6 Cara Membuat Brand Clothing Sendiri dan Keuntungannya

Cara membuat brand clothing sendiri – Bisnis clothing line sangat menggiurkan terutama saat ini banyak anak muda maupun masyarakat yang bangga ketika menggunakan desain yang tidak pasaran. Selain itu masyarakat akan bangga ketika menggunakan kaos ternama atau yang sudah memiliki brand ternama. Untuk bisa memiliki brand clothing sendiri, Anda harus memulainya dari nol. Hal itu dikarenakan brand yang besar pasti dimulai dari nol atau kecil terlebih dahulu. Dibutuhkan kesabaran dan juga ketekunan dalam membesarkan brand clothing tersebut.

Bisa saja Anda bergabung dengan brand clothing yang sudah ternama, namun rasanya tidak akan seperti menjual brand clothing milik sendiri. Ketika Anda menjual clothing dengan brand Anda sendiri akan ada rasa bangga di dalamnya. Bagi Anda yang tertarik untuk menggeluti bisnis clothing line, dan berniat membuat brand tersendiri simak cara membuat brand clothing sendiri yang benar berikut ini:

Konsep

 brand clothing

brand clothing

Cara membuat brand clothing sendiri yang pertama adalah Anda harus memikirkan konsep dari brand Anda tersebut. Hal terpenting dalam bisnis adalah konsepnya, jika bisnis Anda tersebut tidak ada konsepnya maka akan kehilangan arah. Oleh sebab itu Anda harus menentukan konsep dari brand yang akan Anda dirikan tersebut. Konsep adalah hal dasar yang harus bisnis Anda miliki. Sebagai contohnya adalah Anda mengusung konsep budaya maka brand clothing yang akan Anda buat tidak boleh menyimpang dari konsep Anda.

Nama Brand atau Label

Cara kedua untuk membuat brand clothing Anda sendiri adalah memberikan nama label. Nama ini harus sesuai dengan konsep Anda sebelumnya. Jangan sampai membuat nama brand yang tidak nyambung dengan konsep Anda. Sebagai contoh brand atau nama label yang sudah ternama adalah Dagadu. Tentunya masyarakat Jogja sudah tidak awam dengan brand clothing satu ini. Ciri khas Dagadu adalah logonya berupa mata yang besar, selain itu clothing yang diproduksinya pun unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Jika dulunya Dagadu ini konsepnya mengusung budaya Jogja, namun saat ini melakukan relaunching logo dengan konsep yang mengusung budaya maupun kekayaan alam yang ada di Indonesia. Karena mengusung kekayaan alam di Indonesia kini Dagadu memproduksi kaos dengan ikon kekayaan lokal Indonesia seperti komodo dan lain sebagainya.

dagadu

dagadu

Pemberian brand atau label ini sangat penting fungsinya agar mudah diingat oleh masyarakat. Selain Dagadu, brand clothing line yang sudah memiliki nama yang besar adalah Joger. Anda dikatakan belum ke Bali jika tidak membeli Joger ini. Saking fenomenalnya, Joger tersebut dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bali. Nama tersebut sangat unik oleh sebab itu masyarakat akan selalu mengingat brand Joger tersebut.

Logo

Logo clothing line

Logo clothing line

Cara membuat brand clothing sendiri yang penting adalah pembuatan logo. Sama halnya dengan brand atau nama label, logo tersebut harus mudah diingat. Jika tidak memiliki keterampilan dalam membuat logo, Anda bisa menggunakan jasa desain grafis yang terbukti bisa membuat logo yang unik dan mudah diingat. Logo harus memiliki nilai estetika sehingga meski hanya terlihat sederhana maka logo tersebut menampilkan nilai tersendiri. Logo dari brand ternama dan sudah tersablon di atas pakaian akan membuat yang memakainya bangga. Ketika Anda akan mendesain logo, karakter brand Anda harus tercermin di dalamnya. Untuk menentukan desain dari logo ini Anda bisa berdiskusi kepada teman atau saudara Anda yang paham tentang ilmu desain grafis.

Desain Kaos

Desain Kaos unik

Desain Kaos unik

Anda bisa mulai mendesain kaos yang sesuai dengan tema Anda. Sebagai contohnya adalah jika konsep Anda mengusung kebudayaan maka desainlah kaos tersebut dengan tema yang tidak menyimpang. Dalam produksi kaos tidak hanya satu desain saja yang akan Anda produksi, namun bisa beberapa desain sekaligus. Oleh sebab itu Anda harus membuat desain kaos A, B dan juga C sekaligus. Barulah setelah desain tersebut jadi Anda bisa mulai ke bagian produksi.

