8 Tips Menjalankan Bisnis Bareng Keluarga Agar Sukses dan Selalu Kompak

Tips menjalankan bisnis bareng keluarga – Keluarga adalah segalanya tempat berbagai suka dan duka. Sedangkan dalam hal bisnis, ada bisnis yang dijalankan oleh anggota keluarga dan secara turun temurun. Membicarakan bisnis keluarga ini memang menarik namun bukan berarti tidak ada masalahnya.

Salah dalam menjalankan bisnis bukan kesuksesan yang didapatkan namun justru menyebabkan kekacauan dan juga percekcokan antara keluarga. Oleh sebab itu bagi Anda yang ingin membuka dan menjalankan bisnis bagi keluarga ada baiknya jika Anda mengetahui  bagaimana cara menjalankan bisnis yang tepat terlebih dahulu. Sebab jika terjadi masalah diantara anggota keluarga, tidak hanya bisnis yang dipertaruhkan namun hubungan antar keluarga pun berada di ujung tanduk. Berikut ini ada beberapa tips menjalankan bisnis bareng keluarga yang bisa Anda contoh:

Membicarakan Usaha yang Akan Dijalankan

bisnis bareng keluarga

bisnis bareng keluarga

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah bicarakanlah secara bersama-sama jenis usaha yang akan dijalankan. Berbeda halnya jika sudah memiliki jenis usaha yang dijalankan dimana sifatnya adalah turun temurun. Untuk bisa menemukan bisnis atau usaha yang tepat Anda bisa menentukan tujuan apa yang ingin dicapai dengan bisnis tersebut dan langkah apa saja yang akan Anda capai untuk meraih tujuan tersebut.

Identifikasi Kekuatan

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah lakukan identifikasi kekuatan. Setiap orang dalam menekuni bisnis memiliki kekuatan dan juga keterampilan mereka masing-masing. Termasuk jika Anda akan membangun bisnis bersama dengan keluarga tercinta, Anda bisa mengetahui apa saja kekuatan dan keterampilan dari mereka masing-masing, kemudian kekuatan tersebut bisa di kontribusikan dalam bisnis.

Harapan yang Jelas

Motif ekspansi bisnis

Harapan yang jelas

Lancar tidaknya usaha yang Anda dan jalankan ke depannya tergantung dengan harapan Anda dan juga keluarga. Jika dalam setiap anggota keluarga tersebut masing-masing sudah memiliki harapan yang sama bisnis tersebut akan mudah sekali berjalan ke arah yang sama, berbeda jika antara satu anggota keluarga memiliki harapan dan tujuan yang berbeda-beda sangat sulit untuk membuat kompak dan menjadi satu suara. Kekompakan dalam bisnis ini harus selalu terjaga, jangan memiliki tujuan dan pandangan sendiri-sendiri yang mana mampu memecah belah jalannya bisnis.

Pembagian Peran dan Tanggung Jawab

Tips menjalankan bisnis bareng keluarga selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah membagi peran dan juga tanggung jawab. Ini adalah hal utama yang penting dalam menjalankan usaha keluarga. Harus jelas di awal tugas si A sebagai apa, si B mengerjakan apa, dan lain sebagainya. Dari pembagian tugas tersebut setiap anggota keluarga akan tahu apa yang menjadi tugas dan perannya masing-masing.

harapan yang jelas

harapan yang jelas

Hindarilah pencampuran tugas. Dalam pembagian peran dan tanggung jawab ini ada baiknya jika Anda memilih berdasarkan kelebihan dan juga kekurangan yang dimiliki oleh anggota keluarga tersebut. Jangan pilih kasih atau berat sebelah dalam membagi tugas karena akan menimbulkan kecemburuan sehingga membuat performa bisnis menjadi kurang maksimal.

Jangan Ada Kepemimpinan Ganda

Yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah hindari adanya kepemimpinan ganda. Hal ini masih berkaitan atau bersangkutan dengan pembagian tugas kerja. Jangan sampai dalam bisnis setiap orang menginginkan menjadi pemimpin, karena selain rancu hal ini akan menyebabkan karyawan yang menjadi bawahan menjadi bingung tentang keputusan yang berbeda diantara para pemimpin. Hal ini untuk mengantisipasi dan mencegah perbedaan pendapat pemicu pertengkaran yang bisa merusak sistem kerja.

Hindari Tidak Profesional

Meskipun hanya anggota keluarga namun ada baiknya jika Anda menghindari tidak profesional dalam berbisnis atau dalam bekerja. Salah satu hal yang bisa membuat seseorang menjadi tidak profesional adalah membawa persoalan pribadi dalam bekerja atau berbisnis dan berbuat sesuka hati. Contoh hal yang tidak profesional adalah datang terlambat saat bekerja, pulang sebelum waktunya, pekerjaan yang tidak terselesaikan dan masih banyak lagi lainnya. Yang harus Anda ketahui adalah bisnis ini tidak akan bisa berkembang dan berjalan sebagaimana mestinya jika tidak ada komitmen yang kuat untuk menjalankannya. Sampingkan urusan personal atau pribadi kemudian penting untuk mengedepankan kepentingan bisnis bersama.

Perjanjian Kerja

perjanjian kerja dan berkas

perjanjian kerja dan berkas

Tips menjalankan bisnis bareng keluarga yang tidak boleh dilupakan adalah buatlah perjanjian kerja. Banyak yang awalnya saling percaya saja kemudian tidak membuat perjanjian kerja ini. Padahal hal ini sangat penting karena melalui perjanjian ini akan terjalin komitmen antara anggota keluarga di dalam berbisnis.  Dengan perjanjian kerja seseorang tidak akan bisa berbuat semena-mena sesuka hatinya dan sesuai kemauannya. Sehingga jika perjanjian ini dilanggar siapa yang menjadi pemimpin bisa menegurnya tanpa harus merasa tidak enak hati. Jangan lupa untuk memberikan surat peringatan jika berkali-kali melanggar apa yang tertera dalam perjanjian kerja.

Gaji yang Transparan

Tips terakhir adalah buatlah gaji yang transparan. Untuk menggaji karyawan Anda bisa melihat kapasitas dan juga kemampuannya. Jangan karena Anda dekat dengan A kemudian menggaji dengan gaji yang besar dan si B yang tidak dekat dengan Anda mendapatkan gaji yang kecil dibandingkan seharusnya.

Demikianlah beberapa tips menjalankan bisnis bareng keluarga agar selalu kompak dan meraih kesuksesan, semoga informasi ini bermanfaat.

8 Tips Menjalankan Bisnis Bareng Keluarga Agar Sukses dan Selalu Kompak | Malik | 4.5
error: Content is protected !!