Intip Peluang Usaha Makanan Khas Daerah Paling Potensial

Peluang usaha makanan khas daerah – Setiap daerah memiliki makanan dan juga minuman khas masing-masing. Hal itulah yang membuat keanekaragaman kuliner di Indonesia ini begitu menarik. Ada banyak makanan khas daerah yang lezat dan menggugah selera sehingga membuat siapapun tertarik untuk memakannya. Sayangnya karena keterbatasan ruang dan waktu banyak yang tidak bisa mewujudkannya. Melihat hal ini Anda bisa memanfaatkannya dengan membuka usaha makanan khas daerah tertentu di luar kota.

Prospek

Membicarakan peluang usaha makanan khas daerah ini sangat menarik karena prospeknya masih sangat bagus. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar prospek bagus. Yang pertama adalah melakukan analisa yang baik dan benar. Hal yang harus dianalisis adalah target pasarnya. Jika target pasar yang di sasar ini salah akan menyebabkan penjualan tidak maksimal.  Anda juga harus melakukan tes pasar terlebih dahulu apakah produk tersebut mampu diterima oleh masyarakat atau tidak.

Lokasi yang Tepat

Agar peluang usaha makanan khas daerah ini memiliki prospek yang bagus penting untuk memilih lokasi bisnis yang tepat. Lokasi yang salah hanya akan membuat performa menjadi kurang maksimal karena tidak semua lokasi cocok untuk didirikan bisnis makanan khas daerah ini. Lokasi yang cocok didirikan bisnis makanan khas daerah adalah yang banyak dijadikan sebagai perantauan seperti DKI Jakarta, Tangerang, Bandung, Jogjakarta, dan lain sebagainya. Banyak anak perantauan yang merindukan masakan khas daerahnya sehingga hal ini akan sangat prospektif sekali. Selain itu masyarakat lokal pun juga akan tertarik untuk mencoba makanan khas tersebut.

Ide Bisnis Makanan Khas Daerah

Ada beberapa peluang usaha makanan khas daerah yang bisa dijadikan sebagai bisnis potensial. Usaha makanan tersebut terbukti mampu menarik banyak pelanggan untuk datang. Simak beberapa ide makanan khas daerah yang terbukti laris manis di pasaran berikut ini

  1. Makanan padang
Makanan padang

Makanan padang

Makanan khas daerah pertama yang bisa Anda jadikan ide bisnis yang potensial adalah makanan khas padang. Di Jogja warung makan ini sangat digemari dikarenakan memiliki cita rasa yang khas. Rasanya yang gurih dan harga bersahabat membuat siapa pun menyukainya. Yang membedakannya dengan masakan biasa adalah makanan padang ini hampir semuanya menggunakan santan kental sehingga rasanya akan sangat menggugah selera. Di beberapa kota besar Indonesia makanan Padang ini sudah sangat terkenal sehingga Anda tidak perlu promosi besar-besaran, cukup dengan melakukan branding agar bisnis Anda terkenal di masyarakat luas. Tidak hanya itu saja Anda juga harus memberikan harga yang kompetitif agar banyak konsumennya mengingat saat ini banyak sekali kompetitor yang membuka bisnis yang sama. Modal yang dikeluarkan untuk bisnis ini kurang lebih 6 juta rupiah dengan biaya operasional per bulan 3 juta rupiah.

  1. Oseng mercon

Masyarakat Indonesia sangat menyukai makanan pedas sehingga makanan ini akan mudah diterima oleh masyarakat. Salah satu makanan khas daerah yang saat ini banyak disukai adalah oseng mercon khas Jogja. Selain gudeg, oseng mercon juga banyak dicari. Uniknya adalah untuk berbisnis makanan ini Anda tidak terbatas pada suatu daerah karena saat ini oseng mercon sudah bisa dikirimkan ke beberapa kota di Indonesia dengan teknologi vacuum sehingga bisa bertahan di suhu ruang 3 sampai dengan 4 hari.

Oseng mercon

Oseng mercon sendiri adalah daging sapi dan tetelan di tumis dengan bumbu yang sangat pedas. Untuk mengonsumsi oseng ini hanya perlu dipanaskan kembali di teflon atau wajan kemudian di konsumsi. Analisa keuntungan usaha dari oseng ini bisa mencapai 25% dari modal bahkan volume penjualan akan semakin meningkat. Misalnya saja adalah dalam satu bulan Anda bisa menjual oseng mercon sebanyak 300 pcs dengan berat 250 gram dimana harganya 40 ribu rupiah. Maka pendapatan bruto Anda sebesar 12 juta rupiah. Maka dalam sebulan Anda akan mendapatkan penghasilan netto sebesar 25% dari total bruto yaitu sebesar 3 juta rupiah. Penghasilan Anda akan semakin besar jika volume penjualan meningkat.

  1. Camilan

camilan manisan buah

Peluang usaha makanan khas daerah yang bisa Anda geluti selanjutnya adalah camilan. Camilan ini menjadi teman saat mengobrol santai bersama dengan keluarga. Ada berbagai macam camilan khas yang bisa digeluti dan menjadi ide bisnis yang potensial misalnya saja adalah keripik pisang aneka rasa khas Lampung, camilan manisan buah carica kering khas Wonosobo, dan lain sebagainya. Modalnya pun tidak terlalu besar, hanya dengan modal kurang lebih 2 juta rupiah saja Anda sudah bisa menggeluti bisnis ini.

  1. Kue basah

Kue basah ini juga menjadi ide bisnis yang potensial. Ada berbagai macam aneka kue basah yang memiliki rasa yang lezat dan nikmat. Kue basah yang banyak memiliki peminat adalah serabi khas Solo, kue cucur khas Jogja, kue Putu Mayang khas Betawi, dan masih banyak lagi lainnya. Anda hanya cukup mengetahui tren pasar yang banyak diminati agar bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar.

Pilihlah makanan khas daerah yang sesuai dengan keinginan Anda karena hal ini akan berpengaruh terhadap cita rasa masakan bisnis yang Anda geluti.  Agar peluang usaha makanan khas daerah semakin menguntungkan teruslah kreatif dan inovatif agar banyak masyarakat yang tertarik untuk menjadi konsumen Anda dan tidak bosan dengan menu yang ditawarkan.

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

makanan khas daerah -

Intip Peluang Usaha Makanan Khas Daerah Paling Potensial | Malik | 4.5
error: Content is protected !!