9 Cara Membuat SEO YouTube Terbaru Bagi Pemula

Cara membuat SEO YouTube – Sama seperti di Google dimana YouTube ini juga memiliki persaingan yang ketat. Anda harus muncul di halaman atas pencarian YouTube untuk bisa memenangkan persaingan tersebut dan mendapatkan hasil seperti yang Anda harapkan. Untuk bisa membuat Anda mendapatkan hasil seperti yang diharapkan Anda harus mengaplikasikan SEO YouTube.

Jika Anda sebagai pemula Anda tidak perlu minder menyaksikan unggahan mereka. Terutama jika Anda merupakan bagian dari konten kreator dimana Anda bisa memanfaatkan algoritma yang ada di YouTube untuk menjaring penonton yang lebih banyak. Ada beberapa cara membuat SEO YouTube yang bisa Anda lakukan seperti berikut ini:

Viewers dan Waktu Menonton

Sebelum Anda mengetahui cara membuat SEO YouTube ini ada baiknya jika Anda mengetahui jumlah view dan waktu menontonnya. YouTube bisa sewaktu-waktu mengubah peraturan tentang jumlah view dan waktu menonton ini.

Untuk rata-rata waktu menonton video jauh lebih diperhitungkan oleh YouTube dibandingkan dengan total subscriber. Semakin banyak jumlah view Videonya maka peringkat Anda di YouTube akan semakin naik.

Rata-rata waktu menonton ini didasarkan pada grafik analytics dan untuk melihat performa channel tersebut sejak pertama kali dibuat. Waktu menonton rata-rata bisa di analisis di YouTube studio.

Perhatikan Judul

Sama seperti SEO untuk konten artikel dimana SEO YouTube ini juga harus memperhatikan judulnya. Jangan membuat judul yang tidak menarik karena tidak akan di klik oleh pengunjung. Ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan agar judul mendatangkan traffic yang bagus untuk konten YouTube Anda. Salah satunya adalah riset keyword.

Sebelum menonton video banyak yang mengetikkan kata kunci. Kata kunci itulah yang bisa membantu konten Anda muncul saat kata kunci tersebut diketikkan. Anda bisa mencari kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna YouTube. Jika merasa kesulitan dalam meriset keyword tidak perlu khawatir karena bisa menggunakan tools untuk melakukan riset kata kunci tersebut.

Durasi atau Panjang Video

Anda tidak bisa mengupload video mentah ke channel Anda. Yang dimaksud dengan mentah ini adalah video polos tanpa tindakan apa-apa. Sebelum Anda menguploadnya ke channel Anda ada baiknya jika Anda melakukan editing terlebih dahulu. Anda bisa membuang bagian video yang Anda rasa kurang pas.

Idealnya durasi video di YouTube 10 sampai dengan 16 menit, lebih panjang dari itu akan membuat penonton menjadi bosan. Kekurangan lainnya adalah Anda akan lebih lama saat menguploadnya.

Jika memang video Anda memiliki durasi yang panjang Anda harus membaginya ke beberapa bagian misalnya saja adalah video Anda durasinya satu jam maka Anda bisa membaginya menjadi empat bagian dengan durasi masing-masing 15 menit.

Boosting Video Baru

Panduan SEO YouTube yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah melakukan boosting video baru.  Teruslah kreatif dan juga inovatif agar Anda bisa menghasilkan karya-karya di YouTube yang banyak diminati oleh pengunjung. Buat jadwal yang tepat kapan Anda akan memulai video baru tersebut agar subscriber Anda tahu dan bisa menonton video yang telah Anda unggah.

Deskripsi Video

Cara membuat SEO YouTube yang penting diperhatikan khusus pemula adalah membuat deskripsi video. Tidak hanya judul saja, namun Anda juga harus memperhatikan deskripsi videonya. Agar SEO tentu Anda harus membuat deskripsi ini sesuai dengan keyword yang mana mampu menaikkan pencarian Anda di YouTube. Untuk deskripsi yang ideal antara 200 sampai dengan 350 karakter. Anda bisa menggunakan kalimat yang sederhana, informatif dan juga mudah dipahami oleh penonton Anda.

Mencantumkan Keyword Tags

Riset keywords juga bisa diaplikasikan ke dalam bentuk tags. YouTube akan bisa membaca keywords tags yang Anda cantumkan untuk memudahkan pencarian. Penggunaan tag ini berpengaruh pada ranking dan juga tingkatan topik apakah sedang ramai dibicarakan atau tidak.

Embed dan Link

Yang harus Anda ingat adalah tag dan embed ini berbeda dengan link namun keduanya saling berhubungan. Tag embed ini merupakan kode script berupa HTML untuk bisa menampilkan konten di dalam website, blog ataupun sosial media. Link adalah sumber maupun rujukan ke sebuah situs tertentu.

Jika memiliki blog atau website maka penting bagi Anda untuk melakukan embed video YouTube Anda. Alasannya karena secara tidak langsung hal ini akan membuat bagus SEO Anda. Penyisipan link di unggahan YouTube ini disisipkan pada bagian deskripsi video. Anda juga bisa menautkan akun sosial media Anda di deskripsi YouTube tersebut.

Baca juga : Pengertian Link Building dan Bagaimana Cara Menerapkannya

Memelihara Channel

Membuat channel jauh lebih mudah dibandingkan dengan memelihara channel. Pastikan diri Anda untuk selalu konsisten dalam membuat video yang kreatif dan menarik. Jika jumlah subscriber dan views tidak sesuai dengan harapan jangan putus asa, teruslah berkarya karena mereka yang telah sukses di YouTube pun pernah ada di titik seperti Anda.

Demikianlah beberapa cara membuat SEO YouTube yang bisa Anda lakukan semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

9 Cara Membuat SEO YouTube Terbaru Bagi Pemula | Malik | 4.5
error: Content is protected !!