Peluang Usaha Bisnis Drone untuk Kegiatan Pertanian yang Menjanjikan

Peluang usaha bisnis drone untuk kegiatan pertanian – Drone pertanian adalah UAV atau Unmanned Aerial Vehicle yang mana diterapkan pada pertanian untuk bisa membantu meningkatkan produksi tanaman dan juga memantau pertumbuhan tanaman. Sensor dan kemampuan pencitraan digital ini akan mampu memberikan petani gambar yang lebih kaya dan menarik dari bidang mereka. Informasi ini pun terbukti bermanfaat untuk bisa meningkatkan hasil panen dan juga efisiensi pertanian.

Drone khusus pertanian akan bisa memungkinkan untuk bisa melihat ladang pertanian dari langit. Pandangan dan kamera drone ini akan mampu menunjukkan masalah pada irigasi, variasi tanah, dan juga serangan hama dan jamur. Jika area atau lokasi pertaniannya luas maka drone ini akan sangat membantu sekali karena lebih hemat waktu dan tenaga. Pengamatan yang diberikan oleh drone pun lebih bagus dan teliti dibandingkan dengan pengamatan secara manual.

Peluang Bisnis Drone untuk Pertanian

Bisnis Drone untuk Pertanian

Peluang usaha bisnis drone untuk kegiatan pertanian masih terbuka dengan lebar mengingat saat ini penggunaan drone semakin beragam. Anda bisa menawarkan jasa sebagai pilot drone untuk bisa membantu petani dalam melakukan kegiatan pertaniannya. Memang belum banyak petani yang sadar akan teknologi drone ini namun dengan perkembangan teknologi dan formasi yang semakin cepat seperti ini secara perlahan akan membuat petani beralih ke cara yang lebih praktis terutama yang memiliki lahan pertanian luas dimana untuk melakukan kegiatan pertanian tersebut dibutuhkan waktu berhari-hari.

Kecepatan dan efektivitas dari drone inilah yang di lirik petani untuk diaplikasikan ke dalam lahan pertanian.  Drone ini tidak hanya bisa menyemprot pestisida saja namun juga menjadi drone cerdas yang mana bisa cepat melakukan identifikasi segala macam residu yang ditimbulkan. Drone juga akan mengurangi tenaga kerja sehingga lebih hemat dalam segi biaya.  Anda yang memiliki drone dan memiliki keahlian untuk mengoperasionalkan drone ini bisa menjadi investasi yang menguntungkan dalam jangka panjang, alasannya adalah ke depannya akan semakin banyak petani atau masyarakat yang tertarik untuk memanfaatkan teknologi drone ini.

Yang Diperlukan Bisnis Drone

Selain peluang usaha bisnis drone untuk kegiatan pertanian yang terbuka dengan lebar Anda juga akan diuntungkan dengan jumlah kompetitor yang masih sedikit. Memang saat ini sudah banyak pemerintah yang menggunakan drone untuk pemetaan namun masih sedikit masyarakat sipil yang memiliki drone dan masih sedikit yang memiliki kemampuan untuk mengoperasionalkannya. Anda yang ingin menggeluti bisnis drone untuk kegiatan pertanian ini sebaiknya memiliki pengetahuan tentang pertanian dengan baik sehingga nantinya tidak terjadi miss komunikasi yang mengakibatkan kesalahpahaman dengan petani yang bersangkutan.

Anda juga harus bisa mengoperasionalkan drone dengan baik dan benar. Untuk modal peralatan yang harus Anda siapkan adalah pesawat drone itu sendiri. Untuk pembelian pesawat drone ini Anda bisa merogoh kocek mulai dari 1,1 juta sampai dengan 12 juta rupiah, pilih pesawat drone sesuai dengan kebutuhan Anda.

Hambatan

Tidak hanya peluang usaha bisnis drone untuk kegiatan pertanian saja yang harus Anda perhatikan namun hambatannya pun juga harus Anda perhatikan. Pemerintah memiliki aturan untuk drone ini sehingga agar Anda tidak menyalahi aturan yang telah dibuat penting bagi Anda untuk mengetahui aturan tersebut. Menurut peraturan Kementerian Perhubungan nomor 90 tahun 2015 menyatakan bahwa drone tidak boleh terbang pada ketinggian lebih dari 50 meter hal itu dikarenakan takut mengganggu sinyal pesawat yang mana mengakibatkan kecelakaan dan gangguan teknis yang tidak diinginkan. Tidak hanya itu saja hambatan dalam menggeluti bisnis drone ini adalah menara provider dan bangunan tinggi bisa mengganggu jarak terbang dari drone itu sendiri seperti kehilangan sinyal atau menabrak gedung tersebut sehingga sebisa mungkin hal ini harus Anda hindari.

Estimasi Pendapatan

Peluang usaha bisnis drone untuk kegiatan pertanian yang terbuka dengan lebar akan bisa memberikan keuntungan yang besar. Hanya dengan modal pesawat drone dan keahlian dalam mengendalikan drone Anda akan bisa mendapatkan penghasilan yang besar. Analisa keuntungan usaha atau penghasilan yang bisa didapatkan adalah dengan menghitung jam operasional dan penyewaan drone tersebut. Misalnya mematok tarif 1 juta rupiah per jam maka Anda bisa hitung berapa lama jasa Anda akan disewa. Karena hitungannya per jam tentu semakin lama operasional dan penyewaannya maka semakin menguntungkan hal tersebut bagi Anda.

Untuk mematok tarif drone ini Anda bisa menyesuaikannya dengan jenis drone yang Anda miliki, semakin bagus foto dan gambar tentu tarifnya akan semakin mahal. Tarif tersebut akan bertambah jika pesawat drone Anda bisa melakukan fungsi tertentu seperti penyiraman pestisida, penyiraman air yang lebih menyeluruh, dan masih banyak lagi lainnya.

Teknologi drone saat ini banyak diaplikasikan dalam berbagai sektor. Di Indonesia sendiri drone baru digunakan untuk pengambilan gambar atau foto dan video saja, sedangkan di Korea dan Jepang teknologi drone sudah banyak di aplikasikan ke pertanian. Berkaca pada kedua egara tersebut, Anda bisa menciptakan peluang usaha bisnis drone untuk kegiatan pertanian karena prospeknya sangat bagus mengingat Indonesia adalah negara agraris yang mana sebagian besar penduduk pencahariannya di bidang pertanian.

Peluang Usaha Bisnis Drone untuk Kegiatan Pertanian yang Menjanjikan | Malik | 4.5
error: Content is protected !!