Intip 5 Inovasi Pertanian Modern Terbaru yang Menakjubkan

Inovasi pertanian modern terbaru – Inovasi dalam pertanian modern ini sangat penting. Industri pertanian maupun industri lainnya ini menghadapi tantangan yang besar. Tantangan tersebut mau tidak mau harus dihadapi dengan baik dimana beberapa tantangan tersebut adalah kenaikan biaya pasokan, kekurangan tenaga kerja dan tantangan yang selanjutnya adalah mengubah preferensi konsumen untuk transparansi dan yang keberlanjutan.

Di dalam 10 tahun terakhir ini pertumbuhan investasi di negara-negara maju tumbuh dengan pesat dan mencapai nilai yang sangat besar yaitu nilainya mencapai $ 6,7 miliar. Lalu apa saja yang termasuk inovasi pertanian modern terbaru tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini:

Otomatisasi Pertanian

Inovasi pertanian modern terbaru yang pertama adalah otomatisasi pertanian. Maksudnya adalah semua proses dan kegiatan pertanian tersebut dilakukan secara otomatis. Berbeda dengan sebelumnya bahwa pertanian konvensional ini hanya mengandalkan tenaga manusia dan tidak diimbangi dengan bantuan teknologi atau bantuan mesin.

Otomatisasi pertanian merupakan pertanian cerdas yang mana membuat teknologi pertanian lebih efisien dan membuat siklus produksi tanaman ternak. Saat ini semakin banyak perusahaan mengerjakan otomatisasi pertanian ini. Meski teknologi ini termasuk baru namun sudah banyak petani tradisional yang menggunakan otomatisasi pertanian ini ke dalam proses pertanian mereka.

Kemajuan dalam teknologi robotika sampai dengan drone ini membuat perangkat lunak komputer ini sepenuhnya mengubah pertanian menjadi ke bentuk yang lebih modern. Tujuan melakukan otomatisasi pertanian adalah mencakup tugas yang lebih mudah dibandingkan dengan teknik pertanian biasa.

Teknologi utama dan modern yang digunakan yang sering digunakan dalam otomatisasi pertanian adalah otomatisasi panen, traktor otonom, pembibitan dan juga penyiangan selain itu juga drone. Masalah yang bisa dihadapi oleh teknologi ini adalah populasi global yang meningkat, mengubah preferensi konsumen dan selanjutnya adalah mengatasi kekurangan tenaga kerja pertanian.

Rumah Kaca Modern

Rumah kaca saat ini menjadi salah satu wujud inovasi pertanian terbaru. Rumah kaca ini sering dijadikan sebagai penelitian dengan tujuan estetika. Tanaman yang sering ditanam di rumah kaca adalah sayuran dan juga buah-buahan.Perkembangan rumah kaca ini semakin besar dimana didalamnya dilengkapi dengan teknologi yang sedang berembang. Rumah kaca ini bisa berskala kecil dan berskala besar dimana ditanamkan modal di dalamnya dan pusatnya ada di kota.

Karena kondisi pasar yang sudah tumbuh secara dramatis dan tren semakin jelas maka tidak mengherankan jika saat ini dilengkapi dengan teknologi semakin canggih, contohnya adalah dilengkapi dengan lampu LED dan juga sistem kontrol yang otomatis. Perusahaan rumah kaca telah banyak yang sukses melakukan penskalaan dimana menempatkan fasilitas mereka di dekat pusat kota untuk bisa mencukupi permintaan makanan lokal yang terus mengalami peningkatan.

Kecerdasan Buatan

Inovasi pertanian modern terbaru selanjutnya adalah kecerdasan buatan. Maraknya teknologi pertanian berbasis digital ini tidak bisa dipisahkan dengan AI atau kecerdasan buatan. Sensor dari jarak jauh, satelit dan juga UAV ini bisa mengumpulkan informasi selama 24 jam dalam seharinya di seluruh bidang. Dengan teknologi ini mudah untuk mengontrol suhu, kelembaban, memantau kesehatan tanaman dan juga kondisi tanah.

Kecerdasan buatan ini akan memungkinkan bagi para petani untuk bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik di situasi lapangan dan menggunakan teknologi canggih. Teknologi meliputi indera jarak jauh dimana dengan teknologi ini akan memberitahu petani tentang kondisi dan situasi yang tidak didapatkan dengan mata telanjang. Indera ini tidak hanya akurat namun lebih cepat dalam melintasi ladang.

Pertanian Presisi

Teknologi ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pertanian komersial. Pertanian presisi ini akan mengembangkan teknologi yang digunakan untuk memaksimalkan hasil. Tidak hanya itu saja petani juga mampu mengendalikan setiap variabel pertanian seperti tekanan hama, kondisi tanah, iklim mikro, tingkat kelembapan dan lain sebagainya.  Pertanian presisi ini bisa membantu petani dalam meningkatkan efisiensi dan dalam mengelola setiap biaya.

Baca juga : Peluang Usaha Bisnis Drone untuk Kegiatan Pertanian yang Menjanjikan

Pertanian Vertikal

Inovasi terakhir adalah pertanian vertikal.  Pertanian ini bisa meningkatkan hasil panen, mengatasi keterbatasan lahan dan juga mengurangi dampak pertanian terhadap lingkungan. Pertanian ini adalah menanam tanaman dengan sistem ditumpuk satu sama lainnya di lingkungan tertutup dan juga terkendali. Pertanian ini juga lekat oleh masyarakat kota dan lingkungan perkotaan.

Demikianlah beberapa inovasi pertanian modern terbaru yang menakjubkan, semoga informasi ini bermanfaat.

Intip 5 Inovasi Pertanian Modern Terbaru yang Menakjubkan | Malik | 4.5
error: Content is protected !!