Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing yang Harus Anda Tahu

Kelebihan dan kekurangan digital marketing – Di era yang serba maju seperti sekarang, muncul berbagai metode promosi, salah satunya adalah digital marketing. Digital marketing merupakan aktivitas yang fungsinya meningkatkan nilai bisnis dengan memanfaatkan teknologi digital. Jadi apabila pada umumnya teknik pemasaran menggunakan media seperti brosur, pamflet, banner, dan sebagainya, maka perkembangan teknologi komunikasi mengubah kebiasaan tersebut sehingga muncullah digital marketing atau pemasaran digital.

Pertanyaan yang sering muncul, apakah digital marketing sama dengan internet marketing? Jawabannya adalah sama. Ini karena digital marketing merupakan bagian dari internet marketing. Hanya saja, digital marketing memiliki segmen yang lebih luas jika dibandingkan dengan internet marketing.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Digital Marketing

Pada awalnya, teknik digital marketing dibagi menjadi dua, yakni teknik pemasaran digital yang menggunakan internet dan tanpa internet. Anda yang membaca ini mungkin bertanya-tanya, benarkah terdapat teknik digital tanpa menggunakan internet? Tentu saja ada. Contohnya adalah pemasaran yang memanfaatkan SMS, radio, televisi, dan sebagainya. Teknik-teknik tersebut tetap masuk dalam kategori digital marketing karena menggunakan media-media digital. Meski demikian, seiring berkembangnya zaman, digital marketing lebih diidentikkan sebagai langkah pemasaran yang menggunakan internet.

Saat ini masyarakat modern mulai meninggalkan promosi dengan cara lama seperti menyebar brosur, pamflet, dan sebagainya kemudian mulai menggunakan internet untuk pemasaran. Alasannya karena teknologi internet dinilai lebih ampuh dan tepat sasaran untuk membidik pasar dibandingkan dengan cara-cara lama tersebut. Bagi Anda yang penasaran dengan digital marketing, berikut adalah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan digital marketing agar Anda dapat mempertimbangkan apakah teknik ini cocok diterapkan untuk bisnis Anda atau tidak.

Kelebihan Digital Marketing

Seperti yang dijelaskan di atas, salah satu kelebihan digital marketing adalah mudahnya dalam membidik target pasar. Selain itu, terdapat beberapa kelebihan lain yang dimiliki oleh teknik digital marketing. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Sasaran Pasar yang Terukur dan Dapat Disesuaikan

Kelebihan yang pertama dari teknik digital marketing adalah target pasar yang dapat diukur serta disesuaikan. Maksudnya adalah Anda tak perlu takut apabila promosi yang dilakukan tidak tepat sasaran. Ini karena tepat atau tidaknya target pasar akan mempengaruhi performa penjualan dari sebuah kegiatan bisnis tertentu.

Dalam hal ini, Anda dapat mengincar target pasar dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Path, dan lain sebagainya. Contohnya adalah pada Facebook, Anda dapat bergabung dengan grup Facebook yang sesuai dengan produk yang ingin Anda pasarkan.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan platform jasa pemasangan iklan yang mampu mendongkrak sebuah situs bisnis Anda. Terdapat 2 platform yang paling terkenal untuk digital marketing yakni Google Ads dan Facebook Ads. Pada 2 platform tersebut, Anda dapat mengatur kategori sasaran pasar seperti apa yang diinginkan agar iklan yang Anda pasang tepat sasaran.

2. Hemat Tenaga dan Biaya

Kelebihan digital marketing yang selanjutnya adalah Anda dapat menghemat tenaga sekaligus biaya. Berbeda dengan metode promosi lama yang mengharuskan Anda menyebarkan brosur dengan membayar orang lain, teknik digital marketing dapat Anda lakukan sendiri. Selain itu, biaya yang Anda keluarkan pun tidak terlalu besar jika dibandingkan harus mencetak selebaran-selebaran promosi pada target pasar.

Coba bandingkan contoh berikut ini. Dengan metode pemasaran lama, Anda membutuhkan uang sebesar 2 juta rupiah untuk mencetak 1.000 pamflet dan brosur sekaligus membayar orang untuk menyebarkannya. Dari 1.000 pamflet dan brosur yang disebarkan, kemungkinan ada konsumen yang melirik dan membaca isinya hanya 2 – 5 persen saja. Dengan kata lain, hanya terdapat sekitar 20 – 50 orang dari target pasar yang menggunakan produk Anda.

