Mengenal Bisnis Waralaba Alfamart, Syarat serta Keuntungannya

Bagi Anda yang ingin membuka sebuah waralaba dengan sistem keuntungan yang menggiurkan, memilih bisnis waralaba Alfamart mungkin dapat menjadi salah satu pilihan terbaik. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa Alfamart memang menjadi salah satu minimarket yang sangat terkenal di Indonesia. Bahkan kehadirannya semakin menjamur seiring dengan bertambahnya waktu. Tak heran banyak orang yang tertarik untuk menjalankan bisnis waralaba yang satu ini.

Berbicara mengenai waralaba Alfamart, pada kesempatan kali ini akan diulas tentang keuntungan, persyaratan membuka waralaba yang satu ini, serta tipe-tipe kerjasama yang ditawarkan oleh waralaba Alfamart.

Keuntungan Membuka Waralaba Alfamart

Waralaba Alfamart

Waralaba Alfamart

Saat ingin menjalankan sebuah bisnis waralaba, tentu saja Anda harus mengetahui keuntungan dari bisnis tersebut. Hal ini akan berpengaruh terhadap pendapatan yang mungkin Anda peroleh saat menjalakannya. Berikut adalah beberapa keuntungan bisnis waralaba Alfamart yang harus Anda ketahui.

Manajemen yang Telah Teruji

Seperti halnya jenis bisnis waralaba lainnya, Alfamart sendiri telah memiliki sistem manajemen yang telah teruji. Dengan kata lain, segala bentuk manajemen yang mencakup penjualan, distribusi barang, promosi, dan lain sebagainya telah diatur oleh PT Alfamart sendiri. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan para investor serta pemilik toko. Jadi Anda tak perlu lagi bekerja ekstra dalam hal promosi serta mengatur manajemen penjualan dalam menjalankan Alfamart.

Disediakan Karyawan

Untuk penyediaan karyawan, PT Alfamart juga telah menyediakan semua hal itu mulai dari langkah perekrutan karyawan hingga pembagian jod desc. Dengan hal ini, Anda tak perlu lagi membuang waktu dan dana hanya sekedar untuk mencari karyawan yang cocok untuk bisnis waralaba Alfamart yang Anda jalankan.

Stok Barang Terjamin

Mengenai masalah stok barang, PT Alfamart juga telah menyediakan barang-barang yang terjamin. Selain itu, manajemen dalam mengatur stok barang juga telah berjalan dengan baik karena setiap karyawan memiliki tugas untuk mencatat dan membuat data laporan setiap hari. Dengan begitu, maka Anda pun tahu barang apa saja yang out off stock, barang paling laris, hingga barang yang sudah mendekati expired day.

Telah Dikenal Luas oleh Masyarakat

Keunggulan lain dalam menjalankan bisnis waralaba ini adalah brand Alfamart telah dikenal luas oleh masyarakat. Tak hanya di kota saja, bahkan saat ini Alfamart hadir di desa-desa sehingga area pasar pun akan semakin luas.

Dapat Menawarkan Stand untuk Pelapak Lain

Adapun keunggulan yang terakhir adalah Anda dapat menyewakan stand yang terdapat di luar Alfamart untuk pelapak lain. Anda pasti sering menjumpai beberapa bisnis waralaba lain yang juga berjualan di halaman Alfamart mulai dari waralaba sosis, bakso, es krim, dan lain sebagainya. Semua pendapatan dari penyewaan tempat tersebut akan masuk dalam keuntungan Anda.

Persyaratan Membuka Waralaba Alfamart

tips membuka Waralaba Alfamart

tips membuka Waralaba Alfamart

Setelah mengetahui beberapa keuntungan membuka waralaba Alfamart, kini saatnya Anda mengetahui syarat-syarat yang dibutuhkan oleh PT Alfamart. Sebagai sebuah waralaba minimarket yang telah terkenal, tentu saja syarat yang dibutuhkan juga banyak. Berikut adalah persyaratannya:

Memiliki Modal Besar

Sebagai minimarket yang telah terkenal, tentu saja modal yang dibutuhkan untuk mendirikan Alfamart tidaklah sedikit. Setidaknya Anda harus mempersiapkan modal minimal sebesar 300 juta hingga 350 juta. Modal tersebut merupakan jumlah keseluruhan modal yang dibutuhkan. Hal yang perlu Anda ingat, bahwa setiap tahun harga dapat naik.

Memiliki Tempat Mendirikan Usaha

Menurut beberapa sumber, saat ingin menjalankan bisnis waralaba Alfamart, Anda harus mempersiapkan pula tempat dimana akan mendirikan bangunan minimarket Alfamart tersebut. Jadi misalnya tempat yang akan dijadikan sebagai bangunan Alfamart berdiri adalah tanah kosong, maka kepemilikian atas tanah harus atas nama Anda sendiri. Hal ini untuk menghindari apabila suatu saat terjadi konflik tanah jika tanah tersebut bukan milik Anda sendiri. Dengan kata lain, Anda pun tak boleh menggunakan tanah yang dibeli dengan cara kredit dan belum lunas.

