Peluang Bisnis Farmasi dan Analisis Modalnya 2019

Peluang bisnis farmasi – Jika jeli saat ini banyak sekali peluang bisnis yang bisa digeluti seperti bisnis online, bisnis kuliner, jasa, dan lain sebagainya. Salah satu bisnis yang potensial dan menggiurkan namun jarang terlintas di benak masyarakat adalah farmasi. Di saat cuaca sedang tidak menentu seperti saat ini berbagai macam penyakit  bisa muncul kapan saja, sehingga sehat adalah nikmat yang tidak terkira nilainya. Untuk yang sakit, agar bisa mengembalikan kesehatan dan performanya dibutuhkan vitamin, suplemen, dan berbagai macam obat lainnya yang mana bisa membuat kondisinya lekas membaik. Di sinilah usaha farmasi dibutuhkan.

Usaha farmasi sendiri merupakan jenis usaha yang mana ruang lingkupnya berhubungan dengan obat-obatan untuk kesehatan manusia. Usaha ini sangat menjanjikan karena dari sekian juta manusia pasti pernah merasakan kurang sehat atau kata lainnya sakit mulai dari sakit ringan sampai dengan sakit yang kronis. Saat sakit banyak yang kemudian memeriksakan diri ke dokter, bidan, atau Puskesmas. Setelah itu untuk mendapatkan obatnya harus ke bagian farmasi dengan membawa resep dokter. Bukan berarti dengan banyak orang sakit usaha ini akan laku keras, namun anggap saja setiap penyakit pasti ada obatnya dan obat tersebut menjadi perantara untuk menuju kesembuhan.

Waralaba atau Buka Sendiri?

Setelah mengetahui peluang bisnis farmasi potensial, banyak yang kemudian yang bertanya sebaiknya membuka apotek sendiri atau join waralaba. Memang apotek waralaba menawarkan kepraktisan hanya dengan mengeluarkan modal untuk membeli lisensi Anda sudah bisa menjalakan bisnis farmasi dengan brand yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas. Meski begitu ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan bahwa dana untuk membeli lisensi dari apotek tersebut tidak sedikit. Semakin terkenal dan terkemuka brand tersebut maka biaya pembelian lisensinya semakin tinggi.

Waralaba apotek

Waralaba apotek

Yang kedua adalah kreativitas anda harus sedikit terkekang dengan membeli lisensi dari waralaba tersebut karena semua sistem sudah ditentukan oleh pemilik bisnis waralaba, ditambah lagi ada aturan yang kemudian mengikat Anda. Anda juga akan mendapatkan benefit tersendiri dimana Anda tidak perlu membesarkan usaha Anda dari nol.

Modal Bisnis Farmasi

Ada baiknya jika tidak hanya membicarakan peluang bisnis farmasi saja, namun Anda juga mengetahui berapa modal yang harus dikeluarkan untuk menggeluti bisnis ini. Anggap saja Anda mendirikan bisnis farmasi pribadi tidak mengikuti waralaba maka modal yang harus Anda keluarkan seperti berikut ini:

No Nama Harga
1 Biaya Perizinan Rp2,000,000
2 Etalase Rp750,000
3 Lemari Rp500,000
4 Kursi dan meja Rp500,000
5 Modal awal beli obat Rp15,000,000
6 Cetak spanduk Rp100,000
7 Promosi Rp200,000
8 Brand sign Rp1,500,000
9 Buku, timbangan, pemadam kebakaran Rp3,000,000
10 Biaya air Rp100,000
11 Biaya listrik Rp200,000
TOTAL Rp23,850,000

Bisnis yang Anda dirikan harus memiliki perizinan, jika tidak bisnis Anda dianggap ilegal. Terlebih lagi Anda berhubungan dengan penjualan obat-obatan. Jika tidak memiliki izin resmi dikhawatirkan akan diterpa isu-isu yang tidak menyenangkan ke depannya. Selain itu untuk biaya pembelian obat mahal karena obat ini banyak jenisnya. Semakin lengkap obat yang Anda miliki maka semakin bagus. Untuk operasional apotek ada baiknya Anda menangani sendiri barulah jika sudah berkembang menjadi lebih besar Anda bisa mempekerjakan karyawan.

Estimasi Pendapatan

Peluang bisnis farmasi ini menggiurkan tidak hanya karena banyak dibutuhkan namun usaha ini juga mendatangkan pendapatan yang lumayan. Banyak pebisnis farmasi yang mengatakan bahwa laba kotor yang dimilikinya berkisar antara 20% sampai dengan 25% dari modal awal. Laba kotor tersebut akan dibagi yaitu 10% untuk operasional dan 10% nya untuk netto atau keuntungan bersih.

Hal yang Harus Diperhatikan

Bagi yang ingin membuka bisnis farmasi ini ada baiiknya jika Anda memperhatikan beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Hal pertama adalah Anda harus memiliki pengetahuan tentang farmasi, Anda bisa sharing bersama dengan teman yang paham tentang farmasi ini kemudian ajaklah bekerja sama. Selain itu Anda juga harus tahu bagaimana peluang pasar. Dengan memahami peluang pasar Anda akan tahu siapa yang menjadi target pasar Anda dan juga siapa yang akan menjadi kompetitor Anda. Untuk lokasinya pilihlah yang strategis. Alasannya adalah penjualan obat akan cepat jika lokasi yang Anda pilih tersebut strategis dan mudah dijangkau oleh calon konsumen Anda.

Peluang bisnis farmasi

Peluang bisnis farmasi

Pertimbangan selanjutnya siapkanlah modal yang cukup. Apotek ini membutuhkan modal yang besar mulai dari puluhan juta rupiah bahkan sampai ratusan juta rupiah. Kekurangan modal hanya akan membuat bisnis farmasi yang dijalankan tidak seperti yang diharapkan.  Selain itu bekerja sama dengan berbagai pihak mulai dari dokter umum, bidan, sampai dengan apoteker karena dengan jasa mereka bisnis Anda akan mudah berkembang.

Menggeluti bisnis apotek ini memang tidak sama seperti dengan bisnis yang lainnya sehingga Anda harus benar-benar tahu langkah apa saja yang harus Anda lakukan untuk menggeluti bisnis ini. Meski peluang bisnis farmasi masih menggiurkan dan terbuka dengan lebar, bisnis ini juga memiliki hambatan seperti protes konsumen yang tidak bisa membeli obat tanpa resep dokter dan juga isu obat palsu, sehingga Anda harus siap menghadapi itu semua.

Peluang Bisnis Farmasi dan Analisis Modalnya 2019 | Malik | 4.5
error: Content is protected !!