Kiat Memulai Bisnis Sablon yang Tepat dan Menguntungkan

Cara memulai bisnis sablon – Jasa sablon adalah layanan dimana konsumen bisa memesan berbagai jenis barang yang akan bisa di sablon. Baik itu stiker, spanduk, maupun berbagai jenis pakaian. Namun yang harus Anda ketahui adalah jasa sablon yang paling banyak dibutuhkan adalah kaos.  Dengan jasa sablon ini bisa menghasilkan kaos dengan desain yang beraneka ragam yang mana lebih menarik dibandingkan dengan kaos yang biasa. Bahkan kaos sablon ini banyak dibutuhkan mahasiswa yang menginginkan kaos unik dan berbeda dibandingkan dengan biasanya.

Peluang bisnis usaha sablon pun masih sangat terbuka dengan lebar sehingga Anda bisa menjadikan sablon ini sebagai ide bisnis yang potensial.  Bagi Anda yang ingin membuka bisnis sablon ini, simak beberapa cara memulai bisnis sablon yang penting untuk Anda ketahui berikut ini:

Buat Tujuan Bisnis

 Bisnis Sablon

Bisnis Sablon

Cara memulai bisnis sablon pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat tujuan bisnis. Bisnis tanpa tujuan yang jelas tidak akan bisa berjalan sesuai dengan rencana. Misalnya tujuan bisnis Anda adalah menciptakan kaos dengan desain unik menarik dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan kaos maupun berbagai macam produk sablon yang berkualitas.

Tentukan Target Pasar

Bisnis sablon kaos

Bisnis sablon kaos

Cara memulai bisnis sablon yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah tentukan target pasar. Target pasar ini bisa Anda gunakan untuk menciptakan produk yang pas dan sesuai. Tidak hanya itu saja target pasar juga berhubungan dengan cara pemasaran atau strategi yang tepat. Pemasaran yang kurang tepat akan membuat produk Anda kurang laris di pasaran karena Anda tidak bisa menganalisis konsumen dengan baik. Ibaratnya adalah seperti Anda menawarkan permen stick rasa cokelat kepada orang dewasa, tentu mereka akan menolaknya karena produk tersebut tidak sesuai mereka. Berbeda jika Anda menawarkannya dengan permen mint multi manfaat tentu orang dewasa ini akan mau. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa menganalisa target pasar ini penting.

Ciptakan Ide Bisnis yang Bagus

Bisnis sablon berhubungan dengan ide dan juga kreativitas. Oleh sebab itu buatlah produk yang menarik dan se kreatif mungkin. Tuangkan ide-ide Anda ke dalam kaos yang akan dibuat. Selain memikirkan desain, Anda juga bisa memikirkan konsep produknya seperti apa, menggunakan jenis sablon seperti apa, bahan kaosnya bagaimana, dan lain sebagainya. Hal-hal seperti itu sebaiknya ditulis agar lebih mudah dalam pengaplikasian.

Pengetahuan dan Keterampilan

Kemampuan dan juga pengetahuan dalam sablon adalah hal yang penting dan mempengaruhi bisnis Anda. Anda harus memiliki kemampuan dalam menentukan warna, ukuran, jumlah warna, dan juga tingkat kesulitan di dalam menyablon. Semua hal itu akan berpengaruh terhadap besar kecilnya ongkos produksi dan juga berpengaruh terhadap harga yang akan diberikan kepada pelanggan.

Kualitas Sablon

Kualitas sablon

Cara memulai bisnis sablon yang tidak boleh untuk Anda lupakan adalah menjaga kualitas sablon. Sablon yang berkualitas tentu akan banyak dicari konsumen begitu pula sebaliknya. Gunakan print sablon yang bisa memberikan kualitas bagus dan penting bagi Anda untuk menggunakan tinta yang tidak luntur. Banyak konsumen yang mengeluhkan kaos sablon tersebut luntur dan kualitasnya tidak bagus dimana ketika dicuci tulisan atau gambar sablonnya menjadi pecah-pecah. Agar konsumen puas dengan kualitas sablon Anda usahakan agar luntur dan objek yang pecah tidak pernah terjadi ke dalam produk Anda.

Modal

Hal yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah modal. Modal yang Anda butuhkan ini harus diketahui dengan baik karena kekurangan modal saat berbisnis akan membuat bisnis Anda berhenti di tengah jalan. Usaha sablon ini membutuhkan modal awal kurang lebih 10 juta rupiah dimana digunakan untuk membeli komputer, printer untuk sablon digital, screen, afdruk, bohlam, dan lain sebagainya.

Biaya operasional juga penting untuk Anda perhatikan. Untuk usaha sablon ini membutuhkan biaya tinta, biaya listrik, sewa tempat, untuk pembelian bahan  kaos, gaji karyawan, dan lain sebagainya. Anda dalam sebulan mengeluarkan biaya operasional kurang lebih 2 juta rupiah.

Estimasi Keuntungan

Hal yang menarik dibahas adalah estimasi keuntungannya. Setiap bisnis pasti menginginkan untung bukan kerugian. Dengan keuntungan bisnis yang Anda dapatkan tersebut Anda bisa mengetahui seperti apa performa bisnis Anda selama ini. Semakin besar keuntungannya maka performa bisnis Anda semakin maksimal. Untuk melakukan analisa keuntungan usaha sablon Anda bisa dengan menghitung keuntungan per pcs. Untuk kaos dengan bahan dasar putih lebih murah dibandingkan dengan yang hitam.

Jika kaos putih bisa menghasilkan keuntungan 20 ribu rupiah per pcs maka kaos hitam bisa dengan 25 ribu rupiah per pcs. Estimasinya dalam sehari Anda membuat pesanan 6 kaos 4 hitam dan 2 putih maka estimasi keuntungannya dalam sehari adalah 140 ribu, dalam sebulan Anda akan mendapatkan penghasilan bersih 4,2 juta.  Dikurangi biaya operasional maka keuntungan Anda adalah 2,2 juta rupiah per bulannya.

Demikianlah cara memulai bisnis sablon dan estimasi keuntungannya yang menggiurkan, semoga informasi ini bermanfaat.

Kiat Memulai Bisnis Sablon yang Tepat dan Menguntungkan | Malik | 4.5
error: Content is protected !!