Intip Modal Usaha Toko Elektronik, Tips Sukses, dan Berapa Keuntungannya

Modal usaha toko elektronik penting untuk diperhatikan. Alasannya adalah kekurangan modal hanya akan membuat bisnis berhenti di tengah jalan.  Bisnis elektronik sendiri merupakan bisnis yang terus mengalami peningkatan yang pesat. Sejak dahulu usaha ini dipercaya bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Meski toko elektronik banyak pesaingnya selama masih banyak masyarakat membutuhkan alat-alat elektronik tersebut peluang bisnis ini akan tetap bagus.

Permintaan akan elektronik yang selalu tinggi membuat bisnis elektronik ini akan tetap menjanjikan dan menguntungkan untuk digeluti. Terlebih lagi pertumbuhan penduduk yang semakin padat membuat banyak penduduk yang membutuhkan alat-alat elektronik untuk dimilikinya. Alat elektronik yang banyak diminati adalah yang bisa memudahkan aktivitas sehari-hari seperti mesin cuci, kulkas, microwave, dan juga oven. Tidak hanya itu saja masyarakat juga membutuhkan hiburan sehingga butuh alat elektronik seperti TV LED, Smart TV, maupun DVD player.

Analisa Usaha Toko Elektronik

  1. Modal

Modal usaha toko elektronik ini sangat penting diketahui terlebih lagi bisnis ini cenderung membutuhkan modal yang besar terutama untuk pembelian alat-alat elektronik. Harga peralatan elektronik ini beragam ada yang murah juga ada yang mahal. Sebagai gambaran berikut ini adalah rincian modal usaha toko elektronik yang harus Anda ketahui:

NO Nama Jumlah Harga Sub Total
1 Modal belanja barang Rp50,000,000.00 Rp50,000,000.00
2 Etalase 4 Rp1,000,000.00 Rp4,000,000.00
3 Sewa tempat Rp12,000,000.00 Rp12,000,000.00
TOTAL Rp66,000,000.00

Semakin banyak barang elektronik yang Anda beli maka akan semakin banyak modal yang harus Anda keluarkan. Oleh sebab itu untuk pemula batasi pembelian barang-barang elektronik tersebut agar modal menjadi tidak membengkak.

  1. Biaya operasional

Selain menyiapkan modal penting bagi Anda untuk mempertimbangkan biaya operasionalnya. Biaya operasional ini adalah biaya pasti yang harus Anda keluarkan untuk bisnis Anda setiap bulannya. Berikut ini adalah biaya operasional yang harus Anda perhatikan:

NO Nama Biaya
1 Gaji karyawan Rp1,000,000.00
2 Listrik Rp100,000.00
3 Air Rp50,000.00
4 Transportasi Rp100,000.00
TOTAL Rp1,250,000.00

Rincian di atas adalah biaya operasional untuk per bulan. Anda membutuhkan transportasi untuk mengantarkan barang elektronik ke lokasi konsumen yang jauh. Layanan delivery ini bisa dengan charge atau tanpa charge.

  1. Estimasi keuntungan

Di saat kondisi ekonomi sedang bagus, toko elektronik ini akan bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Misalnya dalam sebulan toko Anda bisa menjual elektronik sebanyak 20 buah dengan keuntungan Rp250.000 dan 10 buah barang dengan keuntungan Rp75.000 maka dalam sebulan Anda akan mendapatkan keuntungan Rp5.750.000, profit atau keuntungan bersih Anda adalah Rp4.000.000 dimana dikurangi oleh biaya operasional.

Untuk balik modal memang dibutuhkan waktu yang cukup lama karena memang modal awal yang Anda keluarkan cukup besar. Agar modal bisa cepat kembali maka penting bagi Anda untuk melakukan peningkatan penjualan.

Tips Sukses Menjalankan Usaha Elektronik

Agar Anda bisa sukses dalam menggeluti bisnis toko elektronik ada beberapa tips yang harus Anda lakukan. Tips yang pertama adalah Anda harus menyewa lokasi usaha strategis. Lokasi usaha yang strategis ini sangat bermanfaat untuk membuat bisnis Anda lebih mudah terlihat. Jangan menyewa lokasi usaha yang lokasinya kurang strategis karena akan membuat bisnis Anda tidak bisa berjalan dengan lancar. Pembeli akan kesusahan untuk menjangkau bisnis Anda.

modal toko elektronik

modal toko elektronik

Tips sukses bisnis elektronik selanjutnya adalah menjual produk elektronik yang memang sedang dibutuhkan oleh banyak orang. Tren akan elektronik ini akan berubah sehingga menganalisa tren dengan baik akan sangat membantu dalam menyukseskan bisnis Anda. Anda bisa menganalisa tren yang sedang disukai oleh masyarakat misalnya saja adalah untuk saat ini banyak yang menyukai Smart Tv yang mana bisa digunakan untuk menonton YouTube, Netflix, dan lain sebagainya. Selain itu Smart TV juga bisa digunakan untuk menampilkan siaran tv digital dengan kualitas gambar yang sangat jernih.

Tips sukses terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyediakan fasilitas pembelian dengan cara kredit dan tunai sehingga pembayaran lebih fleksibel, menjual barang elektronik dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan kompetitor, memberikan pelayanan yang ramah, cepat, dan prima agar konsumen menjadi nyaman berbelanja di tempat Anda. Jangan lupa untuk melakukan promosi karena bisnis tanpa promosi akan membuat target penjualan sulit menjadi tercapai.

Keuntungan Menggeluti Bisnis Elektronik

Tidak hanya rincian modal usaha toko elektronik saja yang harus Anda ketahui namun keuntungannya juga wajib diketahui. Dengan mengetahui keuntungannya akan membuat Anda semakin semangat untuk menggeluti bisnis ini. Keuntungan yang pertama adalah omzet yang besar, jika harga yang Anda berikan kompetitif dan lengkap akan membuat konsumen banyak datang ke tempat bisnis Anda.

Baca juga : 18+ Contoh Bisnis Minim Pesaing Laba Maksimal

Keuntungan yang terakhir adalah persaingan usaha toko elektronik terutama di desa masih kecil sehingga peluang Anda mendapatkan omzet besar masih sangat terbuka dengan lebar. Dibandingkan harus menempuh jarak yang jauh banyak yang lebih memilih membeli elektronik di dekat lokasi mereka.

Modal usaha toko elektronik memang tidak sedikit namun jika Anda berhasil menjalankan bisnis atau usaha dengan baik maka keuntungan yang Anda dapatkan juga besar sehingga bisnis ini masih sangat menarik untuk digeluti, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Intip Modal Usaha Toko Elektronik, Tips Sukses, dan Berapa Keuntungannya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!