Peluang Usaha Perhiasan Imitasi dan Rincian Modalnya

Peluang usaha perhiasan imitasi – Siapa yang tidak suka dengan perhiasan, hampir setiap orang menyukai perhiasan ini. Tidak hanya wanita saja, namun pria pun banyak yang menyukai perhiasan tersebut seperti cincin, kalung, dan lain sebagainya. Sayangnya ada beberapa larangan yang tidak membolehkan seorang laki-laki menggunakan perhiasan dari bahan emas, sehingga perhiasan imitasi ini bisa menjadi solusi bagi pria yang ingin menggunakan perhiasan untuk menunjang penampilan.

 Perhiasan Imitasi

Perhiasan Imitasi

Tidak hanya itu saja bagi wanita yang ingin terlihat lebih stylist, feminin, dan terlihat lebih elegan pun juga bisa menggunakan perhiasan imitasi ini. Harganya sendiri tentu lebih murah dibandingkan dengan emas. Hal itu dikarenakan perhiasan tersebut terbuat dari kuningan, namun jika tidak diperhatikan secara saksama, sekilas perhiasan tersebut sangat mirip dengan emas.

Mengingat saat ini banyak yang menyukai perhiasan imitasi maka tidak mengherankan jika peluang usaha bisnis perhiasan imitasi ini sangat menggiurkan. Pasalnya banyak yang menggunakan perhiasan tersebut untuk berbagai macam acara. Bagi yang ingin menggeluti bisnis ini, peluang usaha perhiasan imitasi masih terbuka dengan lebar dan berikut ini adalah rincian modalnya yang bisa Anda jadikan pertimbangan:

Modal Awal

Modal ini adalah hal yang harus diperhitungkan dengan baik pertama kali, tujuannya agar bisnis Anda tidak kekurangan modal. Untuk membuka bisnis perhiasan imitasi ini pun tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak. Berikut adalah rincian modal awal yang harus Anda keluarkan:

Nama Biaya
Sewa tempat Rp10,000,000
Etalase Rp1,500,000
Spanduk dan baliho Rp500,000
Pembelian perhiasan Rp5,000,000
Kursi Rp400,000
Kotak perhiasan Rp500,000
TOTAL Rp17,900,000

Untuk bisa mendirikan bisnis ini dibutuhkan tempat yang strategis sehingga Anda harus melakukan sewa tempat. Semakin strategis tempatnya maka semakin mahal biayanya. Selain itu modal yang Anda keluarkan untuk membeli perhiasan ini pun fleksibel yang mana bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Semakin banyak jumlah perhiasan yang akan dijual maka semakin banyak modal yang harus Anda keluarkan. Untuk awal, Anda tidak perlu menyediakan   perhiasan terlalu banyak terlebih dahulu. Setelah Anda mengetahui selera konsumen barulah Anda bisa membeli perhiasan lebih banyak yang mana disesuaikan dengan selera konsumen.

Biaya Operasional

Selain ada modal awal, akan ada biaya operasional yang harus Anda tanggung. Biaya operasional ini besar kecilnya tergantung dengan bagaimana bisnis Anda berjalan. Semakin laris perhiasan Anda maka biaya operasionalnya pun semakin besar. Simak rinciannya berikut ini:

Nama Biaya
Gaji Karyawan Rp1,000,000
Biaya listrik Rp100,000
Biaya tidak terduga Rp100,000
Pembelian stock Rp1,000,000
TOTAL Rp2,200,000

 

Untuk karyawan cukup satu orang saja, satu karyawan bisa digunakan untuk menghandel beberapa konsumen yang datang. Barulah jika sudah semakin berkembang Anda bisa menambah karyawan lagi. Biaya operasional tersebut akan bertambah jika Anda juga menjual secara online dimana Anda harus mengeluarkan biaya untuk internet. Anda bisa melakukan pemasaran online melalui marketplace maupun sosial media. Jika chat yang harus dijawab satu per satu semakin banyak, Anda bisa menambah karyawan sebagai CS atau sebagai staf marketing online.

Estimasi Pendapatan

Membicarakan peluang usaha perhiasan imitasi ini tidak akan lengkap jika tidak membahas tentang estimasi pendapatannya. Di asumsikan dalam sehari bisnis Anda bisa menjual perhiasan imitasi sebanyak 10 buah, kemudian harga dari masing-masing perhiasan tersebut sebesar Rp50.000 maka dalam sehari omzet Anda sebesar Rp500.000 jika dalam sebulan omzet Anda Rp15.000.000. Pendapatan tersebut masih bruto atau laba kotor dimana Anda harus menguranginya dengan biaya operasional sebesar Rp2.200.000 maka hasilnya adalah Rp12.800.000. Laba tersebut belum bisa mengembalikan modal awal Anda.

Jika Anda bisa menjaga performa penjualan dan bulan berikutnya pendapatan sama dan besaran biaya operasional sama, maka Anda akan mendapatkan laba sebesar Rp.25.600.000. Laba tersebut akan bisa Anda gunakan untuk menutup modal awal yang sudah dikeluarkan sehingga sisanya  Rp7.700.000. Anda bisa menabung sisanya tersebut untuk membayar sewa tempat Anda yang mana biasanya dibebankan selama setahun. Selain itu jika memungkinkan Anda bisa menambah aset pada bisnis Anda agar semakin berkembang dengan pesat.

Strategi Pemasaran

Bisnis tanpa pemasaran tidak akan bisa berjalan dengan lancar, oleh sebab itu bagi Anda yang tertarik menggeluti bisnis ini penting untuk memperhatikan seperti apa strategi pemasaran yang tepat. Strategi yang pertama adalah Anda bisa memilih tempat yang benar-benar strategis dan belum ada pesaingnya. Tempat yang ramai akan banyak dikunjungi oleh masyarakat. Anda bisa melakukan survei tempat atau lokasi usaha terlebih dahulu.

bisnis perhiasan imitasi

bisnis perhiasan imitasi

Strategi yang kedua adalah Anda bisa menjual produk perhiasan imitasi yang benar-benar berkualitas. Ciri perhiasan imitasi yang berkualitas adalah tidak mudah berubah warna, tidak menimbulkan gatal ketika digunakan, kilaunya mampu bertahan dengan lama, dan memiliki bentuk yang menarik dan beragam. Carilah supplier yang mampu memenuhi ekspektasi-ekspektasi Anda tentang perhiasan imitasi tersebut. Cara yang ketiga adalah harga yang kompetitif, sedangkan yang keempat Anda bisa memberikan layanan yang berbeda seperti memberikan garansi after sales yang mana bisa menjamin kepuasan konsumen.

Melihat estimasi pendapatan yang disebutkan di atas, bisa disimpulkan bahwa peluang usaha perhiasan imitasi masih sangat menjanjikan terlebih lagi modal dan biaya operasional yang dikeluarkan tidak terlalu besar sehingga bisa menjadi bisnis potensial di tahun 2019 ini.

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

peluang usaha perhiasan imitasi -prospek usaha perhiasan imitasi -

Peluang Usaha Perhiasan Imitasi dan Rincian Modalnya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!