Jarang Diketahui! Inilah Keuntungan Investasi Tanah Makam

Keuntungan Investasi Tanah Makam – Investasi tanah makam adalah satu hal yang jarang terpikirkan oleh siapapun. Siapa menyangka, makam yang identik dengan kesedihan dan kisah mistis dapat dijadikan sebagai lahan bisnis dan investasi yang menguntungkan.

Salah satu pengusaha yang melihat peluang usaha tersebut adalah Mochtar Riady, yang juga pendiri dari Lippo Group. Berawal dari kisah pemakaman orang tuanya, Mochtar Riady  kemudian membuat sebuah tempat pemakaman yang nyaman. Pemakaman tersebut kemudian ia kembangkan menjadi sebuah lokasi pemakaman umum bernama San Diego Hills Memorial Parks and Funeral Home.

Keuntungan Investasi Tanah Makam

1.  Investasi untuk penggunaan pribadi

Ketersediaan lahan untuk pemakaman semakin hari semakin berkurang. Hal tersebut tak ayal membuat harga tanah pemakaman semakin melambung tinggi. Untuk menyiasati hal tersebut, Anda dapat melakukan investasi tanah makam. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi kerepotan untuk mencari lahan untuk lokasi pemakaman. Anda dapat memanfaatkannya untuk penggunaan pribadi.

2.  Capital gain yang tinggi dan stabil

Tanah adalah salah satu jenis aset riil yang terus mengalami kenaikan harga yang stabil. Persentase kenaikan harga tanah setiap tahunnya dapat mencapai 20 hingga 25 persen. Kenaikan harga tanah tersebut tidak lain disebabkan oleh tingginya permintaan akan lahan. Sementara jumlah lahan semakin hari semakin berkurang. Dalam kurun waktu lima tahun, kenaikan harga tanah dapat mencapai dua kali lipat.

3.  Dapat dijadikan aset produktif

Sembari menunggu harga tanah menjadi kian tinggi, Anda dapat memanfaatkan lokasi tersebut untuk membuat peruntungan baru. Anda dapat membuka runag bisnis tambahan seperti, taman untuk pernikahan, lahan parkir, perkebunan, dan lain sebagainya. Dengan demikian, tanah tidak akan terbengkalai, melainkan Anda dakan mendapatkan pendapatan tambahan.

4. Minim biaya perawatan

Berbeda dengan rumah, ruko, apartemen, ataupun bangunan sejenisnya yang membutuhkan banyak perawatan, tanah makam yang kosong cenderung memerlukan biaya perawatan yang sedikit. Akan tetapi, Anda tentunya tetap memerlukan biaya perawatan. Hal tersebut guna menghindari keterbengkalaian tanah dan penyerobotan tanah. Anda juga perlu mengeluarkan biaya untuk pajak.

Cara Beli Tanah Makam

Saat ini, banyak kompleks pemakaman yang memberikan kemudahan dalam pembelian tanah makam. Tidak perlu datang langsung, Anda dapat melakukan transaksi jual beli secara online. Mengacu pada cara pembelian tanah makam di San Diego Hills Memorial Park, berikut adalah cara membeli tanah makam secara online yang perlu Anda ketahui.

1.  Tentukan penyedia tanah makam yang Anda inginkan

Banyak penyedia tanah makam yang memberikan paket harga yang murah dan fasilitas penunjang. Beberapa kompleks pemakaman bahkan memberikan pilihan makam. Sebut saja San Diego Hills Memorial Park, penyedia makam ini menyediakan makam dengan berbagai nuansa diantaranya, universal, Islam, dan Chinese.

2.  Kunjungi website resmi penyedia tanah makam

Di dalam website resmi penyedia makam, Anda akan mendapati banyak informasi terkait layanan yang diberikan. Umumnya, penyedia pemakaman menyediakan dua tipe pembelian yaitu, pembelian saat terjadi kedukaan dan pembelian sebelum kedukaan. Pembelian makam sebelum kedukaan biasanya dapat Anda bayar dengan sistem cicil. Selain itu, Anda juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan diskon.

3. Hubungi pihak marketing dari penyedia tanah makam

Beberapa penyedia makam mungkin akan menyediakan laman pendaftaran khusus. Namun jika Anda tidak menemukan laman pendaftaran pembelian, Anda dapat menghubungi nomor pihak marketing yang tertera di laman website resmi penyedia.

4. Siapkan dokumen

Dalam proses pembelian tanah makam, Anda biasanya akan diminta untuk mengirimkan beberapa dokumen. Dokumen yang diminta di antaranya adalah KTP (Kartu Tanda Penduduk), alamat email, no handphone, dan sebagainya. Data tersebut biasanya akan diminta oleh pihak marketing.

5. Isi formulir pemesanan

Pihak marketing biasanya akan memberikan Anda formulir pendaftaran yang harus Anda isi. Formulir ini akan dikirimkan kepada Anda secara online melalui email. Isi formulir tersebut secara lengkap, kemudian kirim kembali kepada pihak marketing dari penyedia tanah makam.

Baca juga : 7 Alasan Mengapa Harus Investasi Properti di Surabaya

6. Lakukan pembayaran

Tipe pembelian saat terjadi kedukaan biasanya diharuskan untuk melakukan pembayaran secara penuh atau lunas. Sedangkan tipe pembelian sebelum kedukaan akan diperbolehkan untuk menggunakan sistem cicilan. Untuk sistem cicilan, penyedia tanah makam biasanya akan meminta Anda untuk memberikan uang muka terlebih dahulu. Besarnya uang muka ditentukan oleh penyedia tanah makam. Anda dapat membayar uang muka menggunakan kartu debit atau kredit yang Anda miliki.

7.  Pemberian Sertifikat

Setelah pembayaran lahan Anda lunas, Anda akan diberikan bukti kepemilikan makam. Bukti ini biasanya berupa sertifikat atau Surat Kolektif Makam. Sertifikat akan dikirimkan oleh penyedia tanah makam ke alamat Anda.

Demikianlah beberapa keuntungan investasi tanah makam yang mungkin akan cukup menggiurkan untuk Anda lakukan. Akan tetapi, sebelum melakukan investasi tanah makam, ada baiknya Anda memahami pula kerugian dari investasi tanah makam.

 

Jarang Diketahui! Inilah Keuntungan Investasi Tanah Makam | Malik | 4.5
error: Content is protected !!