Peluang Usaha Gerabah Memberikan Untung Dengan Modal Kecil

Peluang usaha gerabah merupakan salah satu usaha yang mengutamakan kreaifitas untuk membuat berbagai jenis perabotan rumah tangga, hiasan rumah hingga mainan anak anak yang terbuat dari gerabah. Peluang usaha yang satu ini memang menjadi salah satu usaha yang cukup menguntungkan. Pasalnya, untuk menjalankan usaha yang satu ini hanya membutuhkan modal yang kecil dan keterampilan dalam membuat berbagai jenis benda dari gerabah. Gerabah meruapakan serat dari dari batang pohon gerabah yang sudah dikeringkan sebelumnya membuat gerabah ini mudah untuk dirubah dalam berbagai bentuk untuk keperluan rumah tangga.

Perabotan dan berbagai kerajinan yang dibuat dari gerabah sendiri masih dijual dengan harga yang cukup murah. Namun peluang usaha gerabah usaha yang satu ini masih menjadi salah satu sektor UKM yang menjadi perhatian dari pemerintah. Pasalnya di beberapa daerah di Indonesia, hampir seluruh penduduknya menjalankan usaha pembuaran pernak pernik dan perabotan dari gerabah. Mengetahui ha tersebut, pemerintah pun terus mencoba melestarikan para pengrajin tersebut.

Estimasi Modal Awal Yang Dibutuhkan Untuk Usaha Gerabah

Gerabah

Gerabah

Untuk menjalankan usaha gerabah ini, Anda tidak harus mengeluarkan modal yang besar. Para pengrajin gerabah pemula biasanya membutuhkan kurang dari Rp. 100.000. Dengan modal tersebut Anda bisa membeli gerabah untuk dibuat kerajinan dalam bentuk pernak-pernik yang dijual dengan harga Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000.

Sedangkan para senior atau yang sudah berpengalaman dalam menjalankan peluang usaha gerabah ini mereka membutuhkan modal hingga 1- 3 jutaan rupiah per harinya. Mereka mampu membuat hingga ratusan perabotan rumah tangga yang terbuat dari gerabah setiap harinya. Bahkan dengan modal tersebut para pengrajin merasa kurang dan terus mencari tambahan modal setiap harinya untuk memperbesar keuntungan yang mereka dapatkan setiap harinya.

Hal tersebut membuat banyak para pengusaha tertarik untuk menanamkan modalnya dengan system bagi hasil setiap bulannya. Peluang tersebut membuat para pengrajin merasa terbantu dengan kerjasama tersebut.

Banyak sekali para investor yang tertarik untuk menanamkan modalnya pada usaha kerajinan gerabah ini, karena selain tidak membutuhkan modal yang besar untuk menjalankan bisnis ini, mereka juga melihat potensi dari bisnis ini yang terus berkembang setiap tahunnya. Di tahun 2019 ini, daerah Yogyakarta mampu menghasilkan hingga 2,5 milyar  rupiah perbulannya dari hasil usaha kerajinan gerabah.

Estimasi Keuntungan dari Usaha Gerabah

Usaha Gerabah

Sebelum Anda menjalankan peluang usaha gerabah ini, tentunya harus memprediksi estimasi keuntungan yang akan di dapatkan saat Anda menjalankannya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Anda bisa menjalankan usaha ini dengan modal Rp. 100.000 untuk membuat kerajinan kecil. Untuk lebih jelasnya, berikut analisa rancangan biaya usaha gerabah.

Modal Awal Rp. 100.000

  • Pembelian gerabah sebanyak 50 ikat
  • Pelitur
  • Bungkusan plastik

Dengan modal sebesar 100 ribu rupiah, Anda bisa membuat kerajinan dengan ukuran 5 cm2 hingga 10 cm2 dengan kuantitas sebanyak 5-10 kerajinan setiap harinya. Untuk kerajinan dengan ukuran kecil ini biasanya dijual dengan harga 10-25 ribu rupiah. Untuk perhitungan keuntungannya sendiri seperti dibawah ini.

10 kerajinan x 25.000 = 250.000

Keuntungan 250.000 –  modal 100.000 = 150.000

Dengan modal 100.000, Anda bisa menghasilkan omset sebanyak 250.000 dengan keuntungan bersih Rp. 150.000. Jumlah keuntungan tersebut tentunya membuat banyak para calon pengusaha tertarik untuk menjalani usaha yang satu ini. Selain itu, angka keuntungan tersebut memacu para pengrajin gerabah untuk terus meningkatkan modalnya dan menambahkan keuntungan mereka setiap harinya.

Ditambah, pemerintah yang menjadikan peluang usaha ini salah satu sektor yang wajib mendapatkan bantuan. Hal tersebut menjadikan peluang usaha ini semakin menjamur, terutama di daerah pedesaan dan beberapa daerah pariwisata.

Pasalnya, kerajinan gerabah ini memiliki harga yang cukup tinggi saat dijual di beberapa toko yang ada di daerah wisata seperti Jogjakarta, Surabaya dan beberapa daerah wisata lainnya. Biasanya, para turis lokal dan asing rela mengeluarkan kocek yang cukup tinggi untuk membeli kerajinan gerabah dengan harga yang cukup tinggi.

Kerajinan gerabah memang salah satu usaha yang mengutamakan keterampilan dari para pembuatnya. Walau dibuat dari bahan yang terbilang murah. Namun, cara membuatnya yang cukup sulit membuat harga dari barang yang terbuat dari gerabah terus meningkat setiap tahunnya. Peluang usaha yang satu ini tidak boleh dilirik oleh sebelah mata. Pasalnya, hingga saat ini sudah banyak para pengrajin gerabah yang mengeksport barang kerajinannya ke luar negeri mulai dari Asia hingga Eropa.

Tentunya peluang tersebut membuat banyak pengusaha yang berusaha untuk menambah modal usaha mereka agar bisa mendapatkan begitu banyak keuntungan setiap bulannya. Bagi Anda yang sedang mencari bisnis yang menguntungkan, mungkin peluang usaha gerabah ini bisa menjadi refferensi Anda.

 

Peluang Usaha Gerabah Memberikan Untung Dengan Modal Kecil | Malik | 4.5
error: Content is protected !!