Kumpulan Quotes Bisnis Islami yang Inspiratif

Kumpulan quotes bisnis islami bisa memicu semangat seseorang untuk berbisnis. Terlebih lagi bagi umat muslim yang ingin menggeluti bisnis harus disesuaikan dengan konsep Islam. Islam adalah agama yang sempurna dan mengatur semua aspek kehidupan manusia terlebih lagi dalam hal perdagangan dan bisnis. Hal tersebut sudah diriwayatkan oleh Hadis Ibrahim Al-Harbi yang mengatakan bahwa “Sembilan dari sepuluh pintu rezeki ada dalam perdagangan.”

Di dalam Islam hal yang berhubungan dengan ekonomi disebut dengan muamalah. Dan dalam beberapa diantaranya menyebutnya dengan ekonomi syariah yang berdasarkan dengan ajaran agama Islam.

Quotes Bisnis Islami

Bisnis Islami

Bisnis Islami

Melakukan sistem dengan basis syariah menjadi salah satu bagian dari perdagangan dan sudah lama bisnis ini dijalani oleh umat Islam, bahkan Rasulullah sendiri sudah berbisnis sejak usianya masih belia. Untuk bisa membuat Anda semangat dalam menjalani bisnis, simak beberapa kumpulan quotes bisnis islami yang inspiratif sekali berikut ini:

  1. Usaha dan hasilnya

Quotes yang pertama membahas tentang usaha dan hasil. Quotes tersebut berbunyi,” Berusahalah dua atau tiga kali lebih banyak dari orang lain kebanyakan. Sebab hal yang pasti adalah usaha tidak akan pernah menghianati hasil.”

Allah menyuruh hamba-NYA untuk terus berusaha karena usaha tidak akan pernah menghianati hasil. Orang yang berusaha keras disertai dengan berdoa yang sungguh-sungguh akan membuat hasilnya akan lebih memuaskan dibandingkan dengan yang berusaha setengah-setengah.

  1. Berani mencoba

Salah satu kumpulan quotes bisnis islami yang bisa Anda jadikan sebagai motivasi selanjutnya adalah berani mencoba. “Engkau harus berani berbisnis online sekarang juga. Jika engkau tidak mencobanya itu tandanya engkau telah gagal total. Mencoba dan gagal lebih baik dibandingkan tidak pernah mencoba sama sekali. Itu sama saja engkau telah gagal total dalam berikhtiar mencari rezeki dari Allah.”

  1. Jangan takut gagal

Salah satu hal yang ditakutkan oleh pebisnis adalah kegagalan padahal yang namanya kegagalan bukan untuk ditakuti karena dengan kegagalan akan bisa membuat bisnis Anda menjadi lebih baik lagi. Berikut bunyi quote bisnis islami tentang kegagalan,” Janganlah takut dalam menghadapi kegagalan saat sudah memulai suatu bisnis, karena kegagalan ini menjadi pembelajaran alami untuk bisa membuat bisnis lebih baik. Kegagalan ini menjadi pembelajaran untuk bisa memperbaiki usaha mu di kemudian hari dan Allah menyukai hamba-hamba-NYA yang berusaha.”

Baca juga : Kumpulan Quotes Susi Puji Astuti Tentang Kesuksesan

  1. Keseimbangan dunia dan akhirat

”Sangat disayangkan sekali jika masih ada orang yang hanya mengejar dunia sehingga melupakan akhirat. Jadilah pebisnis yang bisa menyeimbangkan urusan dunia dan akhirat karena keduanya sangat dekat.”

Dari quote tersebut diambil kesimpulan bahwa selama ini banyak pebisnis yang hanya fokus untuk mengembangkan bisnisnya di dunia tanpa memikirkan akhirat padahal kehidupan akhirat  kekal. Ada yang terlalu sibuk mengejar materi-materi dan terbuai dengan gemerlapnya kehidupan di dunia hingga melupakan kewajiban-kewajiban yang nantinya akan membantunya dalam menjalani kehidupan di akhirat kelak.

  1. Harta dibawa mati

“Carilah harta di dunia karena sebenarnya harta itu akan dibawa mati”

Jika selama ini ada yang menganggap harta tidak dibawa mati maka anggapan tersebut salah justru harta akan dibawa mati. Memang saat mati harta tidak akan dikuburkan bersama jasad namun dengan harta yang banyak dan melimpah bisa melakukan amal-amal saleh seperti sedekah, membangun masjid, dan melakukan beberapa hal-hal baik lainnya. Amalan-amalan yang lakukan di dunia tersebut akan terus menemani di akhirat. Kita bisa mencontoh sahabat Nabi yang sangat kaya raya yaitu Umar bin Khattab yang mana dengan kekayaan yang dimilikinya dia terus membantu umat muslim dalam berdakwah sehingga hal ini akan mendatangkan pahala-pahala yang tidak akan pernah putus untuknya.

  1. Bekerja untuk dunia dan beribadah untuk akhirat

“Bekerjalah untuk dunia mu seakan-akan kau akan hidup selamanya, dan beribadahlah untuk akhirat mu seakan-akan engkau mati esok hari.”

Anda diperbolehkan untuk mengejar dunia seakan-akan Anda akan hidup di dunia ini selama-lamanya. Bekerja juga adalah sebuah ibadah yang mendatangkan pahala jika dilakukan dengan tulus ikhlas. Tidak hanya itu saja quote tersebut juga dilanjutkan dengan kalimat dan beribadahlah seakan-akan engkau mati esok hari. Boleh saja engkau mengejar dunia namun yang harus Anda ketahui adalah imbangi dengan ibadah yang bagus karena tidak ada yang tahu kapan kematian akan datang. Terlalu sibuk mengejar dunia dan melupakan kematian adalah hal yang fatal dan tidak boleh dilakukan oleh pebisnis.

Baca juga : Kumpulan Quotes Bob Sadino Tentang Bisnis yang Inspiratif

  1. Berusaha lah karena Allah

Kumpulan quotes bisnis islami yang bisa Anda jadikan motivasi selanjutnya adalah,” Berbisnislah karena Allah, berikhtiar dan berdoalah semaksimal mungkin, kemudian hasilnya serahkan kepada Allah.”

Sekuat dan sebagus apapun manusia berusaha, tanpa campur tangan Allah usaha tidak akan bisa berjalan dengan maksimal. Oleh sebab itu pebisnis harus meniatkan bisnis karena Allah. Yang dimaksud di sini adalah berbisnis dengan mencari keridhoan Allah, jika Allah sudah ridho semuanya akan mudah. Allah akan ridho dengan pebisnis yang menjalankan bisnisnya sesuai dengan asas islam, sesuai dengan yang di contohkan oleh Rasulullah, bisnis tersebut harus diiringi dengan usaha dan doa yang maksimal, jika semuanya sudah maksimal maka serahkan hasilnya kepada Allah.

Beberapa kumpulan quotes bisnis islami tersebut akan membuat Anda semakin semangat dalam berbisnis sesuai dengan ajaran Islam, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Kumpulan Quotes Bisnis Islami yang Inspiratif | Malik | 4.5
error: Content is protected !!