atau tidak. Semoga ulasan mengenai bisnis kuliner online di atas bermanfaat bagi Anda.

Teknik Memahami Bisnis Kuliner Online untuk Pemula agar Sukses | Malik | 4.5
error: Content is protected !!