5 Model Bisnis yang Tidak Menyita Waktu Cocok untuk Karyawan

Model bisnis yang tidak menyita waktu – Banyak yang enggan berbisnis karena menyita waktu dimana dia harus mencurahkan seluruh waktu dan perhatiannya di bisnis tersebut. Salah satu yang enggan untuk menggeluti bisnis adalah barisan karyawan. Karyawan yang selama ini merasa waktunya telah habis di kantor akan merasa sangat kepayahan jika harus dituntut untuk memperhatikan bisnis. Selain itu banyak yang enggan untuk meninggalkan pekerjaan kantornya karena gaji yang diterima sudah pasti tidak seperti bisnis tersebut yang naik turun. Oleh sebab itu masih sangat sedikit sekali karyawan yang menggeluti bisnis ini.

Jika jeli dalam menganalisa peluang ada banyak sekali model bisnis yang tidak menyita waktu sehingga Anda sebagai karyawan bisa menjalankan bisnis tersebut tanpa harus meninggalkan pekerjaan kantor. Beberapa model bisnis yang bisa Anda geluti seperti berikut ini:

Freelance

Freelance

Model pertama adalah freelance. Sesuai dengan namanya freelance ini tidak ada ikatan waktu, Anda bisa menjalankan bisnis setelah menyelesaikan pekerjaan kantor. Yang harus Anda ketahui adalah lingkup bisnis freelance ini sangat luas sekali sehingga bisa memilih bisnis yang sesuai dengan keahlian dan keinginan Anda. Biasanya untuk bisnis freelance yang tidak menyita waktu ini berhubungan dengan jasa. Jasa yang bisa diberikan beragam contohnya adalah penulisan artikel, jasa pembuatan logo maupun desain grafis, jasa fotografi, jasa videographer atau video shooting, editor, penerjemah, dan masih banyak lagi lainnya. Anda hanya perlu mengikuti tren pasar agar bisnis Anda tersebut bisa berjalan dengan maksimal.

Dropship

Model bisnis yang tidak menyita waktu selanjutnya adalah dropship. Model bisnis ini banyak dilakukan oleh para anak muda milenial karena dianggap praktis dan tidak menyita banyak waktu. Anda sebagai karyawan pun bisa menggeluti bisnis ini karena sangat praktis. Dropship  merupakan model bisnis yang mana Anda menjual produk dari supplier namun alamat dan pengirimnya menggunakan toko Anda.

Dropship

Dropship

Mengapa bisnis ini sangat mudah dijalankan? Hal itu dikarenakan pengiriman dan pengemasan paket akan dilakukan oleh pihak supplier dimana mereka sudah memiliki karyawan sendiri untuk melakukan packing tersebut. Anda tinggal menerima jadinya saja. Meski terlihat mudah, Anda harus selektif dikarenakan tidak semua supplier bertanggung jawab dan kredibel. Pastikan pula jika produk yang dijualnya berkualitas dan real picture sehingga tidak membuat konsumen kecewa.

Transaksi Pulsa

Model bisnis yang tidak menyita waktu

Selanjutnya ada transaksi pulsa. Anda tetap akan bisa mendapatkan orderan meski sedang berada di kantor, selain itu model bisnis ini tidak terlalu menyita waktu karena Anda hanya membutuhkan waktu maksimal 3 menit untuk menyelesaikan transaksi pulsa tersebut. Yang harus Anda lakukan untuk bisa menggeluti bisnis ini dengan lancar adalah menggunakan aplikasi tidak dengan cara manual dimana harus mengetikkan dan memasukkan kode tertentu. Dengan aplikasi ini Anda hanya tinggal memasukkan nomor tujuan dan nominal pulsa yang ingin diisi. Jika sudah berjalan dengan lancar Anda bisa membuka kios pengisian pulsa dan pembayaran tagihan lainnya dengan mempekerjakan karyawan untuk menangani transaksi tersebut.

Franchise atau Waralaba

Model bisnis yang tidak menyita waktu selanjutnya yang bisa Anda geluti adalah bisnis franchise atau waralaba. Franchise atau waralaba yang bisa Anda pilih saat ini sangat banyak sehingga hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan dan juga budget Anda. Memang untuk bisnis ini Anda tidak bisa melepasnya secara langsung karena harus stand by minimal 8 jam per hari. Anda bisa mempekerjakan karyawan untuk bisa menjalankan bisnis tersebut.

Yang membuat model bisnis ini tidak banyak menyita waktu adalah untuk semua bahan, peralatan, SOP, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan franchise tersebut sudah diatur oleh pihak yang memberikan franchise, sehingga Anda tinggal mengikuti alurnya saja. Saat operasional bisnis pun pihak pemberi franchise akan memantaunya sehingga hal ini akan sangat membantu Anda sekali dalam menjalankan bisnis.

Keagenan

Model bisnis yang tidak menyita waktu yang terakhir adalah keagenan. Keagenan ini juga memiliki lingkup yang luas. Keagenan pun banyak jenisnya sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan minat Anda. Contoh model bisnis keagenan yang bisa Anda pilih adalah jasa ekspedisi, agen asuransi, property, dan lain sebagainya. Untuk agen asuransi dan property bisa Anda kerjakan sehabis bekerja di kantor. Bisnis ini pun tidak terlalu banyak menyita waktu karena tidak ribet.

Khusus untuk agen jasa ekspedisi juga tidak memakan waktu karena syarat dan tata cara bisnis sudah dijelaskan secara detail saat pendaftaran, Anda hanya mengikuti aturan yang sudah diberlakukan. Selain itu Anda tidak harus diribetkan dengan alat-alat bisnis karena perusahaan yang akan menyediakannya. Untuk agen ekspedisi ini Anda bisa memilih paket keagenan yang sesuai dengan budget Anda. Anda juga harus mempekerjakan karyawan untuk menjalankan operasional bisnis tersebut.

Jika jeli ide dan peluang bisnis tersebut akan terlihat dengan jelas. Tugas Anda hanyalah menganalisa tren dan target pasar kemudian memilih model bisnis yang tidak menyita waktu sesuai dengan keinginan, sehingga meski menjadi karyawan Anda tetap bisa menjalankan bisnis tersebut dengan lancar.

5 Model Bisnis yang Tidak Menyita Waktu Cocok untuk Karyawan | Malik | 4.5
error: Content is protected !!