Peluang Usaha Es Campur dan Analisis Keuntungannya

Peluang usaha es campur – Pada saat cuaca panas dan terik meminum minuman dingin akan terasa sangat menggiurkan. Jenis minuman dingin yang menggiurkan ini pun banyak sekali salah satunya adalah es campur. Es campur adalah olahan es dengan cita rasa yang menyegarkan dan juga dibuat dengan berbagai macam bahan seperti jelly, alpukat, buah-buahan, kelapa muda, dan lain sebagainya.  Selain itu untuk penambah rasa manis bisa ditambahkan dengan susu kental manis, sirup, es serut, dan ditambahkan dengan gula cair. Meski sudah terkenal sejak lama, sampai saat ini peluang usaha es campur ini akan tetap menggiurkan. Bagi Anda yang sedang melirik usaha es campur simak beberapa informasi yang penting untuk diperhatikan berikut ini:

Peluang Bisnis Es Campur

 Bisnis Es Campur

Bisnis Es Campur

Peluang usaha es campur ini akan tetap menggiurkan dan terbuka dengan lebar. Beberapa hal yang menyebabkan mengapa usaha bisnis es campur ini tetap menggiurkan adalah disukai oleh semua usia mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua. Target bisnis es campur ini juga sangat mudah untuk dicari dimana jika Anda berjualan di lokasi yang strategis, konsumen itu akan datang dengan sendirinya. Cuaca yang panas juga akan membuat es campur banyak diburu oleh masyarakat untuk menyegarkan tenggorokan. Untuk jangka panjang peluang bisnis es campur ini akan tetap terbuka dengan lebar karena jumlah peminatnya tidak akan pernah berkurang meski banyak jenis minuman dingin baru bermunculan.

Modal Awal

Tidak hanya peluang usaha es campur saja yang penting untuk Anda perhatikan namun modal awal dari bisnis es campur ini pun juga harus diketahui dengan baik. Jangan sampai  bisnis yang Anda jalani ini kekurangan modal karena akan bisa berhenti di tengah jalan. Untuk menggeluti usaha es campur Anda harus mengeluarkan modal kurang lebih 6 juta rupiah. Modal awal ini bisa Anda gunakan untuk pembelian etalase atau gerobak, meja dan kursi, wadah, kompor dan gas, panci, pisau, serbet, mangkuk es camur, sendok, mesin pengemas minuman, dan peralatan tambahan lainnya.

Biaya Operasional

Usaha Es Campur

Usaha Es Campur

Tidak hanya modal tetap saja yang harus diperhatikan namun biaya operasional juga harus dihitung dengan matang karena harus dikeluarkan setiap harinya. Dalam sehari Anda harus mengeluarkan biaya kurang lebih 300 ribu rupiah dimana biaya itu digunakan untuk pembelian berbagai macam buah, gula pasir, sirup, cup gelas, pengemas, gas LPG, susu kental manis, sewa tempat, dan lain sebagainya.

Keuntungan

Analisa keuntungan usaha es campur ini sangat menarik untuk disimak. Keuntungan yang Anda dapatkan ini bisa dihitung dengan cara mengalikan jumlah pembeli es campur dengan harga jual es campur itu sendiri. Misalnya dalam sehari Anda bisa menjual 60 mangkuk es campur dengan harga 7 ribu rupiah maka Anda akan bisa mendapatkan bruto sebesar 420 ribu rupiah. Maka keuntungan bersih Anda adalah 120 ribu rupiah. Dalam sebulan keuntungan Anda sebesar 3,6 juta rupiah. Keuntungan tersebut cukup besar sehingga Anda bisa menyisihkannya untuk mengembalikan modal awal.

Cara Memulai Bisnis Es Campur

Meski peluang usaha es campur ini terbuka dengan lebar, Anda tetap membutuhkan cara memulai bisnis es campur yang baik dan benar. Berikut ini adalah cara memulai bisnis es campur yang penting diperhatikan:

  1. Cari tempat strategis

Cara menggeluti usaha es campur pertama adalah cari tempat yang strategis. Lokasi yang strategis ini menjadi syarat mutlak kesuksesan bisnis es campur ini.  Sebaiknya Anda memilih tempat yang berada di pinggir jalan, dekat dengan sekolah, kampus, maupun kantor. Anda juga bisa bekerja sama dengan kantin sekolah maupun restoran.  Yang paling penting Anda harus pandai dalam menentukan lokasi usaha yang sesuai dengan target market Anda.

  1. Siapkan perlengkapannya

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah siapkanlah peralatan dan perlengkapannya. Semakin lengkap perlengkapan yang Anda miliki hal itu akan semakin bagus untuk Anda. Untuk pembelian perlengkapan ini Anda bisa menggunakan modal awal yang sudah di persiapkan sebelumnya.

  1. Supplier

Kesegaran dan kelezatan es buah ini sangat tergantung dengan bahan baku yang digunakan. Pastikan buah-buahan yang digunakan berkualitas bagus. Anda bisa mencari supplier buah-buahan untuk mendukung operasional bisnis Anda. Selain itu dengan memiliki supplier ini Anda akan bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga pasaran.

  1. Promosi

Bisnis Anda tidak akan bisa berjalan dengan lancar jika tidak memiliki kemampuan menjual dengan baik. Tanpa penjualan yang baik pendapatan yang Anda didapatkan tidak maksimal. Untuk bisa mencapai penjualan maksimal Anda harus melakukan promosi secara tepat. Anda bisa promosi menggunakan akun media sosial, selain itu bisa dengan menggunakan banner atau baliho agar orang lain bisa tahu keberadaan bisnis Anda.

  1. Utamakan kualitas dan jaga kebersihan

Karena Anda menjual produk minuman, kualitas dan kebersihan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Kualitas yang buruk dan kebersihan yang kurang terjaga akan membuat konsumen enggan untuk membeli es campur Anda.

Demikianlah beberapa informasi tentang peluang usaha es campur yang penting diperhatikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Peluang Usaha Es Campur dan Analisis Keuntungannya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!