Perlukah Istri Harus Berpenghasilan? Simak Jawabannya Di Sini!

Perlukah istri harus berpenghasilan? – Setelah menikah dan menjadi seorang istri kehidupan tidak akan lagi sama. Saat masih lajang waktu adalah milik diri sendiri namun saat sudah menikah waktu menjadi terbagi-bagi yaitu untuk keluarga, masyarakat, kemudian barulah untuk dirinya sendiri. Karena alasan tersebut banyak wanita yang setelah menikah memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga fulltime dan mengandalkan penghasilan dari suami. Sayangnya kebutuhan yang semakin meningkat sering sekali membuat penghasilan suami tidak bisa untuk mengcover kebutuhan yang ada. Lantas perlukah istri harus berpenghasilan? dan apa yang melatarbelakanginya harus bekerja? Simak penjelasannya berikut ini:

Alasan Istri Harus Berpenghasilan

Istri Harus Berpenghasilan

Istri Harus Berpenghasilan

Menyandang status istri atau ibu rumah tangga tidak lantas menyurutkan semangat untuk bisa berpenghasilan sendiri. Syukur jika penghasilan suami bisa mengcover kebutuhan keluarga, kalau tidak? Tentu hal tersebut akan menimbulkan masalah di dalam rumah tangga. Ada beberapa keluarga yang harus berkonflik setiap hari dikarenakan ekonomi yang sering sekali tidak tercukupi, konflik tersebut tidak jarang membuat kehidupan di dalam rumah tangga menjadi tidak tenang dan tenteram. Meski suami juga sudah memiliki penghasilan yang cukup tidak ada salahnya istri memiliki penghasilan sendiri. Berikut ini ada beberapa alasan mengapa istri harus memiliki penghasilan sendiri:

  1. Membantu perekonomian keluarga

Salah satu alasan mengapa istri perlu berpenghasilan sendiri dikarenakan harus membantu perekonomian keluarga. Memang kebutuhan keluarga ini menjadi tanggung jawab kepala rumah tangga, namun di zaman yang serba modern dan juga emansipasi posisi wanita dan pria menjadi setara dimana posisi wanita juga bisa sebagai pencari nafkah. Dengan keduanya sama-sama bekerja kebutuhan rumah tangga bisa disangga berdua sehingga kedamaian dan ketenteraman bisa tercipta dibandingkan dengan mengandalkan satu penghasilan tunggal.

  1. Mencukupi kebutuhan pribadi

Wanita ini memiliki banyak sekali kebutuhan pribadi yang harus dipenuhi mulai dari produk kecantikan, fashion, sampai berbagai macam aksesoris untuk menunjang penampilan.  Untuk mencukupi itu semua istri bisa mengandalkannya dari penghasilan pribadi yang dimilikinya, jangan menggunakan uang pemberian suami untuk mencukupi semua kebutuhan pribadi tersebut karena masih ada biaya keperluan rumah tangga termasuk makan sehari-hari yang harus dipenuhi. Dengan mencukupi kebutuhan tersebut menggunakan uang pribadi akan membuat istri lebih mandiri.

  1. Tabungan pribadi

Perlukah istri harus berpenghasilan? Mungkin saat pertanyaan tersebut dilontarkan kepada wanita atau ibu rumah tangga akan banyak yang setuju jika memang harus menghasilkan penghasilan sendiri. Alasan yang paling kuat untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah istri harus memiliki tabungan pribadi yang mana bisa dijadikan simpanan untuknya sendiri atau dibutuhkan jika sewaktu-waktu ada hal-hal yang tidak diinginkan. Tidak akan ada yang pernah tahu seperti apa keadaan rumah tangga yang dilalui nanti, sehingga dengan memiliki tabungan pribadi akan membuat istri menjadi mandiri dalam hal ekonomi. Bahkan jika suami sakit dan tidak bisa bekerja, tabungan itu akan sangat membantu sekali untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga yang tidak akan berhenti. Berbeda jika istri tidak memiliki penghasilan sendiri maka kebutuhan keluarga tidak akan bisa dicukupi karena suami yang mencari nafkah tidak bekerja.

  1. Menciptakan kebanggaan tersendiri

Akan ada kebanggaan tersendiri yang bisa dirasakan saat bisa bekerja dan menghasilkan pendapatan sendiri. Hal itu dikarenakan saat bekerja istri akan mampu membeli berbagai macam barang yang dibutuhkan menggunakan uang pribadi. Berbeda jika tidak memiliki penghasilan sendiri dimana saat membutuhkan barang tersebut istri harus bilang kepada suami dan memintanya. Hal tersebut terkadang menimbulkan rasa takut bahkan sungkan karena cash flow keuangan keluarga atau rumah tangga menjadi terganggu. Tidak hanya itu saja, sebagai istri yang memiliki penghasilan sendiri dia akan bisa membantu keuangan maupun kebutuhan rumah tangga sehingga menciptakan rasa bangga karena bisa menjadi istri yang produktif namun tidak mengesampingkan kebutuhan keluarga.

  1. Lebih dihargai

Sebagai istri harus memiliki penghasilan sendiri dikarenakan kadang ada suami yang memiliki pemikiran bahwa istri tidak bisa berbuat apa-apa dan menghasilkan apa-apa. Meski tidak semua suami memiliki pemikiran seperti itu. Dengan memiliki penghasilan sendiri secara finansial, istri bisa bertahan untuk mencukupi dan menghidupi kebutuhan anak-anaknya kelak meski harus tanpa suami. Dengan melihat hal tersebut suami akan lebih menghargai istrinya yang bisa bekerja mandiri. Selain itu kerja keras istri juga akan dihargai oleh suami karena kebutuhan rumah tangga yang tadinya dibebankan kepadanya bisa disangga berdua. Hal ini akan membuat suami lebih respect kepada istri.

Keluarga Tetap yang Utama

Bagi istri yang ingin memiliki penghasilan sendiri penting untuk mengetahui bagaimana cara bekerja. Jangan sampai karena alasan bekerja istri menjadi mengabaikan keluarganya. Istri dan suami yang sama-sama sibuk akan menyebabkan komunikasi yang tidak lancar dan hubungan keluarga menjadi kurang harmonis. Boleh saja bekerja tapi harus ingat bahwa sudah berkeluarga sehingga manajemen waktu sangat penting sekali. Terlebih lagi jika sudah memiliki anak, anak juga membutuhkan quality time bersama kedua orang tuanya.

Keluarga utama

Keluarga utama

Perlukah istri harus berpenghasilan? Tentu jawabannya perlu, namun tetap harus pilih-pilih pekerjaan supaya bisa berpenghasilan namun kehidupan keluarga tetap bisa berjalan dengan lancar sehingga keduanya berjalan secara seimbang.

Perlukah Istri Harus Berpenghasilan? Simak Jawabannya Di Sini! | Malik | 4.5
error: Content is protected !!