Mengintip Peluang Usaha Cuci Mobil dan Keuntungannya

Peluang usaha cuci mobil – Pertumbuhan masyarakat yang semakin pesat membuat keinginan untuk memiliki mobil semakin meningkat. Selain lebih aman untuk berkendara, memiliki mobil dipercaya lebih aman dibandingkan dengan kendaraan lainnya terutama bagi keluarga besar. Karena hal inilah tidak mengherankan jika kepemilikan mobil semakin meningkat setiap tahunnya. Kepemilikan mobil yang meningkat menyebabkan berbagai macam peluang usaha muncul. Selain bengkel mobil, peluang usaha cuci mobil juga menggiurkan untuk digeluti.

Usaha Cuci Mobil Masih Terbuka dengan Lebar

usaha cuci mobil

Usaha cuci mobil

Ada berbagai macam alasan mengapa usaha cuci mobil ini sangat menarik digeluti. Alasan yang pertama adalah kepemilikan mobil yang meningkat membuat cuci mobil selalu dibutuhkan. Usaha yang paling potensial digeluti adalah yang tidak pernah sepi peminat atau sepi pembeli karena akan menghasilkan daya jual jasa yang tinggi. Alasan selanjutnya mengapa peluang usaha cuci mobil ini sangat menggiurkan adalah kesibukan. Saat ini banyak orang yang sibuk menghabiskan waktunya untuk bekerja di kantor sehingga sudah tidak memiliki tenaga untuk mencuci mobil sendiri. Kepraktisan juga sering banyak dicari oleh pemilik mobil sehingga banyak yang menyerahkan pencucian mobilnya ke tempat pencucian.

Alasan terakhir mengapa peluang usaha cuci mobil ini sangat menggiurkan untuk digeluti adalah banyak pemilik mobil yang menginginkan tampilan mobilnya tetap indah dan kinclong tidak banyak debu yang menempel. Agar mendapatkan hasil maksimal banyak yang kemudian mempercayakannya kepada tempat cuci mobil terbaik.

Modal Mendirikan Usaha Cuci Mobil

Tidak hanya peluang usaha cuci mobil saja yang wajib untuk Anda perhatikan namun modal untuk mendirikan usaha cuci mobil ini pun juga wajib diperhatikan. Modal untuk mendirikan usaha cuci mobil ini kurang lebih 10 jutaan dimana dengan modal ini Anda harus membeli peralatan yang dibutuhkan seperti tangki snow wash atau tangki salju, kemudian shampoo wax untuk campuran saljunya, kompresor angin yang mana fungsinya untuk pengering mobil, dan yang terakhir adalah alat penyemprot dan juga pembersih mobil seperti selang, lap chamois, microfiber, dan lain-lain.

Biaya Operasional

Yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah biaya operasional. Biaya operasional adalah biaya yang pasti dikeluarkan setiap bulannya.  Biaya yang harus Anda keluarkan setiap bulan kurang lebih 3 juta rupiah dimana biaya tersebut untuk sewa tempat, listrik dan air, bensin, dan juga untuk gaji karyawan.

Analisa Keuntungan

analisa keuntungan usaha dari cuci mobil sangat menarik untuk disimak. Dimana untuk bisa mendapatkan penghasilan yang besar jumlah mobil yang Anda cuci juga harus banyak. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi Anda. Anda harus tahu bagaimana caranya agar usaha cuci mobil yang dijalankan menarik banyak konsumen. Misalnya dalam sehari Anda bisa mencuci 20 mobil dengan biaya 25 ribu, dalam sehari Anda bisa mendapatkan penghasilan 500 ribu rupiah. Dalam sebulan Anda akan mendapatkan penghasilan 15 juta rupiah. Dengan pendapatan yang cukup besar tersebut Anda akan bisa menutup biaya operasional dan juga bisa menyisihkan sedikit laba untuk mengembalikan modal awal.

Tips Menjalankan Usaha Cuci Mobil yang Baik dan Benar

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan supaya bisnis usaha cuci mobil yang Anda geluti tersebut bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa semakin banyak mobil yang datang ke tempat Anda maka semakin besar kentungan yang bisa didapatkan. Berikut ini adalah tips menjalankan bisnis usaha cuci mobil yang harus Anda perhatikan:

  1. Lokasi usaha

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah memilih lokasi usaha. Yang harus Anda ketahui adalah lokasi ini sangat menentukan bagaimana operasional bisnis Anda ke depannya. Agar bisnis Anda berjalan dengan lancar pilihlah lokasi yang benar-benar strategis di pinggir jalan yang mudah dijangkau oleh kendaraan roda empat. Selain itu saat akan memilih lokasi tempat usaha untuk disewa penting bagi Anda untuk mengetahui seperti apa kondisi air di lokasi tersebut karena hampir semua operasional harus menggunakan air yang cukup.

  1. Strategi promosi

Bisnis yang paling penting adalah strategi promosi. Tanpa promosi yang tepat bisnis tidak akan bisa mendapatkan penghasilan yang sesuai harapan. Untuk promosi yang tepat Anda bisa membuat program-program menarik seperti pemberian bonus kepada konsumen yang sering mencucikan mobilnya ke tempat Anda. Anda juga bisa menjamin kenyamanan konsumen dengan menyediakan ruang tunggu yang nyaman dan juga menyediakan berbagai macam minuman menyegarkan yang bisa dipilih konsumen mengingat pencucian mobil ini prosesnya cukup lama. Anda juga harus memasang banner atau baliho di depan usaha cucian motor agar banyak konsumen tahu bahwa Anda membuka usaha cuci motor.

  1. Pelayanan prima

Yang terakhir adalah berikanlah pelayanan prima yang akan memuaskan konsumen. Di tengah persaingan usaha yang ketat ini sudah seharusnya mengedepankan pelayanan yang memuaskan karena kekecewaan sedikit saja akan membuat konsumen kabur dan tidak akan kembali lagi ke bisnis Anda.

Demikianlah informasi tentang peluang usaha cuci mobil beserta analisa keuntungannya yang menarik disimak, semoga informasi ini bermanfaat.

Mengintip Peluang Usaha Cuci Mobil dan Keuntungannya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!