Peluang Usaha Fotocopy dan Tips Menjalankannya

Peluang usaha fotocopy – Jika Anda mencari peluang usaha yang potensial maka bisnis fotocopy ini bisa dijadikan salah satu ide. Memang saat ini semuanya serba digital namun bisnis ini akan tetap menggiurkan. Masih banyak yang membutuhkan fotocopy untuk mencetak materi terutama bagi anak sekolah, bahkan mahasiswa pun masih banyak membutuhkan fotocopy ini dikarenakan tidak semua materi dalam bentuk soft copy. Melihat hal tersebut bisa dikatakan bahwa peluang bisnis fotocopy ini masih terbuka dengan lebar.

Yang membuat peluang usaha fotocopy ini terbuka dengan lebar adalah dibutuhkan oleh berbagai macam usia mulai dari SD sampai dengan orang dewasa. Untuk pengurusan dokumen dan administrasi banyak yang membutuhkan fotocopy dengan jumlah lembar tertentu, sehingga salah jika menganggap bisnis fotocopy akan meredup di era digital seperti saat ini.  Bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis ini, simak cara menjalankan bisnis fotocopy yang wajib untuk Anda ketahui berikut ini:

Tempat Strategis

Usaha Fotocopy

Usaha Fotocopy

Meskipun peluang usaha fotocopy ini menjanjikan dan potensial namun Anda harus tahu bagaimana cara menggeluti bisnis ini dengan tepat. Salah satu cara menggeluti bisnis fotocopy yang tepat adalah pemilihan tempat. Salah dalam memilih tempat akan membuat usaha tidak bisa berjalan seperti yang diharapkan. Untuk tempat usaha yang pas adalah dekat dengan sekolah atau kampus. Alasannya adalah mereka yang paling banyak membutuhkan jasa fotocopy ini. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa memilih lokasi usaha di pinggir jalan raya agar tempat bisnis Anda mudah terlihat oleh orang lain.

Menyiapkan Modal

Tidak hanya peluang usaha fotocopy saja yang harus Anda ketahui, namun modal yang Anda siapkan pun harus Anda ketahui.  Hal itu dikarenakan untuk menggeluti bisnis fotocopy ini modal yang dikeluarkan tidak sedikit sehingga kekurangan modal hanya akan membuat bisnis tersebut berhenti di tengah jalan. Berikut ini adalah rincian modal dan biaya yang harus Anda perhatikan:

No Nama Harga
1 Mesin laminating Rp1,500,000
2 Mesin fotocopy Rp12,000,000
3 Printer Rp300,000
4 Etalase Rp1,000,000
5 ATK Rp1,000,000
7 Komputer Rp3,000,000
8 Kursi dan meja Rp800,000
9 Sewa tempat Rp12,000,000
10 Pemotong kertas Rp500,000
TOTAL Rp32,100,000

Dari rincian modal di atas bisa disimpulkan bahwa untuk menggeluti bisnis fotocopy ini Anda harus mengeluarkan budget mulai dari puluhan juta rupiah. Semakin banyak peralatan yang dibeli maka modal yang dikeluarkan juga semakin besar. Selain modal awal di atas masih ada biaya yang harus Anda perhatikan yaitu biaya variabel atau operasional. Jumlah biaya yang dikeluarkan ini tergantung dengan performa bisnis Anda. Semakin ramai bisnis Anda tentunya akan semakin besar biaya operasional yang harus Anda keluarkan. Untuk biaya operasionalnya ini Anda harus membayar listrik, gaji pegawai, kertas untuk fotocopy, tinta printer, dan tinta mesin fotocopy. Tidak hanya itu saja Anda juga harus membeli kembali ATK yang sudah habis terjual.

Pemasaran

Tips selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk membuat bisnis fotocopy ini sukses adalah dengan melakukan pemasaran yang optimal.  Cara pemasaran yang ampuh adalah dengan memasang spanduk, membagikan brosur, promosi dari mulut ke mulut, menyebarkan pamflet, dan lain sebagainya. Selain itu berikanlah pelayanan prima kepada konsumen agar mereka merasa puas sehingga akan mempromosikan usaha tersebut ke teman, keluarga, dan juga saudara.

Jaga Kualitas Fotocopy

Tips selanjutnya yang harus Anda perhatikan dalam menggeluti bisnis fotocopy adalah menjaga kualitas fotocopy. Ada banyak yang mengeluh hasil fotokopi tidak bagus seperti kertas tipis, tintanya blur atau tidak jelas, banyak coretan di sekitar kertas karena tinta yang kurang berkualitas, dan masih banyak lagi lainnya.

Berikan Harga yang Kompetitif

Berikanlah harga yang kompetitif. Meski hasil fotokopi Anda bagus namun ada baiknya jika Anda tidak memberikan harga yang terlalu mahal. Untuk menentukan harga yang kompetitif caranya dengan meriset harga pasar untuk satu lembar fotokopi Anda tersebut. Jika kompetitor memiliki harga yang lebih murah sedangkan kualitas fotokopinya sama dikhawatirkan konsumen banyak yang memilih untuk memilih jasa kompetitor tersebut dibandingkan dengan bisnis Anda sehingga menentukan harga yang tepat dari jasa Anda ini sangat penting.

Layanan yang Beragam

Usaha fotocopy ini akan maju jika Anda bisa memberikan layanan yang beragam.  Layanan yang beragam akan menjadi nilai plus bagi bisnis Anda karena konsumen bisa memilih jasa sesuai dengan kebutuhan mereka seperti melakukan laminating, fotocopy dengan berbagai macam ukuran dan bentuk, printing, dan masih banyak lagi lainnya.

Menjalin Kerja Sama

Tips menggeluti bisnis fotocopy yang terakhir adalah menjalin kerja sama. Kerja sama ini sangat penting karena hal tersebut sangat diperlukan agar Anda bisa menjual barang dan juga jasa fotocopy menjadi lebih murah. Harga murah dan berkualitas ini banyak dicari konsumen sehingga bisnis Anda akan menjadi lebih ramai dan berkembang.

Peluang usaha fotocopy ini masih terbuka dengan lebar dan tentunya menggiurkan sehingga Anda akan bisa mendapatkan income atau tambahan penghasilan dari bisnis fotocopy yang Anda jalankan ini, jalanilah bisnis ini dengan semangat karena hasilnya akan tergantung dengan usaha Anda dalam menjalankan bisnis ini.

Peluang Usaha Fotocopy dan Tips Menjalankannya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!