Sedangkan dengan metode digital marketing, uang 2 juta rupiah dapat Anda gunakan untuk memasang iklan dari platform terpercaya yang mampu menjangkau sekitar 300 ribu hingga 500 ribu pengguna internet. Jadi meskipun kemungkinan hanya terdapat 2 – 5 persen konsumen yang melirik produk Anda, namun jumlahnya lebih besar yakni sekitar 6.000 – 15.000 target pasar. Sanggat menggiurkan, bukan?

3. Hemat Kertas

Kelebihan yang selanjutnya adalah Anda tidak menghabiskan banyak kertas hanya sekedar untuk promosi. Dengan kata lain, Anda tak harus memiliki barang fisik untuk mempromosikan produk sehingga lebih simple.

4. Membantu Persaingan dengan Perusahaan Besar

Dalam dunia digital marketing, tidak ada hierarki dan batasan terhadap siapa saja yang diperbolehkan memasang iklan atau melakukan metode pemasaran lain dengan internet. Jadi untuk perusahaan atau bisnis yang baru berjalan pun mampu bersaing dengan perusahaan besar selama mampu memanfaatkan semua aspek pendukung yang dimiliki oleh digital marketing.

Kekurangan Digital Marketing

Anda telah memahami tentang apa saja kelebihan yang dimiliki oleh digital marketing. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan digital marketing secara lengkap agar Anda dapat mempertimbangkan metode pemasaran yang satu ini, berikut adalah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh digital marketing:

1. Pelaku Bisnis Harus Selalu Berinovasi

Kekurangan digital marketing yang pertama adalah seorang pebisnis dituntut untuk terus berinovasi serta belajar tentang metode pemasaran. Mengapa? Hal ini karena banyaknya kompetitor yang juga menggunakan digital marketing untuk mempromosikan produk mereka. Tanpa adanya inovasi dalam segi pemasaran, bukan hal yang tak mungkin apabila target pasar tidak dapat terjaring secara maksimal.

Untuk mengatasi hal ini, biasanya pelaku digital marketing menggunakan hal-hal yang unik pada iklan promosi mereka. Apakah Anda ingat dengan iklan Indoeskrim dan Matahari yang viral di internet dan televisi? Ini adalah inovasi yang diberikan oleh para pelaku digital marketing untuk menjaring pada konsumen. Jadi mereka yang tak mampu berinovasi, dapat dipastikan bahwa langkah seperti apapun yang dilakukan dengan digital marketing tidak akan memberikan hasil maksimal.

2. Ide yang Dapat Ditiru oleh Kompetitor

Kekurangan digital marketing yang selanjutnya adalah ide dan konsep yang diusung oleh pelaku digital marketing dapat dengan mudah ditiru oleh kompetitor. Hal ini karena ide dan konsep apapun yang menyebar di internet tanpa hak cipta dapat diambil alih oleh pihak lain demi mendongkrak bisnis mereka.

3. Reputasi Bisnis Dapat Hancur ketika Muncul Reaksi Negatif

Sebagai metode promosi digital yang sebagian besar menggunakan internet, reputasi sebuah bisnis dapat hancur seketika apabila muncul respon negatif dari konsumen. Satu respon negatif saja dapat menyebar sehingga membuat calon konsumen lain ragu jika ingin menggunakan atau membeli produk dari pelaku bisnis.

4. Terdapat Target Pasar yang Tak Dapat Dijangkau

Terdapat kelebihan dan kekurangan digital marketing yang juga harus Anda ketahui, yakni meskipun jangkauan pasar dengan metode ini sangat luas, namun ada juga target pasar yang tak dapat dijangkau. Contohnya adalah orang tua dengan umur di atas 50 tahun. Mengapa demikian, karena para pengguna internet didominasi oleh anak muda dan orang dewasa saja.

Meski demikian, jika Anda memanfaatkan digital marketing tanpa internet, yakni menggunakan radio ataupun televisi, kekurangan ini dapat diatasi karena orang yang gagap teknologi pun dapat mengaksesnya.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan digital marketing, semoga bermanfaat.

Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing yang Harus Anda Tahu | Malik | 4.5
error: Content is protected !!