Intip 8 Ide Bisnis Digital yang Bisa Mendatangkan Pundi-pundi Bagi Mahasiswa

Bagi kamu, para mahasiswa yang ingin berlatih berbisnis untuk hidup mandiri, maka kamu perlu mencari tahu ide bisnis digital apa saja yang bisa mendatangkan keuntungan bagimu. Potensi dari bisnis digital memang terbilang semakin menjanjikan di era sekarang ini. Bisnis ini rasanya sangat cocok dijalankan oleh para mahasiswa yang memang sangat melek terhadap teknologi dan segala fitur-fiturnya.

Dengan menjalankan bisnis digital, para mahasiswa yang juga merupakan kaum milenial, bisa berlatih untuk hidup mandiri sehingga nantinya akan siap menghadapi dunia nyata, termasuk dunia kerja yang persaingannya semakin ketat. Berikut beberapa contoh bisnis digital yang bisa mendatangkan keuntungan bagi para mahasiswa:

1.     Bisnis Jasa Pengelolaan Akun Media Sosial

Peluang bisnis digital yang satu ini terbilang menjanjikan. Saat ini mulai banyak perusahaan yang membutuhkan orang-orang yang jago dalam bidang ini untuk mengelola brand awareness di dunia maya. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh para mahasiswa yang memang sangat memahami seluk beluk teknologi, terutama yang berkaitan dengan media sosial.

Jika kamu tertarik untuk mencoba bisnis ini, kamu bisa mencoba menunjukkan kemampuanmu dalam memberikan sentuhan ide kreatif pada akun media sosial. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah menarik minat calon pelanggan untuk menggunakan jasamu.

2.     Paid Survey

Ide bisnis online yang menguntungkan bagi mahasiswa adalah paid survey. Saat ini banyak lembaga survei yang membuka peluang bagi siapa saja, termasuk para mahasiswa untuk mengisi survei yang bertujuan untuk melihat tingkat kepuasan terhadap suatu produk dan semacamnya. Jika kamu tertarik untuk mengikuti paid survey, nantinya kamu bisa mendapatkan insentif yang berupa uang maupun barang. Hanya dengan meluangkan sedikit waktu saja, kamu sudah bisa mendapatkan penghasilan yang jumlahnya lumayan.

3.     Guru Private Online

Menjadi guru private online bisa menjadi salah satu peluang bisnis digital bagi mahasiswa. Di zaman serba modern seperti sekarang ini, private online sudah menjadi salah satu bisnis online yang sangat menjanjikan. Bisnis ini sangat cocok dijalankan oleh para mahasiswa yang memiliki ilmu pengetahuan ataupun keterampilan tertentu. Jadi, selain bisa mengaplikasikan ilmu yang dimiliki, kamu pun bisa mendapatkan penghasilan.

4.     Jasa Pembuatan Konten

Jika kamu memiliki passion dalam pembuatan konten, baik yang berbasis penulisan, konten video, desain gambar, atau bahkan konten musik, maka kamu bisa mencoba untuk menawarkan jasa pembuatan konten. Hanya dengan berbekal laptop, smartphone dan koneksi internet, kamu sudah bisa terjun dalam bisnis yang satu ini. Hal terpenting yang harus kamu perhatikan adalah ide-ide kreatif untuk memunculkan tampilan konten dengan caption yang menarik.

5.     Buzzers

Menjadi buzzers juga merupakan salah satu ide bisnis digital yang bisa mendatangkan pundi-pundi uang untuk para mahasiswa yang ingin mencari penghasilan. Jika kamu tertarik untuk menjadi buzzers, maka kamu harus membagikan postingan maupun berbagai artikel menarik di media sosial. Semakin banyak postingan menarik yang kamu bagikan di media sosial, semakin besar pula penghasilan yang bisa kamu dapatkan.

6.     Berjualan Materi Kuliah

Ternyata berjualan materi kuliah bisa menjadi ladang bisnis yang menggiurkan bagi para mahasiswa. Bisnis yang sarat akan nilai akademis ini ternyata bisa menambah uang yang masuk ke kantong mahasiswa. Dengan berjualan materi kuliah, kamu juga telah membantu teman-teman sesama mahasiswa yang mungkin masih bingung dengan beberapa materi perkuliahan di kampus.

Untuk menjalankan bisnis ini, kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook maupun Instagram untuk mempromosikan bisnismu. Kamu dapat menjual materi kuliah tersebut dalam bentuk DVD ataupun file. Kemas materi semenarik mungkin agar mudah untuk pahami.

7.     Jasa Desain Grafis

Bagi para mahasiswa yang senang menekuni bidang desain grafis, sepertinya bisnis yang satu ini cocok untuk kamu jalankan. Kamu bisa menjalankan bisnis ini di sela-sela waktu kuliahmu. Untuk bisa menjalankan bisnis ini, kamu harus bisa membangun portofolio yang baik dan terus melakukan promosi di media sosial agar desain grafis yang kamu hasilkan bisa diminati oleh banyak orang.

8.     Jasa Pembuatan Website

Bagi kamu yang punya keahlian dalam coding, tak ada salahnya untuk memanfaatkan skill tersebut untuk memperoleh penghasilan. Saat ini banyak pelaku usaha yang membutuhkan website untuk mengoptimalkan bisnis mereka atau memperkenalkan produknya di internet. Oleh karena itu, jika kamu memang punya keahlian dalam pembuatan website, cobalah untuk menawarkan jasamu.

Baca juga : Cara Membuat Website Tanpa Coding Menggunakan Platform Profesional

Itulah beberapa ide bisnis digital yang sangat pas untuk dijalankan oleh para mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan di sela-sela aktivitas perkuliahannya. Dengan mencoba beberapa ide bisnis tadi, diharapkan mahasiswa bisa belajar untuk hidup mandiri dan punya bekal untuk menghadapi dunia kerja setelah lulus dari bangku kuliah. Selamat berjuang membangun usahamu, ya!

Intip 8 Ide Bisnis Digital yang Bisa Mendatangkan Pundi-pundi Bagi Mahasiswa | Malik | 4.5
error: Content is protected !!