Karyawan Vs Entrepreneur, Mana yang Anda Pilih?

Karyawan vs entrepreneur – Menjadi karyawan di perusahaan tertentu merupakan pekerjaan yang umum dilakoni banyak orang. Namun tak jarang banyak karyawan yang merasa jenuh dan bosan dengan pekerjaan yang monoton, hanya itu-itu saja yang dilakukan setiap harinya. Karena rasa jenuh itulah, tak sedikit dari karyawan yang berpikiran untuk beralih menjadi entrepreneur atau wirausahawan. Tapi tunggu dulu, sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya Anda mengetahui apa saja plus dan minus menjadi karyawan maupun entrepreneur.

Apa yang Dimaksud dengan Entrepreneur?

Entrepreneur

Entrepreneur

Entrepreneur atau wirausahawan, adalah orang yang melakukan ativitas wirausaha. Umumnya, para entrepreneur haruslah memiliki bakat mengenai bagaimana menganalisa produk yang banyak diminati di pasaran, bagaimana cara untuk memproduksi atau menghasilkan produk tersebut, bagaimana manajemen operasi untuk pengadaan produk-produk tersebut, bagaimana strategi pemasarannya, serta bagaimana mengatur permodalannya.

Bagaimana Mindset Seorang Entrepreneur?

Menjadi seorang wirausahawan ternyata bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa prinsip serta mindset yang harus ditanamkan sedari awal agar nantinya usaha yang dijalankan dapat berjalan dengan baik dan dapat mencapai kesuksesan.

1. Sukses Butuh Proses

Tak ada yang instan di dunia ini, salah satunya dalam menggapai kesuksesan. Mindset ini sangat penting ditanamkan sedari awal, karena kesuksesan seorang wirausahawan tak bisa didapatkan hanya dalam satu malam. Seorang entrepreneur harus mau bekerja keras dan melalui berbagai proses yang terkadang tidak semulus yang dibayangkan.

2. Harus Berani Mengambil Resiko

Menjadi seorang entrepreneur berarti harus berani mengambil segala resiko demi menggapai kata sukses. Tanamkan prinsip “Take a risk, just do it!” maka kesuksesan pun akan mengikuti Anda. Selagi Anda mampu, lakukan saja. Anda tak akan pernah tau seperti apa hasilnya jika Anda tak mau mencoba dan berani mengambil resiko.

3. Mau untuk Terus Belajar

Jangan merasa cepat puas, terlebih jika Anda ingin menjadi seorang entrepreneur. Karena seorang wirausahawan yang sukses pasti mau untuk terus mempelajari hal-hal baru dan selalu merasa haus akan ilmu. Teruslah belajar dan belajar, agar langkah menuju sukses semakin dekat.

Kelebihan Entrepreneur

1. Dapat Mengembangkan Passion

Mungkin selama Anda bekerja menjadi karyawan, Anda merasakan bahwa pekerjaan tersebut tak sesuai dengan passion Anda. Dengan menjadi wirausahawan, Anda dapat mengikuti minat dan passion Anda karena Anda dapat memulai usaha sesuai dengan hal-hal yang Anda sukai.

2. Dapat Menentukan Penghasilan Sendiri

Dengan menjadi seorang wirausahawan, tak ada lagi yang dapat menyuruh Anda karena Anda bos atas diri sendiri. Begitu juga masalah penghasilan, Anda bebas menentukan penghasilan Anda. Jika Anda ingin mendapat penghasilan yang besar, maka usaha Anda pun juga harus ditingkatkan.

3. Dapat Membuka Lapangan Pekerjaan

Jika usaha sudah berkembang dan sukses besar, bukan tak mungkin Anda dapat membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain dan sekaligus dapat membantu mengurangi angka pengangguran. Karena bisnis yang besar juga membutuhkan karyawan yang tak sedikit bukan?

Kekurangan Entrepreneur

1. Penghasilan yang Tidak Stabil

Tak seperti karyawan yang digaji tetap setiap bulannya, para entrepreneur tidak memiliki penghasilan menentu setiap bulannya.

2. Jam Kerja Panjang

Karyawan umumnya memiliki shift yang tetap, namun tidak dengan wirausahawan. Jam kerja mereka cenderung lebih panjang dan tak menentu setiap harinya.

Apa yang Dimaksud dengan Karyawan?

Jika diartikan, karyawan vs entrepreneur memiliki arti yang jauh berbeda. Karyawan adalah orang yang bekerja kepada suatu perusahaan, organisasi, maupun tempat tertentu yang membutuhkan tenaga kerja. Karyawan akan mendapat gaji tetap serta berbagai kompensasi-kompensasi lainnya, yang nominalnya bergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan.

Bagaimana Mindset Seorang Karyawan?

Umumnya para karyawan memiliki mindset yang berbanding terbalik dengan mindset para wirausahawan. Lalu seperti apa mindset seorang karyawan?

1. Mengandalkan Gaji Sebagai Penghasilan Utama

Tak dapat dipungkiri, tak sedikit karyawan yang hanya mengandalkan gaji sebagai penghasilan utama mereka. Namun jika pandai mengatur keuangan, tak ada yang salah dengan hal ini.

2. Tidak Memikirkan Soal PHK

Jika Anda seorang karyawan, pasti tak pernah ambil pusing mengenai kemungkinan pemecatan atau PHK. Padahal, bukan tak mungkin perusahaan Anda dapat bangkrut sewaktu-waktu. Tak ada salahnya untuk mempersiapkan diri pada kemungkinan terburuk ini.

Kelebihan Karyawan

1. Penghasilan Tetap

Tiap bulannya karyawan akan mendapat gaji tetap, dan bukan tak mungkin mendapatkan berbagai bonus-bonus yang diberikan oleh perusahaan untuk mengapresiasi kinerja para karyawannya.

2. Ada Jenjang Karir

Dalam sebuah perusahaan, tentu terdapat jenjang karir yang dapat Anda kejar. Dengan adanya jenjang karir ini, akan membuat para karyawan lebih bersemangat dalam bekerja.

Kekurangan Karyawan

1. Ditegur Oleh Atasan

Menjadi seorang karyawan berarti Anda bekerja untuk atasan Anda. Kesalahan-kesalahan dalam bekerja merupakan hal yang lumrah terjadi, dan tak jarang banyak karyawan yang kena tegur langsung oleh atasan mereka.

2. Jam Kerja yang Tidak Bebas

Seorang wirausahawan memiliki jam kerja yang dapat mereka atur sesuka hati, namun tidak dengan karyawan. Karyawan harus mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan, termasuk tentang jam kerja serta hari libur.

Itulah tadi penjelasan mengenai karyawan vs entrepreneur bagi Anda yang mungkin saat ini sedang merasa bimbang. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Karyawan Vs Entrepreneur, Mana yang Anda Pilih? | Malik | 4.5
error: Content is protected !!