Intip 10 Prodi yang Cocok untuk Calon Pebisnis Sukses

Prodi yang cocok untuk calon pebisnis – Bagi kamu yang bercita-cita menjadi pebisnis yang sukses, salah satu jalan yang bisa kamu tempuh adalah melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan. Dengan mengambil jurusan yang tepat di universitas, kemampuanmu dalam berwirausaha pun akan semakin terasah. Nah, berikut ini ada beberapa program studi yang bisa mengasah potensimu sebagai wirausaha dan bisa saja nantinya kamu tumbuh menjadi pebisnis sukses setelah lulus kuliah nanti. Penasaran apa saja jurusan-jurusan tersebut? Yuk simak pembahasannya berikut ini!

1.     Manajemen Bisnis

 Manajemen Bisnis

Salah satu program studi yang banyak menelurkan pebisnis sukses adalah manajemen bisnis. Jika kamu ingin belajar banyak hal mengenai kewirausahaan, terutama yang berkaitan dengan manajemen perusahaan, manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), dan juga manajemen keuangan, maka prodi ini bisa jadi satu pilihan yang tepat. Melalui program studi ini, kamu juga akan belajar bagaimana melakukan pemasaran yang baik. Pengetahuan seputar pemasaran akan sangat bermanfaat dalam mengasah keterampilan berwirausaha.

2.     Tata Boga

Saat ini banyak orang tertarik untuk membuka usaha dalam bidang kuliner. Karena itulah, tata boga bisa menjadi salah satu prodi yang cocok untuk calon pebisnis, terutama yang ingin membangun usaha kuliner. Melalui program studi ini, kamu bisa belajar bagaimana cara mengolah berbagai macam kuliner yang lezat dan bernilai jual tinggi. Bekal yang kamu dapatkan dari prodi ini nantinya bisa kamu aplikasikan untuk membuka usaha restoran, café, maupun toko kue sendiri.

3.     Peternakan

Program studi peternakan juga menjadi salah satu jurusan yang dapat menghasilkan pebisnis sukses. Dengan bekal pengetahuan yang kamu dapatkan dari jurusan ini, kamu bisa mendirikan usaha peternakan sendiri. Nantinya, kamu bisa berinovasi bagaimana caranya menjalankan peternakan dengan lebih efisien dan modern sehingga biaya operasional yang harus kamu keluarkan tidak terlalu besar.

4.     Budidaya Perikanan

Bagi kamu yang gemar memelihara ikan dan ingin merintis usaha dalam bidang perikanan, maka sebaiknya kamu mengambil jurusan perikanan. Dengan bekal ilmu pengetahuan yang kamu dapatkan dari bangku perkuliahan, kamu bisa memanfaatkannya untuk membangun usaha dalam budidaya ikan.

5.     Agribisnis

Agribisnis juga bisa menjadi salah satu prodi yang cocok untuk calon pebisnis. Ilmu pengetahuan dalam bidang pertanian yang kamu dapatkan selama di bangku perkuliahan bisa jadi bekal berharga untuk membangun usahamu sendiri, terutama yang terkait dengan bisnis budidaya buah dan sayur organik. Saat ini, buah dan sayur organik banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan untuk para lulusan prodi agribisnis.

6.     Teknologi Informasi

Di era digital seperti sekarang ini, teknologi informasi terus berkembang dengan cepat. Banyak bidang industri yang membutuhkan praktisi teknologi informasi handal. Hal ini tentu saja bisa jadi satu peluang yang menjanjikan bagi para lulusan jurusan Teknologi Informasi.

Jika kamu punya keahlian dalam bidang TI, maka kamu juga bisa memanfaatkannya untuk membangun bisnismu sendiri. Dengan bekal yang kamu dapatkan selama berkuliah di jurusan TI, kamu bisa mencoba mengembangkan berbagai macam aplikasi.

7.     Pendidikan

Program studi pendidikan tidak hanya dapat mencetak tenaga pendidik  yang handal saja. Prodi ini ternyata juga telah banyak mencetak pebisnis. Ya, saat ini banyak lulusan prodi pendidikan yang mendirikan lembaga pendidikan, kursus, pelatihan, dan juga seminar. Jadi, kamu tak hanya bisa menjadi pengajar profesional di sekolah formal saja. Dengan bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam mengajar, kamu pun bisa mulai membangun bisnis sendiri dengan membuka lembaga pendidikan non formal.

8.     Teknik Mesin

Teknik Komputer dan Jaringan

Teknik mesin menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati oleh kaum laki-laki. Dengan bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan yang kamu pelajari selama berkuliah di jurusan ini, kamu bisa bekerja di sektor industri yang memang membutuhkan banyak praktisi mesin yang handal.

Bagi kamu yang ingin membuka usahamu sendiri, kamu pun bisa memanfaatkan ilmu yang kamu miliki dengan membuka jasa servis mesin. Bahkan, dengan membuka usaha sendiri nantinya kamu juga bisa menyerap banyak karyawan untuk membantumu menjalankan bisnis ini.

9.     Pariwisata

Jurusan pariwisata juga banyak mencetak pebisnis sukses, terutama dalam bisnis agen tour and travel. Dengan bekal wawasan yang kamu miliki selama berkuliah di jurusan pariwisata ini, kamu bisa punya kemampuan untuk memperkenalkan berbagai destinasi wisata menarik kepada banyak orang, baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

Baca juga :  Gak Harus Muda! Beirikut 6 Contoh Pebisnis yang Sukses di Usia Tua

10. Farmasi

Dengan mengambil jurusan farmasi, kamu akan memiliki kemampuan untuk mengenali berbagai jenis obatan-obatan dan meracik obat sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Ilmu ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka bisnismu sendiri dengan membuka sebuah apotek.

Itulah beberapa prodi yang cocok untuk calon pebisnis. Memang mengenyam bangku kuliah tidak selamanya akan menjamin kesuksesanmu di masa depan. Namun, dengan belajar banyak hal di bangku kuliah, kamu akan punya bekal berharga untuk menjalankan bisnis sendiri suatu hari nanti.

Intip 10 Prodi yang Cocok untuk Calon Pebisnis Sukses | Malik | 4.5
error: Content is protected !!