Step by Step Cara Membuat Web Gratis untuk Usaha

Cara membuat web gratis untuk usaha – Dalam berbisnis, terdapat berbagai strategi marketing yang dapat dilakukan guna menarik minat para konsumen. Strategi marketing yang kerap dilakukan di era digital seperti saat ini adalah dengan beriklan di sosial media seperti Facebook, Twitter, maupun Instagram. Namun tak sedikit dari para pelaku bisnis yang merasa tidak puas hanya dengan beriklan di akun sosial media saja, oleh sebab itu mereka merasa pentingnya untuk memiliki website tersendiri demi kredibilitas sebuah usaha.

Menurut riset yang dilakukan oleh Google, hingga kini masih terdapat 60% bisnis skala kecil yang belum memiliki website resmi tersendiri khusus untuk bisnis mereka. Berdasarkan dari riset itulah Google menyimpulkan bahwa website ternyata masih menjadi suatu masalah tersendiri bagi para pelaku bisnis diantaranya mahalnya hosting dan domain, menyewa jasa desain web yang mahal belum lagi perpanjangan hostingnya.

Namun Anda tak perlu khawatir, tak sedikit platform website  maker yang menawarkan pembuatan website secara gratis. Bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai pembuatan website tanpa dipungut biaya, simak cara membuat web gratis untuk usaha berikut ini.

1. Menentukan Platform Pembuat Website

Weebly

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan untuk membuat website tentu saja menentukan platform pembuat website. Terdapat berbagai pilihan platform untuk pembuatan website usaha Anda, mulai dari Blogspot, Joomla, OSCommerce, MagentoCommerce, PrestaShop, Google Bisnisku, Wix, DoodleKit, Weebly, hingga WordPress. Dari sekian banyak platform pembuat website, WordPress merupakan platform yang paling disarankan karena terbukti paling banyak digunakan. Bukan tanpa alasan, WordPress dinilai sangat fleksibel untuk pembuatan website karena WordPress juga merupakan sebuah open source. Dengan WordPress, Anda akan lebih mudah mendapatkan update serta meng-install banyak plugin atau tema.

2. Menentukan Jenis Website

Setelah menentukan WordPress sebagai platform pembuat website, langkah selanjutnya Anda perlu untuk menentukan jenis website. Karena pada proses pembuatan website tentu Anda akan mendesain website Anda, bukan? Nantinya Anda akan menemui banyak pilihan mulai dari sisi teknis seperti disk space, paket hosting, bandwith, dan lain sebagainya. Dan juga dari sisi desain serta functionally mulai dari plugin, tema, kolom, slider, widget, langganan newsletter, dan lain sebagainya. Untuk memudahkan Anda, pelajari istilah-istilah tersebut terlebih dahulu.

Karena Anda akan membuat website untuk usaha, maka jenis website Toko Online dapat Anda jadikan pilihan. Tak hanya produk barang, Anda juga dapat menawarkan jasa hingga produk digital. Toko Online telah dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat memudahkan Anda dalam bertransaksi online serta mengamankan pembayaran.

3. Mengatur Hosting dan Domain

Apa itu hosting dan domain? Jika diibaratkan sebuah bangunan, tanah tempat dimana bangunan berdiri adalah hosting. Lalu bangunannya adalah website, sedangkan alamat bangunan tersebut adalah domain. Karena tak jarang orang-orang kerap terbalik dalam mengartikan hosting dan domain.

Memang pembuatan website WordPress sendiri gratis, namun untuk jangka panjang akan menjadi tidak menguntungkan, mengapa? Karena nantinya terdapat iklan-iklan yang tidak bisa dihilangkan, kustomisasi tema serta pilihannya terbatas, tidak termasuk SEO tools, tidak ada plugin, tidak ada custom domain, dan lain sebagainya. Alternatifnya, Anda dapat menggunakan WordPress.org karena bersifat open source. Terdapat banyak pilihan tema, bisa dimodifikasi, bebas digunakan, forum dan support sangat mendukung, tak memerlukan coding untuk dapat memiliki website bagus, dan yang terpenting gratis. Namun jika Anda ingin website terlihat lebih profesional, Anda dapat berlangganan hosting atau server tempat penyimpanan data dan juga domain agar memudahkan para user atau konsumen untuk mengakses website Anda.

4. Membuat WordPress

Cara membuat web gratis untuk usaha selanjutnya adalah dengan membuka platform WordPress. Pertama-tama buka platform di alamat  www.WordPress.com. Jika sudah, Anda diminta untuk memasukkan alamat situs yang nantinya digunakan oleh user untuk mengunjungi website Anda. Setelah Anda selesai mengisi, klik “Buat Situs Web”.

Selanjutnya, Anda diminta untuk mengisi data-data seperti alamat surel atau email, nama pengguna, kata sandi, serta alamat blog. Pastikan alamat surel atau email yang Anda cantumkan adalah alamat email yang aktif, karena WordPress akan mengirimkan konfirmasi melalui email tersebut. Jika alamat blog yang Anda cantumkan tersedia maka akan muncul tanda centang berwarna hijau, jika alamat blog sudah terpakai maka akan muncul tanda centang berwarna merah. Setelah itu scroll ke bawah dan pilih WordPress.com Pemula gratis tanpa biaya, lalu klik “Buat Blog”.

Jika sudah, Anda hanya perlu mengatur judul blog dan juga tema blog. PIlih tema yang sesuai dengan bisnis Anda. Setelah itu buka kotak masuk email yang telah Anda cantumkan tadi, lalu buka pesan dari WordPress dan klik “Konfirmasi Alamat Email” , secara otomatis website Anda sudah aktif dan dapat digunakan.

Itulah cara membuat web gratis untuk usaha, cukup mudah bukan? Ternyata dengan memiliki website usaha Anda sendiri dapat meningkatkan kredibilitas usaha dan juga dapat menjangkau target pasar yang lebih luas. Selamat mencoba!

Step by Step Cara Membuat Web Gratis untuk Usaha | Malik | 4.5
error: Content is protected !!