Profil Edhy Prabowo Menteri Kelautan dan Perikanan yang Inspiratif

Profil Edhy Prabowo menteri kelautan dan perikanan – Edhy Prabowo dipercaya oleh presiden Joko Widodo menjadi menteri Kelautan dan Perikanan. Edhy menggeser posisi Susi Pudjiastuti yang sebelumnya menempati posisi Menteri KKP. Susi sendiri sudah tidak terpilih kembali menjadi menteri Kelautan dan Perikanan. Edhy adalah perwakilan dari Partai Gerindra yang mana berhasil masuk ke dalam jajaran kabinet Indonesia Maju. Sejak isu pemilihan menteri ini Edhy dikaitkan dengan Menteri Pertanian atau Mentan. Bahkan saat Edhy tersebut dipanggil ke istana banyak pihak yakin jika Edhy ini akan menjadi menteri di bidang ekonomi yakni Mentan.

Penunjukan Jadi Menteri

Edhy Prabowo

Edhy Prabowo

Sebelum Anda mengetahui profil Edhy Prabowo Menteri Kelautan dan Perikanan lebih lanjut ada baiknya jika Anda mengetahui bagaimana Edhy ini ditunjuk sebagai menteri. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini pun mengaku jika dirinya tidak sengaja ditunjuk untuk menggantikan Susi Pudjiastuti.  Saat presiden Joko Widodo memanggil para calon menteri di Istana selama dua hari bulan Oktober 2019 lalu, Edhy memang datang namun hanya mendampingi Prabowo Subianto yang mana menjabat sebagai Ketua Umum Partai Gerindra. Sesampai di istana, Prabowo mengisi dokumen yang isinya adalah beberapa materi. Saat masuk ke dalam istana ternyata Edhy juga harus mengisi dokumen, setelah Prabowo masuk ke dalam Edhy kemudian menyusulnya.

Edhy kemudian dipanggil oleh presiden Jokowi dimana dirinya saat itu merasa sangat terhomat sekali. Edhy mengira bahwa dirinya akan dipercaya sebagai Menteri Pertanian karena desas-desus yang beredar dan hal tersebut sangat kuat menjelang penetapan kabinet baru. Di luar dugaan dan pandangannya, presiden justru menetapkannya sebagai menteri KKP.

Edhy pun bercanda jika dirinya ditunjuk sebagai menteri karena presiden tidak memiliki pilihan lain dan calon lain, namun Edhy tetap merasa bangga ketika dirinya ditunjuk. Yang menarik adalah saat Serah terima jabatan, Edhy mendapatkan karangan bunga langsung dari Susi Pudjiastuti. Tidak hanya itu saja Edhy menyatakan siap mundur dari jabatan Menteri KKP jika dirinya tidak bisa mengembang tugas di Kementerian khususnya dalam menyelesaikan masalah para nelayan mengingat kinerja Menteri KKP sebelumnya sangat fenomenal dengan terobosan-terobosan barunya.

Biografi

Profil Edhy Prabowo Menteri Kelautan dan Perikanan adalah biografinya. Latar belakang dari tokoh atau sosok penting di Indonesia ini sangat menarik diketahui mengingat latar belakang mereka yang tidak biasa-biasa saja. Edhy Prabowo lahir di Tanjung Enim, Sumatera Selatan, tanggal 26 Desember 1972. Latar belakang pendidikan Edhy adalah lulus dari fakultas Manajemen Universitas Moestopo, pada tahun 1997. Setelah itu melanjutkan pendidikannya di Swiss German University pada tahun 2004. Edhy juga sempat masuk ke AKABRI Magelang, Jawa Tengah pada tahun 1991, mantan atlet silat nasional tersebut pernah memenangkan berbagai macam kejuaraan PON dan juga internasional. Karier militernya pun tidak mampu bertahan lama karena dirinya kena sanksi. Setelah keluar dari kemiliteran, Edhy kemudian berkenalan dengan Prabowo Subianto yang saat itu menjabat sebagai letnan kolonel. Sejak saat itu Edhy menjadi orang terdekat dengan kepercayaan Prabowo.

Karier Politik

Sebenarnya Edhy Prabowo Menteri Kelautan dan Perikanan ini tidak memiliki latar belakang politik, namun setelah berkenalan dan dekat dengan Prabowo Subianto dirinya mulai mengenal politik dan ikut bergabung bersama dengan Gerindra. Karier politik Edhy dimulai pada tahun 2005. Saat itu Edhy aktif dalam organisasi Himpunan Kerukunan Tani Indonesia atau HKTI dan menjabat sebagai Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan HKTI. Selain HKTI ini Edhy juga aktif dalam Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia atau PPSMI, Edhy juga aktif dalam Yayasan Pendidikan Kebangsaan dan Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia.

Edhy menjadi salah satu orang kepercayaan Prabowo dimana dia kemudian ditunjuk menjadi Wakil Ketua Umum Bidang Keuangan dan Pembangunan Nasional DPP Partai Gerindra tahun 2012 sampai saat ini. Pada tahun 2009 sampai 2014 Edhy terpilih menjadi anggota DPR, dia bertugas di komisi VI DPR-RI yang membidangi perdagangan, perindustrian, koperasi, dan juga BUMN. Tidak sampai di situ saja Edhy kembali terpilih menjadi DPR-RI pada periode 2014 sampai 2019 dari Partai Gerindra untuk daerah Pilihan Sumatera Selatan I setelah dirinya berhasil mengantongi sebanyak 75,186 suara. Di tahun 2014 tersebut Edhy menjabat Ketua Komisi DPR-RI membidangi pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, dan juga pangan.

Bisnis Edhy Prabowo

Profil Edhy Prabowo Menteri Kelautan dan Perikanan yang menarik disimak terakhir adalah bisnis yang digelutinya. Belum banyak orang yang tahu bahwa Edhy ini juga menjadi seorang pebisnis yang andal. Edhy mendirikan perusahaan jasa keamanan yang diberi nama PT Garuda Security Nusantara dan menjabat sebagai Presiden Direktur. Tidak hanya itu saja Edhy juga menjabat sebagai Komisaris PT Kiani Lestari yang mana saat ini berubah nama menjadi PT Kertas Nusantara, perusahaan kertas milik Prabowo dan juga milik adik kandung Prabowo. Edhy juga menjadi ketua Koperasi Swadesi Indonesia.

Demikianlah profil Edhy Prabowo Menteri Kelautan dan Perikanan yang sangat menarik disimak, semoga informasi ini bermanfaat.

Profil Edhy Prabowo Menteri Kelautan dan Perikanan yang Inspiratif | Malik | 4.5
error: Content is protected !!