Pengertian Clothing Line dan Cara Memulai Usaha Khusus Pemula

Pengertian clothing line dan cara memulai usaha – Clothing line adalah salah satu usaha yang saat ini banyak digemari oleh anak muda. Minat dan passion masyarakat terhadap pakaian sangat tinggi, sehingga banyak yang menggeluti bisnis ini. Yang harus diingat di sini adalah clothing line dengan distro berbeda. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk mengetahui bisnis yang ingin dijalankan adalah distro atau line clothing. Model bisnis yang jelas sangat dibutuhkan terutama ketika Anda mencari investor untuk bisnis Anda tersebut. Ketika mencari investor untuk menanam modalnya di bisnis, Anda harus bisa mendefinisikan bisnis dengan jelas. Bagi yang ingin menggeluti usaha bisnis clothing line, simak pengertian clothing line dan cara memulai usaha berikut ini:

Pengertian Clothing Line

Clothing Line

Clothing Line

Sebelum mengetahui bagaimana cara memulai usaha dalam bisnis ini, Anda harus tahu apa itu clothing line terlebih dahulu. Clothing line banyak yang menyamakannya dengan distro karena sama-sama jual baju, namun ternyata clothing line dan distro berbeda jauh. Sesuai dengan namanya distro adalah singkatan dari distribution store yang artinya adalah sebagai pemasar atau distributor. Sedangkan clothing line adalah bisnis dalam hal pendesainan baju atau fashion kemudian dijual ke masyarakat. Bisnis clothing line ini juga akan memproduksi baju yang desainnya dibuat sendiri. Untuk bisa memulai bisnis ini Anda harus memiliki skill yang cukup dalam desain dan produksi pakaian, sebab desain yang tidak unik, monoton dan biasa saja akan kurang laku di pasaran. Bisa saja Anda menyuruh orang lain untuk melakukan desain namun tetap saja Anda harus paham seperti apa desain yang baik dan menjual tersebut.

Cara Memulai Bisnis Clothing Line

target pasar

target pasar

Pengertian clothing line dan cara memulai usaha perlu diketahui dengan baik, terutama bagi pemula. Bisnis bukanlah ajang coba-coba, sebab Anda harus memiliki tekad dan niat yang kuat dalam menggeluti bisnis tersebut. Ketika menggeluti bisnis clothing line harus disertai dengan niat dan tekad yang kuat. Jika digeluti dengan niat maka bisnis tersebut akan menguntungkan mengingat saat ini kebutuhan masyarakat terhadap pakaian semakin meningkat. Simak cara memulai usaha clothing line berikut ini:

Target Pasar

Cara memulai usaha clothing line yang bisa Anda lakukan adalah menentukan target pasar.  Salah dalam menentukan target pasar akan membuat bisnis Anda tidak berjalan dengan lancar. Target pasar line clothing ini bisa berupa umur, jenis kelamin dan hobi. Sebagai contohnya adalah desain baju Anda untuk masyarakat yang memiliki hobi pecinta alam maka desainlah yang berhubungan dengan alam. Selain itu Anda juga bisa membuka jasa desain, sehingga Anda bisa mewujudkan desain yang sesuai dengan keinginan konsumen namun Anda tetap memberikan saran yang positif sekiranya desain tersebut ada yang kurang sempurna. Oleh sebab itulah menentukan target pasar ini sangat penting agar marketing bisa berjalan dengan maksimal.

Desain Unik dan Menarik

Dalam bisnis clothing line ini, yang paling penting adalah membuat desain yang unik dan menarik. Desain tersebut akan membuat pembeli atau konsumen akan menjadi tertarik dan terus teringat dengan bisnis Anda. Kemampuan dalam mendesain saja tidak cukup untuk menjalani bisnis ini, namun juga harus disertai dengan ide kreatif dan unik setiap hari. Sebagai contohnya adalah pada bagian depan kaos ditulisi dengan kata-kata unik dan mudah diingat. Contoh tulisan yang unik adalah sedang mencari wi”fe” bukan wi”fi”. Kata-kata ringan seperti itu akan terus diingat karena unik dan juga lucu.

