Memiliki Beragam Bisnis, Intip 4 Sumber Pendapatan Ashraf Sinclair Semasa Hidupnya

Sumber pendapatan Ashraf Sinclair semasa hidupnya – Kabar mengejutkan datang dari industri hiburan tanah air. Aktor sekaligus suami dari penyanyi Bunga Citra Lestari atau kerap disapa BCL, menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa 18 Februari 2020. Aktor kelahiran London, Inggris 40 tahun yang lalu tersebut meninggal dunia karena mengalami serangan jantung.

Semasa hidupnya, Ashraf Sinclair dikenal sebagai seorang aktor dan pernah membintangi film Saus Kacang serta The Real Pocong. Dalam film Saus Kacang, dirinya disatukan dengan sang istri, Bunga Citra Lestari. Setelah menikah dengan Bunga Citra Lestari pada tanggal 8 November 2008 lalu, Ashraf Sinclair mulai meniti karier di Indonesia.

Ashraf Sinclair

Tak hanya film, ia pun kerap wara-wiri di layar kaca televisi sebagai bintang sinetron. Berbagai sinetron pernah ia bintangi, mulai dari Sekar, Anugerah, Tukang Bubur Naik Haji, hingga Dewi. Sinetron Dewi menjadi sinetron terakhir Ashraf Sinclair karena dibintangi tepat sebulan sebelum kematiannya.

Namun rupanya tak hanya berkiprah di dunia hiburan, Ashraf Sinclair memiliki bisnis lain yang tak banyak diketahui oleh publik. Selain dari penghasilan sebagai aktor, inilah sumber pendapatan Ashraf Sinclair semasa hidupnya.

Bisnis di Dunia Hiburan

Selain dikenal sebagai aktor, suami BCL juga dikenal sebagai seorang pengusaha sukses. Bahkan dirinya membangun bisnis bersama saudara perempuannya Aishah Sinclair, dan juga sahabat lamanya Sazzy Falak. Ashraf Sinclair bersama saudara serta sahabatnya tersebut mendirikan sebuah perusahaan hiburan yang diberi nama SinclairFalak Sdn Bhd.

Investor Perusahaan Startup

Tak hanya pengusaha sukses, Ashraf Sinclair merupakan venture partner 500 startup Southeast Asia atau kerap disebut 500 Durians sejak tahun 2017 silam. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan modal ventura yang berpusat di Silicon Valley, Amerika Serikat untuk wilayah Asia Tenggara. Dirinya bersama dengan 500 Durians mencari 100 startup Indonesia yang memiliki potensi dan layak untuk mendapatkan pendanaan. Bahkan Ashraf terjun langsung untuk menyeleksi startup mana yang benar-benar layak mendapatkan pendanaan. 500 Durians menggelontorkan dana ke beberapa startup di Indonesia dan kini sudah banyak dikenal masyarakat, seperti Kredivo, BukaLapak, Brodo, Kudo, dan Hijup. Total pendanaan yang dikucurkan bagi perusahaan-perusahaan tersebut juga terbilang fantastis, mencapai US$50 juta atau Rp666 miliar.

Bisnis di Dunia Kuliner

Pada tahun 2013 lalu, Ashraf bersama dengan sang istri, Bunga, membuka restoran TGI Friday’s (Thanks Godness It’s Friday’s). Ashraf sekaligus menjadi inisiator hadirnya outlet TGI Friday’s di Indonesia. TGI Friday’s sendiri merupakan jaringan restoran AS yang berfokus pada casual dining. Restoran tersebut dipilih karena dahulu semasa sekolah, Ashraf pernah bekerja sebagai waiter atau pelayan di restoran TGI Friday’s Malaysia. Tak hanya itu, dirinya juga sempat mengelola Pondok Sunda, sebuah rumah makan yang menyajikan makanan khas Sunda, dan juga restoran Korea Bulgogi Brothers.

Bisnis di Dunia Kecantikan

Sumber pendapatan Ashraf Sinclair semasa hidupnya tak hanya itu saja, Ashraf juga sempat merambah bisnis ke dunia kecantikan. Dirinya merupakan investor Althea Korea, sebuah perusahaan asal Korea Selatan yang memproduksi berbagai produk kecantikan. Produk kecantikan yang ditawarkan mulai dari makeup, masker, hingga skin care.

Rupanya, jiwa pebisnis suami Bunga Citra Lestari ini sudah tumbuh sejak dini. Ia pernah bercerita bahwa dulu dirinya sempat berkeinginan untuk berjualan kue saat lebaran. Meskipun niat tersebut tak terlaksana, namun dirinya mengaku sedari dulu memang menyukai dunia bisnis. Bahkan saking cintanya dengan dunia bisnis, ia mengaku lebih memilih berbisnis dibandingkan dengan berakting di depan layar.

Kunci Sukses Ashraf Sinclair Semasa Hidup

Tak hanya bermodal untung-untungan, Ashraf mengaku dalam sebuah proses bisnis terdapat beberapa hal penting yang harus dilakukan, yaitu optimis dan realistis. Ia mengatakan bahwa ibarat gelas setengah penuh, para pelaku bisnis harus yakin bahwa gelas tersebut nantinya pasti akan penuh.

Selain itu, strategi yang ia jalani hingga berhasil meraih kesuksesan adalah dengan menanamkan 3 prinsip yaitu Connect, Clarity, dan Co-Create. Yang dimaksud dengan Connect adalah sesuatu yang dimulai dari diri sendiri. Selalu tanamkan rasa bersyukur dan menanyakan kepada hati kecil mengenai apa tujuan utama Anda berbisnis. Lalu Clarity, mendalami ilmu, mencari mentor dan bertanya tentang segala hal yang menyangkut bisnis dan juga self-development. Terakhir Co-Create atau give back, kemauan untuk membantu usaha orang lain agar orang lain juga dapat memiliki kesempatan yang sama.

Ia menambahkan setiap langkah dan proses yang ia lalui saat mulai berbisnis dan berinvestasi, baik skala kecil maupun besar, semua tak ada yang mudah. Growth sales, makes sales, dan scale up diri agar dapat menjadi pribadi sekaligus pelaku bisnis yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Itulah tadi sumber pendapatan Ashraf Sinclair semasa hidupnya. Tak heran jika dirinya dikenal sebagai pengusaha sukses dan angel investor. Dengan segala pencapaian dan prestasi yang ia raih selama hidupnya, selamanya akan menjadi saksi bisu kesuksesan seorang Ashraf Sinclair yang dapat menginspirasi dan memotivasi semua kalangan.

Memiliki Beragam Bisnis, Intip 4 Sumber Pendapatan Ashraf Sinclair Semasa Hidupnya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!