7 Jurusan Kuliah Untuk Jadi Pengusaha yang Banyak Diminati

Jurusan kuliah untuk jadi pengusaha – Bangga lah memiliki profesi pengusaha, karena tidak semua orang bisa menjalani profesi tersebut. Dengan menjadi pengusaha atau pebisnis itu sama saja ikut berperan penting dalam perekonomian Indonesia. Pengusaha tidak bergantung dengan pekerjaan yang disediakan oleh pemerintah, namun justru dia akan membuka peluang usaha untuk orang lain sehingga jumlah pengangguran semakin berkurang. Semakin banyak warga yang produktif maka semakin meningkat perekonomian bangsa ini. Meski begitu menjadi pengusaha ini tidak mudah, harus benar-benar memiliki perencanaan dan skill yang matang. Pasalnya ada beberapa pengusaha yang tidak siap mental sehingga harus berhenti di tengah jalan.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah memilih jurusan yang bisa digunakan untuk membuka usaha. Jurusan tersebut akan membekali Anda dengan skill yang bisa digunakan untuk menggeluti bisnis. Berikut ini ada beberapa jurusan kuliah untuk jadi pengusaha yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan:

Teknik Komputer dan Jaringan

Teknik Komputer dan Jaringan

Teknik Komputer dan Jaringan

Jurusan yang pertama adalah Teknik Komputer dan Jaringan. Jurusan ini bisa menjadi pengusaha dikarenakan selama proses perkuliahan, mahasiswa akan diajarkan untuk membongkar pasang dan juga memperbaiki kerusakan yang terjadi pada PC maupun laptop. Selain itu mahasiswa juga akan diajarkan tentang jaringan yang mana menjadi sesuatu yang vital dalam teknologi. Tanpa jaringan semua perangkat berbasis teknologi tersebut tidak akan bisa di operasikan. Saat sudah lulus kuliah nanti Anda bisa membuka usaha berupa jasa perbaikan atau service laptop maupun PC, Anda juga bisa membuka jasa instalasi jaringan.  Saat sedang kuliah pun Anda bisa menjalani bisnis ini dengan memperbaiki laptop atau PC teman yang rusak.

Komputer

teknik Informatika

teknik Informatika

Anda yang jurusannya dalam bidang komputer baik itu Manajemen Informatika, Teknik Informatika, Komputerisasi Akuntansi, dan lain sebagainya memiliki peluang yang sangat besar untuk menjadi pengusaha. Alasannya adalah Anda akan diajarkan dengan berbagai macam bahasa pemrograman baik itu HTML, PHP, Framework, Java, C++, C#, dan lain sebagainya. Dengan bahasa pemrograman tersebut Anda bisa membuka bisnis dalam bidang jasa seperti pemrograman website menggunakan Java maupun bahasa pemrograman lainnya. Selain itu Anda juga bisa membuka jasa desain website. Saat ini bisnis ini masih sangat potensial alasannya adalah banyak yang membutuhkan website profesional untuk pembuatan toko online. Diperkirakan jumlah toko online semakin bertambah dikarenakan pola belanja masyarakat yang berubah.

Pendidikan

Kursus pelatihan

Menyandang title sarjana pendidikan tidak membuat Anda melulu untuk menjadi guru. Dewasa ini bisnis di dalam dunia pendidikan masih sangat terbuka dengan lebar dikarenakan banyak yang membutuhkannya. Bagi yang lulusan sarjana pendidikan Anda bisa memiliki potensi untuk membuka lembaga kursus, pelatihan, dan juga seminar. Saat di bangku kuliah akan banyak membahas secara lengkap tentang silabus pembelajaran, cara mengajar yang baik, dan juga melakukan evaluasi pendidikan. Apapun jurusan pendidikan yang Anda ambil, Anda akan tetap bisa menyusun rancangan pendidikan dan juga memiliki basic teknik mengajar yang baik.

Manajemen Bisnis

Manajemen Bisnis

Manajemen Bisnis

Jurusan kuliah untuk jadi pengusaha yang bisa Anda pertimbangkan adalah manajemen bisnis. Sesuai dengan namanya dalam jurusan ini akan mengajarkan bagaimana melakukan fokus pada pengembangan sebuah bisnis. Sedangkan jurusan di luar negeri khusus manajemen bisnis akan mengharuskan mahasiswanya untuk mengikuti proyek atau project dari sebuah perusahaan. Tidak jarang selama mengikuti perkuliahan, mahasiswa akan mendapatkan tugas untuk membuat usaha atau bisnis secara individu maupun kelompok. Cara ini akan membuat mahasiswa menjadi aktif dan bisa mempraktikkan langsung ilmu yang mereka miliki sekaligus untuk mengetahui apa saja masalah yang menyebabkan bisnis tidak bisa berkembang secara maksimal. Tidak hanya itu saja mahasiswa akan diajarkan bagaimana mengatasi hambatan dalam dunia bisnis terbaru.

Teknik Elektronika

Jurusan teknik memegang rekor terbesar sebagai jurusan dengan lapangan pekerjaan yang paling banyak. Tidak hanya berpotensi untuk menjadi karyawan dari sebuah perusahaan saja namun juga memiliki potensi mendirikan sebuah usaha potensial. Sebagai contohnya adalah teknik bangunan, setelah lulus atau saat menjadi mahasiswa bisa membuka bisnis konsultan dan arsitektur bangunan. Tidak hanya itu saja teknik elektro pun memiliki peluang bisa mendirikan toko elektronik atau membuka jasa service berbagai macam peralatan elektronik. Yang terakhir adalah jurusan broadcasting yang mana bisa membangun sebuah usaha berupa PH atau Production House.

Peternakan

Peternakan

Peternakan

Jurusan kuliah untuk jadi pengusaha yang terakhir adalah peternakan. Lulusan peternakan berpeluang sukses untuk mendirikan peternakan ayam, kambing, sampai dengan sapi. Selain itu peternakan ini memiliki hubungan yang erat dengan kebutuhan primer manusia yaitu makanan.

Jurusan Berhubungan dengan Medis, Psikologi, dan Hukum

Jurusan di bidang kesehatan seperti kedokteran, kebidanan, dan juga keperawatan bisa membuka jasa praktik pemeriksaan asalkan sudah memiliki surat izin praktik. Selain itu jurusan psikologi dan juga hukum bisa membuka jasa konsultasi jika sudah memiliki surat izin praktik. Semakin kompeten Anda dalam melakukan konsultasi maka semakin ramai usaha bisnis yang Anda jalankan tersebut.

Demikianlah beberapa jurusan kuliah untuk jadi pengusaha yang bisa Anda pertimbangkan, semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

jurusan tebaik untuk memulai usaha -jurusan untuk jadi pengusaha -kuliah yang menghasilkan banyak pengusaha -lulusan pertenakan apa bisa jadi pebisnis -

7 Jurusan Kuliah Untuk Jadi Pengusaha yang Banyak Diminati | Malik | 4.5
error: Content is protected !!