Potensi Bisnis Kerupuk Udang Bagi Pemula, Tertarik Mencoba?

Siapa tak mengenal kerupuk udang. Kerupuk yang satu ini merupakan salah satu jenis kerupuk yang sangat digemari banyak orang. Bukan tanpa alasan, kerupuk udang memiliki citarasa gurih serta tekstur yang renyah. Namun ternyata kerupuk udang bisa menghasilkan ladang bisnis menguntungkan lho! Simak potensi bisnis kerupuk udang bagi pemula berikut ini!

Perkiraan Modal yang Dibutuhkan

Ternyata membuka bisnis kerupuk udang tak perlu merogoh kocek cukup dalam. Untuk peralatannya, anda tentu membutuhkan peralatan seperti kompor dan gas, mesin pemotong kerupuk, panci pengukus, oven, mesin hand sealer, serta peralatan tambahan lainnya. Jika diestimasikan, anda perlu mengeluarkan modal sebesar kurang lebih 10 juta rupiah.

Sedangkan untuk bahan bakunya, setiap hari anda perlu menyiapkan uang kurang lebih 400 ribu rupiah. Jika bisnis anda sudah berjalan, keuntungan bersih yang bisa anda dapatkan setiap bulannya jika berhasil menjual 50 bungkus setiap hari adalah sebesar 2 juta rupiah, dapat berbeda bergantung pada harga jual serta biaya lain-lainnya.

Tempat Usaha yang Diperlukan

kerupuk udang

Sebaiknya, tempat usaha bisnis kerupuk udang milik anda jangan disatukan dengan dapur pribadi anda. Karena tentu anda akan menggunakan berbagai peralatan yang membutuhkan space cukup luas, untuk itu lebih baik anda menyiapkan tempat usaha tersendiri agar lebih leluasa.

Packing Kerupuk Udang

Selain itu, packing untuk bisnis kerupuk udang bagi pemula agar laris manis di pasaran adalah dengan menggunakan kemasan plastik bening yang dipres dengan menggunakan mesin hand sealer agar kerenyahan kerupuk udang anda tetap terjaga. Tambahkan pula sticker dengan logo serta media sosial maupun nomor telepon anda.

Strategi Pemasaran

Kemasan kerupuk udang

Kemasan kerupuk udang

Setelah semua sudah anda lakukan, yang terakhir tentu anda harus memikirikan strategi pemasaran yang tepat agar bisnis kerupuk udang anda dikenal oleh banyak orang. Terdapat beberapa strategi pemasaran yang dapat anda lakukan, diantaranya menitipkan kerupuk udang anda ke berbagai warung, swalayan, pasar, serta tempat-tempat lain yang dirasa ramai dikunjungi orang-orang.

Selain menitipkan ke berbagai tempat, anda juga dapat menjual kerupuk udang buatan anda di rumah. Tak hanya dalam bentuk siap makan, anda juga dapat memproduksi kerupuk udang versi mentah. Dengan menjual kerupuk udang mentah, dari segi keawetan tentu akan jauh lebih tahan lama.

Bonus! Cara Menjaga Kualitas Kerupuk Udang

  • Perhatikan bahan baku yang anda gunakan. Jika anda menggunakan bahan baku dengan kualitas baik, tentu kualitas kerupuk udang anda akan tahan lama.
  • Saat packing, gunakan kemasan plastik yang tebal agar kemasan tidak mudah rusak. Pres kemasan dengan mesin hand sealer agar kerenyahan dan kualitas kerupuk udang terjaga dengan baik.
  • Simpan kerupuk udang pada suhu yang kering
  • Periksa kerupuk udang yang sudah anda kemas secara berkala, untuk menghindari adanya kerusakan pada kemasan yang dapat berdampak pada kualitas kerupuk udang anda.

Itulah tadi penjelasan mengenai potensi bisnis kerupuk udang bagi pemula. Bagaimana? Anda tertarik untuk mencoba?

Potensi Bisnis Kerupuk Udang Bagi Pemula, Tertarik Mencoba? | Malik | 4.5
error: Content is protected !!