Merupakan WNI (Warga Negara Indonesia)

Syarat lain yang harus dipenuhi adalah pendiri waralaba Alfamart merupakan WNI. Ini adalah syarat utama yang harus dipenuhi. Tujuannya agar waralaba ini tak dikuasai oleh WNA (Warga Negara Asing). Melihat prospek ke depannya yang sangat baik, tak heran banyak sekali WNA yang juga tertarik untuk membeli lapak waralaba Alfamart.

Apabila melihat dari pesyaratan yang satu ini, maka dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa Alfamart memang benar-benar ingin menjadikan bisnis waralaba mereka hanya untuk orang Indonesia saja.

Memiliki Badan Usaha

Adapun orang yang mengajukan bisnis waralaba Alfamart adalah mereka yang telah memiliki badan usaha, setidaknya telah berjalan selama 3 tahun. Jadi tidak semua orang yang memiliki uang dapat memiliki waralaba Alfamart, namun hanya mereka yang telah memenuhi persyaratan serta kriteria yang ditetapkan oleh PT Alfamart. Tujuannya adalah agar mereka yang memegang waralaba Alfamart benar-benar telah berpengalaman sehingga waralaba yang dipegangnya ini dapat berkembang dengan pesat.

Mengikuti Persyaratan Perijinan

Maksud dari persyaratan perijinan adalah bahwa pihak yang akan membeli waralaba Alfamart harus memiliki berkas dan surat yang dibutuhkan. Sebelum surat perijinan dalam mendirikan waralaba Alfamart dipegang, maka PT Alfamart biasanya tak akan mengeluarkan surat perijinan dalam mendirikan Alfamart. Hal ini bertujuan agar waralaba Alfamart yang akan didirikan tersebut benar-benar telah legal dan mendapatkan izin dari pemerintah setempat. Selain WNI, ini adalah salah satu syarat mutlak yang harus dipenuhi.

Mengikuti Sistem yang Telah Ada

Dengan menjalankan waralaba Alfamart, maka secara otomatis pembeli juga harus menyetujui semua sistem yang telah diterapkan oleh PT Alfamart. Setiap sistem prosedur, hingga peraturan yang telah ada harus benar-benar dipatuhi. Hal ini dibuktikan dengan penandatanganan kontrak antara PT Alfamart dengan pihak pembeli waralaba ini.

Tipe Kerjasama dengan Waralaba Alfamart

sistem waralaba

sistem waralaba

Sekarang Anda telah mengetahui keuntungan serta persyaratan yang diperlukan untuk menjalankan bisnis waralaba Alfarmat. Kini saatnya Anda mengetahui tipe-tipe kerjasama yang dapat Anda pilih setelah menentukan akan menjalakan waralaba Alfamart.

Kerjasama Gerai Baru

Tipe kerjasama ini memungkinkan Anda untuk membeli tipe gerai waralaba Alfamart yang sesuai dengan luasan lahan tanah Anda. Dalam waralaba Alfamart sendiri, terdapat 2 jenis tipe gerai yakni tipe 45 rak dan tipe 36 rak.

Untuk tipe 36 rak, biasanya diterapkan pada lahan seluas 80m2 dengan harga sekitar 390 juta rupiah. Sedangkan tipe 45 rak diperuntukkan bagi luas lahan minimal sebesar 100m2 dengan harga sekitar 415 juta rupiah. Dengan nilai uang investasi yang sangat besar tersebut, ada beberapa hal yang dapat Anda peroleh seperti:

  • Waralaba fee sebesar 45 juta rupiah selama 5 tahun
  • Instalasi listrik
  • Peratalan air conditioner dan gerai
  • Sistem informasi ritel
  • Perijinan gerai
  • Promosi serta persiapan pembukaan gerai

Kerjasama Gerai Baru – Konversi

Tipe kerjasama ini merupakan sebuah program kerjasama pada semua pemilik minimarket lokal atau toko kelontong yang juga ingin mengembangkan usaha mereka dalam bendera Alfamart. Dengan kata lain, pemilik minimarket lokal atau toko kelontong dapat menggunakan barang dagangan mereka untuk stok pembukaan gerai di Alfamart.

Kerjasama Gerai Take Over

Untuk tipe kerjasama yang satu ini, sangat cocok bagi Anda yang tak ingin khawatir dengan prospek Alfamart ke depannya. Hal ini karena tak sedikit calon pembeli waralaba Alfamart yang masih khawatir apakah toko Alfamart baru yang akan dijalankan akan ramai pengunjung atau tidak.

Dengan jenis kerjasama ini, Anda dapat mengambil alih Alfamart yang telah berjalan dengan baik yang nantinya dapat Anda gunakan. Namun untuk kerjasama yang satu ini, tentu dibutuhkan modal tambahan yang jumlahnya tidak sedikit.

Itu dia beberapa penjelasan tentang bisnis waralaba Alfamart yang menjadi salah satu waralaba minimarket dengan prospek terbaik di Indonesia.

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

Cara pengolahan waralaba alfamart -

Mengenal Bisnis Waralaba Alfamart, Syarat serta Keuntungannya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!