Peluang Usaha Es Cendol, Modal, dan Analisa Keuntungannya

Peluang usaha es cendol – Siapa yang tidak mengenal es cendol? Hampir semua orang mengetahui es cendol ini dan rasanya pun sangat menggiurkan. Es cendol sangat cocok dikonsumsi saat cuaca panas dan bisa menghilangkan dahaga setelah Anda melakukan  aktivitas di bawah terik sinar matahari. Es cendol asalnya dari Jawa Barat, namun kini minuman ini bisa ditemukan hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Cendol terbuat dari tepung sagu maupun tepung beras yang diberikan pewarna alami hijau dan bisa juga hitam. Namun ada juga cendol yang berwarna putih bersih dimana terbuat dari tepung beras tanpa diberikan pewarna. Sedangkan es cendol adalah cendol yang dicampurkan dengan es serut atau es batu, santan, dan gula jawa dengan irisan nangka. Meski terlihat simpel namun rasa dari es cendol ini sangat menyegarkan. Hal itulah yang menjadikan peluang usaha es cendol tetap potensial dan menggiurkan sampai saat ini.

Peluang Bisnis Es Cendol

Bisnis Es Cendol

Bisnis Es Cendol

Membahas tentang peluang usaha es cendol ini sangat menarik. Alasannya adalah es cendol ini banyak disukai oleh masyarakat berbagai usia mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua. Yang membuat usaha es cendol ini menguntungkan untuk digeluti adalah Indonesia iklimnya tropis dengan suhu udara yang semakin panas. Selain itu es cendol memiliki target pasar yang mudah dicari dimana hanya dengan mencari lokasi yang strategis konsumen akan dengan sendirinya datang ke lokasi usaha Anda. Lokasi strategis bagi es cendol tidak hanya berada di pinggir jalan raya saja, namun Anda juga bisa berjualan di dekat kampus, mall, sekolah, tempat futsal, pasar, kolam renang, dan lain sebagainya. Alasan terakhir adalah mudah dimulai, dijalankan, dan juga mudah diawasi. Modal yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar sehingga cocok bagi Anda yang ingin berbisnis namun memiliki budget terbatas.

Modal

Untuk menggeluti bisnis es cendol tidak membutuhkan biaya besar. Hanya mengeluarkan modal awal 2 juta rupiah Anda sudah bisa menggeluti bisnis es cendol.  Dengan modal tersebut Anda bisa membeli etalase atau gerobak, kompor dan gas, panci, pengaduk, meja dan kursi, pencetak cendol, dan peralatan tambahan lainnya.

Biaya Operasional

Tidak hanya peluang usaha es cendol saja yang harus Anda perhatikan, namun biaya operasionalnya pun juga harus diperhatikan. Biaya operasional merupakan biaya pasti yang harus dikeluarkan saat menggeluti suatu usaha atau bisnis. Selama proses produksi dan proses bisnis berjalan maka biaya operasional ini akan selalu ada. Untuk bisnis es cendol dalam sehari Anda cukup mengeluarkan biaya kurang lebih 50 ribu rupiah saja dimana biaya tersebut digunakan untuk pembelian tepung beras dan tepung sagu. Anda juga perlu membeli daun pandan, daun suji, es batu dan air es, gula merah, santan, nangka, gula pasir, garam, dan lain sebagainya.

Analisa Keuntungan

Membicarakan usaha es cendol ini tidak akan lengkap rasanya jika tidak menganalisa keuntungannya. Untuk melakukan analisa keuntungan usaha es cendol bisa dengan mengalikan jumlah es cendol yang terjual dengan harga jual. Misalnya dalam sehari Anda bisa menjual es cendol 40 dengan harga 4 ribu rupiah maka dalam sehari Anda akan mendapatkan keuntungan kotor 160 ribu rupiah. Netto yang akan Anda dapatkan adalah menguranginya dengan biaya operasional sebesar 50 ribu rupiah maka keuntungan bersihnya adalah 110 ribu Rupiah. Dalam sebulan Anda akan mendapatkan penghasilan bersih sebesar 3,3 juta rupiah jika performa penjualan Anda stabil seperti itu terus menerus. Semakin banyak es cendol yang terjual maka keuntungan yang didapatkan akan semakin besar.

Hambatan

Setiap bisnis yang digeluti ini akan memiliki hambatan masing-masing begitu pula dengan es cendol ini. Meski peluang usaha es cendol terbuka dengan lebar namun hambatan dari bisnis ini pun harus diperhatikan dengan baik agar usaha Anda berjalan dengan lancar. Hambatan yang sering dialami adalah bahan-bahan pembuatan yang tidak bisa bertahan lama seperti santan dan cendol yang mudah basi. Jika es cendol Anda tidak banyak yang laku terjual maka bahan tersebut tidak bisa dimanfaatkan kembali sehingga Anda akan kehilangan modal namun tidak bisa mendapatkan pendapatan. Bisa saja Anda menghangatkannya kembali namun hal tersebut tidak sehat untuk konsumen Anda. Rasanya pun tidak se enak dengan santan segar sehingga kualitas dari es cendol Anda tidak terjamin lagi.

Hambatan yang terakhir tentu saja adalah kompetitor. Kompetitor bisa muncul dari pebisnis dengan usaha yang sama dan juga pebisnis minuman yang berbeda. Saat ini banyak sekali bermunculan aneka macam minuman dingin yang modern dimana banyak yang tertarik untuk mencoba minuman tersebut terutama anak muda. Anda harus bisa menerapkan strategi pemasaran yang tepat agar bisa bersaing dengan semua kompetitor Anda.

Bisnis es cendol yang Anda geluti ini performanya sangat tergantung dengan cita rasa es cendol yang dibuat. Selain itu peluang usaha es cendol ini akan tetap menggiurkan jika bisa menerapkan strategi bisnis yang tepat, begitu pula sebaliknya akan merugikan jika cita rasa es cendol yang dibuat tersebut tidak enak sehingga tidak bisa menghasilkan penjualan seperti yang diharapkan.

Peluang Usaha Es Cendol, Modal, dan Analisa Keuntungannya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!