Bahan yang Berkualitas

Untuk bisa membuka bisnis clothing line ini, Anda harus memilih bahan kaos yang berkualitas. Bahan yang berkualitas adalah yang ringan dan menyerap keringat. Selain desain, konsumen akan melihat bahan kaos yang digunakan. Jika bahan kaosnya tidak berkualitas dan panas maka konsumen tersebut akan kapok menggunakan jasa Anda tersebut. Anda bisa memberikan harga yang kompetitif yang bisa dipilih oleh konsumen Misalnya saja memberikan harga terendah sampai tertinggi sehingga konsumen bisa memilih kaos yang sesuai dengan budget mereka.

Sistem Pre Order

Bagi Anda yang baru membuka bisnis dan budgetnya terbatas, Anda bisa menggunakan sistem pre order. Sistem pre order ini adalah konsumen membeli baju di tempat Anda namun sudah memberikan deposit sebanyak 50% dari total pesanan. Anda bisa menjadikan deposit tersebut sebagai modal untuk operasional dalam bisnis Anda tersebut. Keuntungan menggunakan sistem pre order ini adalah Anda tidak perlu menyediakan baju yang dipesan terlebih dahulu sehingga baju tersebut akan tersedia ketika baru ada pesanan. Ketika baju yang tersedia sudah jadi barulah konsumen tersebut membayar 50% sisanya.

Grosir

Untuk bisa mengembangkan bisnis clothing line yang Anda geluti, Anda harus memiliki sistem grosir. Sistem grosir ini adalah pembelian baju atau kaos dalam jumlah tertentu dengan selisih harga yang lumayan. Dengan menerima pembelian sistem grosir ini artinya Anda harus menyediakan bahan baku yang banyak namun dengan harga kompetitif, selain itu jumlah tenaga kerja yang Anda butuhkan harus lebih banyak. Dalam mengembangkan bisnis ini Anda harus bekerja sama dengan orang lain seperti penyedia bahan baku, penjahit yang profesional dan lain sebagainya. Dengan bekerja sama, Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah sehingga biaya produksi akan bisa ditekan.

Manfaatkan Peluang dengan Baik

Cara memulai usaha clothing line yang bisa Anda lakukan adalah memanfaatkan peluang dengan baik. Ketika ada gathering atau acara besar di kota Anda, manfaatkanlah untuk melakukan promosi. Anda bisa membuka stand di acara tersebut sehingga produk Anda bisa dikenal oleh masyarakat dengan luas. Dalam acara tersebut  bisa memberikan kartu nama kepada konsumen yang mampir di stand Anda sehingga mereka akan mudah untuk menghubungi Anda.

Kisah Pebisnis Clothing Line yang Sukses

Setelah mengetahui pengertian clothing line dan cara memulai usaha Anda membutuhkan inspirator. Anda membutuhkan inspirator yang bisa membuat Anda menjadi lebih termotivasi. Saat semangat berbisnis sedang kendur Anda akan tetap terpacu berkat inspirator tersebut. Pebisnis muda yang baru menggeluti bisnis clothing line ini adalah putra ke-3 Presiden RI yaitu Kaesang Pangarep. Kaesang membuka bisnis clothing line yang diberi nama Sang Javas tepatnya pada bulan Agustus lalu. Peluncuran pertama produknya tersebut di Car Free Day yang ada di area bundaran Gladak. Warga yang ada di sana pun berebutan membeli kaos yang diproduksi oleh Kaesang tersebut. Tema yang diusung pertama kali oleh Kaesang adalah kecebong. Desain yang mengusung tema kecebong tersebut banyak dipuji oleh masyarakat. Untuk mendapatkan kaos yang di desain oleh Kaesang ini masyarakat harus mengeluarkan budget mulai dari 150 ribu rupiah.

kaesang clothing line

kaesang clothing line

Masyarakat terutama anak muda akan sangat senang menggunakan baju dengan desain yang kekinian atau sedang hits. Desain yang tidak pasaran pun membuat masyarakat memiliki kebanggaan tersendiri ketika menggunakannya. Semoga artikel tentang pengertian clothing line dan cara memulai usaha yang telah di atas bermanfaat terutama bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis ini.

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

pengertian usaha clothing -clothing line adalah -arti clothing line -apa itu clothing line -clothing line artinya -arti bisnis clotingan -langkah pertama membuat usaha clothing -clothing line -memulai bisnis clothing -cara memulai bisnis clothing distro -

Pengertian Clothing Line dan Cara Memulai Usaha Khusus Pemula | Malik | 4.5
error: Content is protected !!