5 Skill yang Harus Dikuasai Programmer

Jika berbicara mengenai skill yang harus dikuasai programmer, jelas ada banyak sekali daftarnya. Mungkin sebagian dari anda masih berpikir jika skill dan penguasaan terhadap matematika. logika, serta algoritma adalah kunci untuk menjadi seorang programmer. Anda tidak salah jika berkata seperti itu. Namun menguasai ketiganya juga bukan merupakan jaminan anda bisa dengan mudah menjadi programmer. Ada banyak skill lain yang justru lebih dibutuhkan dalam dunia IT dan pemrograman. Dengan menguasai skill berikut, anda tidak akan kaget jika berhadapan dengan berbagai macam tools karena sudah memiliki dasar pemrograman yang kuat. Nah, kira-kira apa saja skill yang harus dikuasai programmer? Berikut adalah daftarnya.

Bahasa Inggris

Skill pertama adalah skill yang paling inti. Benar sekali, untuk memulai langkah menjadi programmer, anda harus bisa menggunakan bahasa Inggris dengan baik dan benar. Atau jika sekedar untuk keperluan programming, mungkin bahasa Inggris pasif sudah banyak membantu anda. Mengapa skill bahasa Inggris menjadi sangat vital? Karena nantinya hampir semua tools, bahasa pemrograman, hingga dokumentasinya menggunakan bahas Inggris. Selain itu, anda juga bakal mendapatkan banyak manfaat jika memiliki skill bahas Inggris seperti memahami pesan eror, bertanya dan diskusi di forum global, belajar dari website luar negeri, mencari referensi, dan lain-lain.

Membaca Dokumentasi

documentation

documentation

Skill yang selanjutnya adalah kemampuan membaca dokumentasi. Bagi anda yang masih awam dengan dokumentasi, berikut adalah pengertiannya. Dokumentasi adalah kumpulan dokumen atau catatan yang menjelaskan cara penggunaan satu tools atau teknologi tertentu. Kebanyakan programmer melewatkan hal ini dikarenakan membaca dokumentasi memang sangat membosankan. Apalagi hampir semuanya ditulis menggunakan bahasa Inggris. Padahal manfaat yang bisa di dapatkan dari dokumentasi sangatlah banyak. Pihak pengembang sudah memberikan catatan lengkap seputar cara penggunaan produk untuk mengurangi kesalahan pengguna saat mengoperasikannya. Apalagi jika dokumentasi sudah lengkap berisi Getting Strarted, Tutorial, API Reference, hingga Changelog. Membaca dokumentasi juga membantu anda menyelesaikan masalah anda sendiri yang mungkin sudah banyak ditemukan sebelum menanyakan ke forum.

Membaca Source Code

Source code

Source code

Lanjut ke skill selanjutnya adalah membaca source code. Pada tahap ini, anda sudah mulai di tuntut untuk berpikir layaknya programmer sungguhan dengan logika yang teratur dan rapi. Anda mungkin tidak akan menemui kesulitan jika harus membaca source code yang anda tulis sendiri. Source code yang anda tulis jelas memiliki logika anda, jadi tidak perlu berpikir dua kali untuk membacanya. Namun bagaimana jika anda membaca source code milik orang lain, atau anggota tim IT anda? Bisa-bisa anda hanya melihat susunan kode saja tanpa tahu maksud dan tujuan setiap kode yang ditulis. Nah, ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda dalam membaca dan memhami source code yaitu:

  1. Membaca Source Code dari bawah ke atas.
  2. Membaca bagian yang paling anda pahami terlebih dahulu.
  3. Membaca keterangan di komentar.
  4. Jelajah dari forum ke forum seperti Github dan Stackoverflow untuk memperkaya pengetahuan.

Debugging

Debugging

Debugging

Skill yang harus dikuasai programmer selanjutnya adalah debugging. Mungkin sebagian besar dari anda sudah akrab dengan istilah bug, yaitu maslah atau eror yang ditemukan dalam satu kode sumber atau source code. Nah, debugging adalah aktivitas untuk memecahkan masalah atau eror yang ditemukan tersebut. Skill debugging adalah skill yang membutuhkan waktu lama supaya bisa benar-benar menguasainya.

Bahkan menurut para ahli, proses dan aktivitas debugging bisa jadi jauh lebih lama daripada proses menulis source code itu sendiri! Hal tersebut terkadang disebabkan oleh susahnya mendeteksi pesan eror yang ditampilkan dalam sebuah source code. Dari sini, akhirnya banyak para programmer yang malas mengerjakan debugging  pada source code miliknya sendiri dan cenderung melemparnya ke forum untuk mencari relawan debugging. Bagi anda yang ingin mengasah skill ini, mungkin beberapa tips berikut bisa membantu anda:

  1. Pahami terlebih dahulu pesan eror yang disampaikan.
  2. Lacak eror yang ditampilkan dalam pesan hingga ke sumber source code.
  3. Analisis penyebab eror tersebut.
  4. Atasi kesalahan.

Bertanya dan Googling

Skill yang terakhir adalah skill bertanya dan googling. Mengapa kedua skill tersebut penting? Jelas untuk membantu anda mengatasi masalah jika anda sedang stuck saat melakukan debugging pada source code anda. Langkah pertama jika anda mengalami masalah adalah dengan mencari jawabannya di google terlebih dahulu. Gunakan kata kunci yang tepat supaya google bisa menampilkan informasi yang relevan dengan masalah anda. Komposisi yang tepat adalah dengan menyebutkan teknologi di kata pencarian diikuti dengan masalah yang dihadapi. Sebagai contoh: Java null pointer exception.

Googling

Googling

Baru jika anda tidak menemukan jawabannya, anda bisa melemparkan masalah anda di forum yang anda ikuti. Gunakan format bertanya yang jelas dengan menyertakan pesan eror, langkah yang sudah diambil, screenshot, hingga changelog jika perlu. Hal tersebut supaya para pengguna lain di forum bisa ikut membantu anda dengan masalah detail tersebut.

Itulah skill yang harus dikuasai programmer yang bisa anda ketahui. Semoga bermanfaat.

5 Skill yang Harus Dikuasai Programmer | Malik | 4.5
error: Content is protected !!