8 Keuntungan Ternak Kambing vs Ternak Sapi Ini Patut Anda Tahu!

Keuntungan ternak kambing vs ternak sapi – Kambing dan sapi adalah dua hewan yang sering diternakkan oleh masyarakat khususnya pedesaan. Bagi Anda yang tinggal di perkotaan pun bisa saja menggeluti bisnis ini asalkan tahu bagaimana cara beternaknya yang baik dan benar. Syaratnya harus bisa mencari lokasi peternakan karena tidak bisa berada di dalam kompleks perumahan. Tidak hanya itu saja Anda juga harus tahu bagaimana cara penanganan terhadap penyakit, sebab kebanyakan penyakit yang tidak bisa ditangani dengan baik akan mengakibatkan kematian pada sapi maupun kambing tersebut.

Ternak kambing Vs Ternak Sapi

Ternak kambing Vs Ternak Sapi

Ternak kambing Vs Ternak Sapi

Peternakan kambing maupun sapi memiliki keuntungan dan kelemahannya masing-masing, sehingga sebelum menggeluti peternakan tersebut Anda harus tahu hewan apa yang cocok dengan passion dan kondisi Anda. Berikut ini adalah keuntungan ternak kambing vs ternak sapi yang bisa menjadi bahan pertimbangan:

  1. Lahan

Keuntungan ternak kambing vs ternak sapi yang pertama dilihat dari lahannya. Untuk kambing Anda hanya membutuhkan lahan yang sempit, sedangkan sapi membutuhkan lahan yang lebih luas, terutama jika sapi yang akan diternakkan jumlahnya lebih dari satu.

  1. Mudah adaptasi

Keuntungan selanjutnya adalah mudah adaptasi. Baik sapi maupun kambing ini akan mudah adaptasi meskipun berada di lokasi yang baru. Hal ini akan menguntungkan bagi Anda yang berniat untuk ternak sapi atau kambing. Karena kemampuan adaptasinya keduanya jadi anti stress. Meski begitu Anda tidak boleh membuatnya merasa terancam dengan menciptakan kegaduhan di sekitar lingkungan peternakan, mengganggunya, dan mencoba untuk memberinya sesuatu yang berbahaya seperti benda tajam. Hal itu akan membuat kambing atau sapi merasa terancam sehingga menjadi stress. Efek dari stress ini tidak boleh dianggap sepele karena membuat nafsu makan menjadi menurun. Ketika nafsu makan menurun nutrisi yang seharusnya dibutuhkan oleh sapi dan kambing tersebut menjadi tidak tercukupi sehingga sistem imun menjadi lemah, saat itulah berbagai macam penyakit bisa muncul.

  1. Perkembangbiakan

Membicarakan keuntungan ternak kambing vs ternak sapi memang menarik. Meski dianggap sama-sama menguntungkan namun ada perbedaan yang menonjol dari beternak sapi dan kambing ini salah satunya jika dilihat dari segi perkembangbiakan. Untuk kambing memiliki waktu perkembangbiakan yang lebih cepat dibandingkan dengan sapi. Dalam setahun kambing ini bisa melahirkan anak lebih dari 1 ekor jika kesehatannya bagus. Banyak peternak kambing yang mengungkapkan jika musim dan kesehatan kambing bagus dalam setahun bisa menghasilkan maksimal 25 ekor anak kambing dari 5 pasang indukan. Sedangkan sapi, dalam setahun hanya bisa berkembang biak maksimal 1 ekor saja itu pun jika kondisi kesehatannya sedang bagus.

  1. Mudah diternakkan

Baik sapi maupun kambing beternaknya tidak terlalu ribet. Asalkan kebersihan kandang selalu terjaga dan jumlah pakannya cukup akan membuat sapi dan kambing ini bisa tumbuh dengan baik. Keduanya termasuk hewan herbivora pemakan rumput sehingga Anda tidak akan mengeluarkan budget yang besar. Namun yang menjadi kendala adalah mencari rumput ini tidak boleh diambil sembarangan, meski ada rumput yang segar dan hijau. Hal itu dikarenakan setiap rumput terutama di areal ladang atau persawahan sudah ada empunya yang mana juga memiliki hewan ternak juga.

  1. Mudah bertambah besar

Keuntungan selanjutnya adalah sapi dan kambing dagingnya bisa bertambah dengan besar jika teknik pemeliharaannya benar. Semakin banyak dagingnya maka hal itu akan semakin menguntungkan karena semakin gemuk dan besar kambing atau sapi tersebut harganya akan semakin mahal.

