Panduan Bagaimana Cara Budidaya Ikan Konsumsi

Bagaimana Cara Budidaya Ikan Konsumsi – Banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara budidaya ikan konsumsi yang tepat? Sebetulnya metode untuk melakukannya tidaklah susah. Sebelum membahas lebih jauh, mari kita menelusuri terlebih dahulu, kenapa melakukan budidaya terhadap ikan adalah pilihan yang tepat. Jawabannya adalah karena ikan merupakan salah satu jenis mahluk hidup yang ekonomis biaya pembudidayaanya.

Pilihan ikan itu sendiri ada tiga macam, yaitu ikan laut, ikan air payau dan ikan air. Ikan laut memiliki siklus hidup yang lebih panjang, serta untuk mendapatkannya hanya dengan memancing atau menjaringnya saja. Sementara, ikan tawar biasanya mudah ditemukan di sungai, empang atau tempat pemancingan. Harganya juga relatif terjangkau dan sangat mudah ditemukan.

Cara Budidaya Ikan Konsumsi

Cara Budidaya Ikan Konsumsi

Ikan konsumsi juga kaya akan nutrisi seperti Protein, Lemak, DHA, Omega 3, Fosfor, Kalsium dan lain sebagainya. Sehingga manfaat yang bisa diperoleh bagi tubuh pun juga akan banyak. Disamping itu, metode bagaimana cara budidaya ikan konsumsi ini juga lebih mudah dibandingkan dengan ikan hias. Seperti apa caranya? Simak selengkapnya berikut ini.

Lakukan Obeservasi Terlebih Dahulu

Cara Budidaya Ikan Konsumsi

Cara Budidaya Ikan Konsumsi

Tahap awal yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan observasi terhadap tempat yang nantinya akan dijadikan sebagai lokasi budidaya pembesar ikan konsumsi tersebut. Poin-poin penting yang harus diperhatikan antara lain:

  • Pilihlah lokasi yang strategis, yaitu yang dekat dengan sumber air serta mudah dijangkau.
  • Jangan memilih lokasi yang dekat dengan daerah industri, serta pastikan bahwa lokasi tersebut bebas dari limbah dan bahan kimia lainnya.
  • Pastikan untuk membersihkan lokasi pilihan supaya proses budidaya bisa dilakukan dengan baik dan suasana di sekitarnya sedap dipandang.
  • Anda juga harus memastikan bahwa lahan yang dipakai tersebut memiliki kandungan tanah liat yang lebih banyak ketimbang kandungan pasirnya.
  • Yang terakhir, siapkan beberapa alat dan bahan yang nantinya akan anda gunakan untuk media budidaya tersebut.

Buatlah Media Untuk Budidaya

Kolam terpal ikan konsumsi

Tahap selanjutnya dalam bagaimana cara budidaya ikan konsumsi adalah mempersiapkan media untuk budidaya tersebut. Ada beberapa opsi yang bisa dipilih antara lain menggunakan kolam terpal, tong bekas, akuarium, kolam tanah, empang dan sejenisnya. Metode pembuatan media untuk budidaya adalah sebagai berikut:

  • Anda bisa memilih ikan yang mudah dibudidayakan, antara lain ikan gurami, ikan lele, ikan mujair dan ikan nila.
  • Lakukan pengeringan terlebih dahulu terhadap lahan yang akan digunakan hingga mengalami retakan.
  • Setelah kering, gemburkan tanahnya kembali dan lakukan proses pemupukan (bisa dengan menggunakan pupuk kandang atau kompos.
  • Yang terpenting lagi adalah melakukan tes pengukuran terhadap pH tanah yang digunakan. Lakukan pengapuran apabila kondisi pH air masih di bawah standard.
  • Sebisa mungkin hindari air PDAM. Gunakanlah air sumur atau air sungai. Lalu, isi air secara bertahap.

Teknik Pemilihan Benih

Benih ikan konsumsi

Benih ikan konsumsi

Dalam bagaimana cara budidaya ikan konsumsi ini, anda juga harus mampu memilih benih yang tepat untuk digunakan. Selektif dalam memilih benih akan memudahkan anda untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dalam proses budidaya tersebut. Berikut cara yang bisa anda terapkan:

  • Pastikan bahwa benih ikan yang anda pilih tersebut adalah sejenis.
  • Yang tak kalah pentingnya adalah memilih benih yang benar-benar sehat, bebas dari hama dan juga penyakit.
  • Penebaran benih harus dilakukan dengan tepat supaya terhindar dari stress.
  • Jangan terlalu banyak menaburkan benih dalam satu wadah supaya memastikan bahwa benih tersebut bisa tumbuh secara efektif dan cepat.

Lakukan Pemberian Pakan Secara Tepat

Yang terakhir dan tak kalah pentingnya adalah melakukan pemberian pakan secara tepat. Anda juga harus memastikan bahwa pakan yang diberikan tersebut mengandung kadar protein yang tinggi. Anda juga bisa mempertimbangkan pemberian pakan khusus untuk ikan konsumsi tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Anda bisa memilih pemberian makan dengan pola ekstensif maupun semi-insentif. Pola ekstensif yaitu pemberian pakan yang khusus digunakan untuk ikan konsumsi. Sementara semi-intensif adalah pemberian makan dengan cara alami yang terdapat dalam kolam.
  • Jika anda memilih memberikan pakan secara semi-insentif, maka pastikan bahwa anda juga memberikan dedak sebagai nutrisi tambahan bagi ikan terkait.
  • Alternatif lainnya, anda juga bisa melakukan pemberian pakan dengan memberikan pakan buatan yang populer disebut sebagai pelet.

Kini anda sudah tahu tahapan bagaimana cara budidaya ikan konsumsi. Jika anda melakukan semuanya secara tepat, maka hasil yang anda peroleh nantinya pun juga akan memuaskan. Selain itu, anda juga harus sabar, telaten dan gigih dalam melakukan budidaya tersebut. Tentu banyak tantangan-tantangan tak terduga yang akan anda hadapi. Namun, seiring berjalannya waktu dan bertambahnya pengalaman dalam melakukan budidaya, anda akan bisa mengatasi semua rintangan tersebut dengan baik.

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

contoh ikan konsumsi serta cara budidaya -

Panduan Bagaimana Cara Budidaya Ikan Konsumsi | Malik | 4.5
error: Content is protected !!