Produksi

Produksi kaos

Produksi kaos

Setelah konsep dan desain yang keren sudah jadi, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah merambah ke bagian produksi. Bagian produksi ini menjadi poin yang penting dalam usaha atau bisnis Anda. Biaya produksi yang membengkak akan membuat bisnis Anda tidak berjalan dengan baik. Misalnya Anda memiliki tiga jenis desain kaos, tentukanlah berapa masing-masing desain tersebut akan diproduksi. Bagi pemula, ada baiknya Anda mengetahui permintaan pasar terlebih dahulu. Jika responnya bagus, Anda bisa meningkatkan jumlah produksi tersebut namun ketika tidak bagus Anda bisa mengevaluasi kaos yang Anda jual apakah desainnya kurang menjual atau bahannya yang tidak bagus. Ketika menggeluti bisnis clothing line ini Anda harus tahu seperti apa produksi kaos yang baik dan benar.

Khusus pemula memang banyak yang tidak mengetahui proses produksi tersebut, namun tenang saja karena saat ini banyak vendor yang menawarkan jasanya dalam produksi kaos. Pilihlah vendor yang murah namun kualitas dari jasa yang ditawarkannya tersebut terbukti bagus. Jika sudah sreg atau cocok dengan layanan yang diberikan, tidak ada salahnya Anda bekerja sama dengan vendor tersebut dengan jangka waktu yang lama.

Pemasaran

Setelah tahu bagaimana cara membuat brand clothing sendiri, Anda juga harus tahu bagaimana cara pemasaran yang tepat. Setiap bisnis membutuhkan pemasaran oleh sebab itu jangan bersikap anti mainstream terhadap pemasaran ini. Pemasaran pun ada kiat atau caranya tersendiri. Khusus untuk bisnis clothing line ini, Anda harus memiliki distro yang menjadi distributor store atau yang menjual kaos yang Anda produksi. Sama seperti dengan Joger, saat merintis usaha pertama kalinya sang pemilik memiliki distributor store yang menjual barang clothing yang di produksinya. Selain itu, Joger tidak diperjual belikan selain di gerai asli mereka yang ada di Jalan Raya Kuta Bali.

social media

social media

Jika Anda tidak memiliki modal untuk membuka distro tersebut, Anda bisa menjualnya secara online atau mendirikan stand pameran ketika ada acara di kota Anda tersebut. Bisa juga Anda menitipkan clothing yang Anda produksi tersebut di distro milik teman Anda, dengan sistem bagi keuntungan. Pemasaran secara online pun tidak boleh Anda tinggalkan mengingat banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan, contohnya adalah memasarkan melalui sosial media seperti instagram, Facebook, menggunakan jasa endorse dan lain sebagainya.

Keuntungan Bisnis Clothing Line dengan Brand Sendiri

Selain menghasilkan pundi-pundi rupiah yang besar, ada berbagai macam keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan membuka usaha clothing line tersebut. Berikut ini adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan:

Bangga dengan Hasil Kreasi Sendiri

Ketika menggunakan brand ternama, mungkin Anda akan merasa prestise ketika menggunakannya. Namun saat Anda menggunakan kaos hasil kreasi sendiri akan ada perasaan bangga di dalamnya.

Ide Tanpa Batas

Keuntungan berbisnis ini adalah tak terbatasnya ide. Selama ide untuk menciptakan desain kreatif tersebut ada, maka kaos yang akan Anda produksi tersebut bisa berjalan dengan lancar. Tips dalam menciptakan ide desain adalah jangan menggunakan desain yang memancing kontroversi masyarakat, sebab hal tersebut akan menjatuhkan brand Anda.

Peluang yang Selalu Terbuka

Keuntungan menggeluti bisnis clothing line sendiri adalah selalu terbukanya peluang, hal itu dikarenakan minat masyarakat terhadap baju atau kaos dengan desain yang unik dan menarik tidak pernah padam.

Demikianlah cara membuat brand clothing sendiri yang penting untuk Anda pahami, semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

cara membuat brand clothing sendiri -modal membuat brand baju sendiri -cara membuat brand fashion sendiri -cara membuat brand baju -cara membuat brand clothing -cara membuat brand kaos sendiri -cara beri brand sediri -Cara Membuat Brand kaos -cara bikin brand clothing -membuat brand -

6 Cara Membuat Brand Clothing Sendiri dan Keuntungannya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!