  1. Bisa dijadikan sebagai tabungan

Masyarakat di zaman dahulu banyak yang menjadikan hewan ternak ini sebagai tabungan. Jika ayam untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, sedangkan sapi, kerbau, dan kambing ini bisa dijadikan sebagai tabungan karena jika berhasil dijual harganya akan tinggi terutama di saat-saat tertentu. Orang zaman dulu belum banyak yang menabung di bank, mereka suka menabung di celengan di rumah, membeli hewan ternak, dan juga perhiasan untuk tabungan. Hal tersebut berlaku sampai saat ini dimana kambing dan sapi dijadikan sebagai investasi karena dari waktu ke waktu harganya akan semakin naik.

  1. Penyakit

Berbicara soal penyakit, kambing memiliki sistem imun yang kuat dibandingkan dengan sapi. Ditambah lagi kambing lebih tahan terhadap suhu dingin karena diselimuti dengan bulu yang tebal. Beberapa kasus yang ditemukan di lapangan menemukan fakta bahwa banyak sapi maupun anak sapi yang mati akibat masuk angin dimana sebelumnya ditunjukkan dengan gejala berupa mual dan muntah. Jika menemukan gejala ini segera panggil dokter hewan dikarenakan terlambat mengatasi akan menyebabkan kematian ternak.

  1. Banyak dibutuhkan

Beternak sapi dan kambing akan sama-sama menguntungkan karena banyak dibutuhkan terutama di saat-saat tertentu. Mendekati hari raya idul qurban banyak yang membutuhkan kambing dan sapi untuk diqurbankan. Namun untuk acara-acara tertentu seperti syukuran kelahiran anak, aqiqah, dan memperingati hari kematian masih banyak yang menggunakan kambing ini.

Untung Mana Ternak Kambing atau Sapi?

Banyak yang bertanya untung mana ternak kambing atau sapi?. Sebenarnya membicarakan keuntungan ternak ini relatif, tergantung dari sisi mana melihatnya. Jika dari segi banyak dibutuhkannya maka kambing ini yang lebih banyak dibutuhkan karena harganya yang tidak terlalu mahal sehingga cocok dijadikan sebagai olahan pada acara-acara tertentu, terutama untuk aqiqahan. Sedangkan sapi ini jarang digunakan untuk sajian acara dikarenakan harganya yang mahal, kecuali jika digunakan untuk acara yang melibatkan banyak orang sapi inilah yang akan digunakan.

peternak sapi

peternak sapi

Jika dilihat dari segi investasi kambing cocok untuk dijadikan sebagai investasi jangka pendek sedangkan sapi untuk investasi jangka pendek maupun panjang. Semakin lama sapi dipelihara akan semakin gemuk badannya, sehingga harganya juga akan semakin tinggi bahkan bisa naik berkali-kali lipat dibandingkan dengan saat membeli pertama kali. Ada juga peternak sapi yang mendapatkan keuntungan minimal 1 juta rupiah dimana jaraknya satu bulan setelah dibeli. Untuk kambing memang tidak harganya tidak bisa naik berkali-kali lipat seperti sapi. Namun yang membuat kambing lebih unggul dibandingkan sapi adalah frekuensi pembelian kambing oleh masyarakat lebih tinggi jika dibandingkan dengan sapi.

Risiko

Risiko terbesar dari tenak kambing maupun sapi adalah kematian. Contohnya adalah jika Anda membeli anakan sapi atau kambing, kemudian tumbuh menjadi besar. Sebelum Anda jual kambing atau sapi tersebut terkena penyakit dan kemudian mati tanpa sempat Anda potong atau sembelih, Anda akan rugi tenaga dan waktu. Selain itu kerugian finansial yang harus Anda tanggung tidak sedikit karena modal yang dikeluarkan saat pembelian pertama kali sapi dan kambing tersebut juga akan ikut menghilang.

Untuk bisa sukses beternak sapi dan kambing pastikan jika Anda tahu bagaimana cara beternak dengan baik dan benar. Jangan lupa untuk selalu mengecek sapi maupun kambing yang diternakkan secara rutin supaya jika ada masalah atau penyakit yang menyerang Anda bisa segera mengetahuinya. Semoga setelah membaca beberapa keuntungan ternak kambing vs ternak sapi di atas Anda bisa menemukan jenis hewan ternak yang cocok untuk dijadikan bisnis yang mana disesuaikan dengan minat Anda.

8 Keuntungan Ternak Kambing vs Ternak Sapi Ini Patut Anda Tahu! | Malik | 4.5
error: Content is protected !!