Otomasi Pertanian Modern Negara Maju: Pengertian dan Keuntungan

Otomasi pertanian modern – Mengembangkan pertanian supaya lebih baik lagi ini sangat penting untuk dilakukan. Pertanian ini menjadi sektor yang vital dalam kehidupan manusia sehingga mulai saat ini ada baiknya manusia memikirkan tentang bagaimana caranya menghasilkan makanan yang cukup untuk bisa menopang pertumbuhan populasi manusia yang semakin besar. Perubahan besar yang berhubungan dengan pertanian ini adalah modernitas dan lingkungan manusia itu sendiri.

Munculnya teknologi pertanian ini membuat pertanian semakin masif bergerak ke arah yang lebih baik. Modernitas ini juga didukung dengan teknologi di era digital yang canggih.  Contoh teknologi canggih baru dalam pertanian ini adalah robotika, drone sampai dengan perangkat lunak berupa computer vision dimana sepenuhnya mampu mengubah pertanian modern.

Pengertian

Teknologi yang canggih tersebut menciptakan otomasi pertanian. Yang menjadi pertanyaan saat ini apa yang dimaksud dengan otomasi pertanian modern tersebut? Otomasi pertanian ini merupakan pertanian cerdas dimana didasarkan pada teknologi yang mana membuat proses pertanian menjadi lebih efisien dan juga mampu membuat siklus produksi tanaman dan ternak ini semakin otomatis. Semakin banyak perusahaan yang mengerjakan inovasi robotika ini yang mengembangkan drone, pemanen robotik, robot pembenihan dan lain sebagainya.

Teknologi yang Digunakan

Tujuan dari otomasi pertanian adalah membuat tugas-tugas pertanian lebih mudah dikerjakan. Berikut ini adalah beberapa teknologi yang digunakan dalam otomasi pertanian modern yang menarik untuk Anda ketahui:

  1. Panen

Teknologi otomasi pertanian yang sering digunakan adalah otomasi panen. Memanen buah dan sayur ini memang terbukti bisa menjadi masalah yang dilakukan secara otomatis. Memanen menggunakan robot ini secara lembut dengan menggunakan produk untuk bisa menghindari kerusakan.

Startup Agrobot ini bisa mengembangkan robot pertama yang mana bisa digunakan untuk memanen stroberi dengan hati-hati. Selain itu robot ini di kontrol menggunakan platform seluler dan bisa melakukan 24 manipulator robotic yang bisa diajak kerjasama untuk memetik buah yang sesuai dengan standar yang tela ditentukan oleh pertanian.

  1. Drone

Teknologi otomasi pertanian modern yang sudah dilakukan di negara maju adalah drone. Drone ini juga sudah diaplikasikan di Indonesia meski belum menyeluruh. Manfaat teknologi otomasi pertanian drone adalah Anda bisa menjadikannya sebagai penyebar pupuk, pestisida dan perawatan lainnya yang dilakukan dari atas.

Kelebihan menggunakan teknologi drone ini lebih cepat dan lebih hemat biaya. Drone mampu melakukan identifikasi area masalah dengan citra analisis inframerah untuk bisa membantu petani melakukan diagnosis masalah sejak dini.

Negara berkembang Amerika ini sedang mengembangkan robot-as-a-service yang mana sepenuhnya adalah otonom dengan drone otonom. Robot ini dilengkapi dengan stasiun pangkalan dan platform analitik yang mana mampu memberikan wawasan kepada penumbuh resolusi, frekuensi dan juga kecepatan yang sebelumnya tidak bisa dilakukan.

  1. Traktor otonom

Selanjutnya adalah traktor otonom. Yang dimaksud dengan traktor otonom ini adalah traktor tersebut bisa berjalan sendiri tanpa dibantu dengan tenaga manusia seperti traktor konvensional yang masih membutuhkan tenaga manusia untuk operasionalnya.

Traktor otonom ini memang masih menggunakan tenaga manusia namun hanya sebagai pengendali dari jarak jauh. Traktor tersebut sudah diprogram untuk bisa memberikan otonomi penuh kepada produsen. Dengan traktor ini petani bisa menghemat biaya untuk tenaga kerja, selain itu meningkatkan efisien di seluruh operasional dan meningkatkan hasil.

Kit untuk otomatisasi traktor ini sedang dikembangkan oleh Bear Flag Robotics dimana hal ini bisa membuat otomatisasi lebih mudah diakses oleh petani.  Petani juga bisa menyesuaikan traktor tanpa pengemudi sesuai dengan kebutuhan mereka.

Keuntungan Otomatisasi Pertanian

Otomasi pertanian modern ini dipercaya mampu mengatasi berbagai macam masalah utama pertanian yang vital. Selain itu otomatisasi pertanian ini juga menawarkan berbagai macam keuntungan seperti berikut ini:

  1. Manfaat untuk konsumen

Dengan teknologi otomasi ini produk bisa mencapai konsumen lebih cepat, lebih segar dan lebih berkelanjutan. Selain itu peningkatan produktivitas dari otomatisasi ini bisa meningkatkan hasil dan juga laju produksi pertanian sehingga biaya bagi konsumen ini bisa berkurang.

  1. Jejak lingkungan berkurang

Praktik otomasi pertanian ini bisa membuat pertanian ini lebih menguntungkan karena mampu membuat jejak ekologis berkurang. Perangkat lunak aplikasi khusus lokasi ini bisa mengurangi jumlah pestisida dan juga pupuk yang digunakan. Dengan tindakan ini emisi gas rumah kaca bisa dikurangi.

  1. Tenaga kerja lebih efisien

Bisa dikatakan bahwa biaya terbesar dalam bisnis pertanian ini adalah biaya tenaga kerja. Semakin banyak tenaga kerja yang Anda gunakan maka biaya yang harus Anda keluarkan ini semakin besar. Hal tersebut menjadi kendala petani sehingga banyak yang kemudian beralih ke tanaman yang tidak terlalu padat karya.

Dengan adanya otomasi robot penanam dan pemanen tenaga kerja ini bisa diefisiensikan. Tugas rutin dijalankan secara otomatis dengan teknologi robotika. Petani bisa mempekerjakan tenaga yang memang benar-benar dibutuhkan. Sebagai contohnya adalah robot stroberi ini bisa memanen area seluas 25 hektar dalam 3 hari saja dimana hal ini setara dengan 30 tenaga pekerja harian.

Baca juga : Mengenal Metode Stek dan 4 Cara Stek Tanaman Buah Paling Mudah

Tantangan

Meski otomasi pertanian ini sangat menguntungkan namun bukan berarti tidak ada tantangannya.  Tantangan terbesarnya adalah biaya adopsi yang tinggi terutama jika diaplikasikan di negara berkembang seperti Indonesia.

Robot otomasi tanam ini harus membawa air atau pestisida dengan bobot yang signifikan tidak hanya itu saja perangkat keras harus dibangun dengan cara berbeda dan menghasilkan biaya yang lebih tinggi untuk membuat kapasitasnya lebih besar.

Untuk menerapkan teknologi otomasi ini petani harus memanfaatkan otomatisasi pertanian menyeluruh. Maksudnya adalah petani menggabungkan ilmu, pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki untuk  mengaplikasikan teknologi pertanian ini.

Otomasi pertanian modern akan mampu mengubah wujud pertanian menjadi lebih canggih, lebih cepat dan juga sistematis, hal ini bisa menjadi jalan untuk pertanian berkelanjutan yang lebih efisien dan produktif.

Otomasi Pertanian Modern Negara Maju: Pengertian dan Keuntungan | Malik | 4.5
error: Content is protected !!