Ini Dia Ide Usaha Unik di Jepang Paling Nyeleneh

Ide usaha unik di Jepang – Jepang adalah salah satu negara maju di Asia yang terkenal sebagai penghasil teknologi yang mutakhir. Tidak heran jika negara ini banyak menjadi panutan atau contoh bagi negara lainnya. Tidak hanya dalam bidang teknologi, orang-orang di Jepang juga dikenal kreatif dan inovatif. Beberapa bisnis yang dikembangkan oleh masyarakat Jepang seringkali terlihat unik dan menarik. Berikut adalah beberapa ide usaha unik di Jepang yang dapat Anda terapkan untuk memulai bisnis baru yang unik.

1.            Jasa Mendengarkan Curhat

Di tengah pandemi saat ini, kesehatan mental tampaknya menjadi salah satu issue yang cukup penting. Pasalnya, keterbatasan untuk keluar rumah dan bertemu dengan orang-orang kerap kali menimbulkan beban psikologis tersendiri bagi beberapa orang. Belum lagi adanya PHK massal dan sulitnya mencari pekerjaan. Melihat kondisi tersebut, tampaknya usaha yang diinisiasi oleh pria bernama Takanobu Nishimoto ini akan sangat membantu.

Pria asal Jepang tersebut merintis sebuah usaha rental curhat. Usaha ini menawarkan jasa curhat atau mendengarkan curhat bagi orang-orang dan memberikan solusi. Dalam praktiknya, Takanobu akan mendengarkan keluhan, melakukan pekerjaan rumah, serta menawarkan nasihat hidup. Takanobu mematok tarif 134 ribu rupiah untuk setiap satu jamnya. Jika diterapkan di masa pandemi seperti saat ini, rasa-rasanya bisnis ini terbilang cukup menjanjikan, bukan?

2.            Kafe Kucing

Kucing merupakan salah satu binatang piaraan yang menggemaskan. Tingkah polah kucing kerap kali mengundang tawa bagi pemeliharanya. Di Jepang, kecintaan banyak orang kepada kucing ini dimanfaatkan untuk membuat sebuah bisnis kafe kucing. Di kafe kucing ini, Anda dapat menghabiskan waktu minum kopi sembari bermain dengan kucing-kucing yang cukup terkenal. Kafe ini cukup banyak diminati oleh orang-orang Jepang.

Pasalnya, mereka menganggap bahwa menghabiskan waktu dengan binatang atau hewan adalah sebuah pengalaman menakjubkan. Bahkan, untuk berkunjung ke kafe ini, Anda terlebih dahulu harus melakukan reservasi. Terutama jika Anda ingin berkunjung di hari libur. Jika Anda memiliki keinginan untuk memulai sebuah bisnis, rasa-rasanya kafe kucing adalah salah satu ide yang menarik, bukan? Apalagi, kucing adalah salah satu piaraan yang juga banyak disenangi oleh warga Indonesia.

3.            Es Batu dalam Kemasan Gelas

Es adalah salah satu minuman yang sangat cocok dikonsumsi di tengah cuaca panas. Untuk membuat es, tentunya terlebih dahulu Anda harus menyiapkan es batu. Di Indonesia, es batu biasanya dijual dengan menggunakan kemasan plastik 1 kiloan. Namun, Anda akan menemukan hal yang berbeda di Jepang.

Di Jepang, terdapat sebuah usaha es batu unik. Es batu yang dijual di Jepang tersebut tidak ditempatkan pada plastik kemasan, melainkan pada sebuah gelas. Tidak perlu memecah es batu dengan menggunakan palu atau batu, Anda hanya perlu menuang balok-balok kecil es batu yang terdapat di gelas ke minuman yang ingin Anda minum. Selain lebih praktis, kemasan ini tentunya dapat membantu mengurangi penggunaan plastik sebagai wadah makanan atau minuman. Sedangkan gelasnya, dapat Anda gunakan kembali sebagai tempat minum atau lainnya.

4.            Mie Cup Beserta Air Panas di Tempat

Mie instan adalah salah satu makanan kesukaan hampir sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama bagi anak-anak kos. Tidak hanya memiliki cita rasa enak dan aroma yang menggoda, harga jual mie instan juga terbilang cukup murah yaitu, Rp 2.500,- per bungkusnya. Belum lagi, cara pembuatannya yang terbilang praktis dan mudah.

Di Jepang, swalayan atau toko penjual mie instan akan menyediakan air panas di tempat. Sehingga, pembeli dapat langsung membuat dan makan di tempat. Usaha demikian sebenarnya tidak hanya ada di Jepang. Di Korea Selatan pun Anda akan menemukan berbagai toko kelontong yang menyediakan air panas serta tempat makan. Sedangkan di Indonesia, tempat penjual mie instan dengan air panas di tempat masih cukup jarang ditemukan. Padahal, peluang usaha ini cukup menjanjikan. Jika Anda memiliki keinginan untuk memulai sebuah bisnis, ide ini tentunya dapat Anda pertimbangkan.

5.            Mesin Pemesanan Makanan

Jepang terkenal dengan bisnis kulinernya yang beraneka macam. Banyak kuliner khas Jepang yang bahkan juga diminati oleh turis mancanegara dan memberikan peluang bisnis di negaranya. Di Indonesia, bisnis makanan Jepang seperti, takoyaki, sushi, ramen, dan lain sebagainya juga banyak ditemukan.

Baca juga : Intip Peluang Usaha Makanan Khas Daerah Paling Potensial

Akan tetapi, ada satu hal yang unik dengan bisnis makanan Jepang. Banyak tempat makan Jepang menyediakan sebuah mesin pemesanan makanan. Mesin ini biasanya diletakkan di depan restoran. Pembeli yang ingin memesan makanan, tidak perlu mengantri dan memesan makanan kepada koki atau pelayan, melainkan melalui vending machine. Selain untuk memesan makanan, mesin ini juga sekaligus digunakan untuk memproses transaksi pembayaran. Rasa-rasanya, ide teknologi pemesanan makanan ini juga bisa menjadi trend bisnis luar negeri kedepannya.

Itulah beberapa ide usaha unik di Jepang yang dapat Anda terapkan jika Anda ingin memulai sebuah bisnis.

Ini Dia Ide Usaha Unik di Jepang Paling Nyeleneh | Malik | 4.5
error: Content is protected !!