6 Ide Startup Unik di Indonesia yang Layak Dikembangkan

Semua perusahaan besar di dunia ini tentu diawali dengan sebuah startup kecil. Meskipun startup tersebut kecil tetapi memiliki ide yang brilian sehingga terus berkembang menjadi besar. Dewasa ini, ide startup unik di Indonesia ada banyak sekali. Keberadaan berbagai startup ini tentu saja layak mendapatkan dukungan baik dari pemerintah maupun swasta.

Tujuannya adalah agar startup dengan ide brilian ini tidak tersia-siakan sampai pada akhirnya hilang. Berikut ini adalah daftar beberapa startup di Indonesia yang layak dikembangkan untuk menjadi besar. Mengingat potensi manfaat yang akan dihadirkannya kepada masyarakat Indonesia.

Qraved

Bagi Anda penggila kuliner, maka aplikasi versi beta bernama Qraved ini sangat direkomendasikan. Melalui aplikasi jejaring sosial ini, Anda bisa mencari berbagai tempat makan dan juga foto makanan favorit. Kemudian, pengguna lain juga dapat memberikan feedback kepada Anda dengan cara meng-upvote foto tersebut. Caranya adalah dengan mengklik opsi “Qrave It”.

Qraved

Qraved

Tidak hanya sekedar melakukan sharing foto, para pengguna Qraved juga bisa melakukan reservasi pada restoran yang terdaftar di aplikasi ini. Sejauh ini, penggunaan aplikasi Qraved baru sebatas regional kota Jakarta. Namun, dalam perencanaannya Qraved akan menjangkau beberapa daerah strategis seperti Bali dan Surabaya.

Mahoni

Satu dari sekian banyak startup Indonesia ini berhasil mengembangkan aplikasi BSE yang bekerja pada platform mobile berbasis Android dan iOS. Mahoni adalah aplikasi yang menyediakan ebook gratis untuk anak-anak sekolah berbasis platform mobile. Mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas(SMA).

Mahoni iOS

Beberapa pengguna beranggapan bahwa platform mobile ini relatif mudah dijangkau. Aplikasi Mahoni mempunyai koleksi kurang lebih 1.300 buku pelajaran elektronik dari jenjang pendidikan dasar hingga menengah atas. Melalui aplikasi ini pengguna dapat membaca maupun mengunduh ebook tersebut secara gratis.

Mengingat keberadaannya yang begitu bermanfaat, maka tidaklah mengherankan jika pengguna merespon kehadiran Mahoni dengan positif. Aplikasi berbasis BSE ini memang baru resmi dirilis pada 15 Juli lalu. Akan tetapi, jumlah penggunanya diprediksi terus mengalami peningkatan. Hingga sekarang aplikasi ini telah diunduh sebanyak 20 ribu buku per harinya.

Font Pro

Font Pro app

Keberadaan Font Pro merupakan hasil dari aplikasi ide stratup unik di Indonesia. Berbeda dengan startup pada umumnya, Font Pro berusaha mengambil celah dalam bidang typografi dan font type. Disini, Anda akan menemukan 20 ribu jenis font yang tersedia secara gratis. Tampilan situs yang tertata rapi juga akan memudahkan Anda untuk memilih jenis font. Font tersebut juga dapat Anda download dengan format umum seperti HTML dan CSS.

Tips Dokter

Salah satu startup layanan kesehatan online karya anak bangsa yang populer adalah Tips Dokter. Dalam situs ini, ada beberapa fitur menarik yang dapat Anda manfaatkan untuk mencari informasi seputar kesehatan. Misalnya adalah “Health A-Z” yang menyajikan lebih dari 100 artikel kesehatan lengkap dengan gejala, diagnosis bahkan perawatannya.

Kehadiran Tips Dokter tentu saja disambut positif oleh para pengguna. Hal ini dikarenakan begitu besarnya manfaat yang diberikan situs ini kepada pengguna khususnya dalam aspek kesehatan. Sambutan positif ini dibuktikan dengan data bahwa semenjak peluncurannya pada bulan Mei 2012 lalu, Tips Dokter telah memiliki 13 ribu pengguna aktif.

KreditAja

Kini, situs Garage Loan telah hadir di Indonesia dengan nama KreditAja. Situs KreditAja bersedia untuk memberikan pinjaman sejumlah dana kepada pengguna internet secara mudah, praktis dan cepat. Saat Anda mengakses situs tersebut maka semua prosedur peminjaman dana akan dilakukan secara online.

KreditAja

Disamping berfungsi sebagai penyedia pinjaman bagi pengguna yang membutuhkan. KreditAja juga memberikan kesempatan kepada kreditur untuk meminjamkan sejumlah dana yang dimilikinya secara langsung. Melalui sistemnya, KreditAja akan menjadi pihak ketiga diantara customer dan kreditur sehingga keduanya mendapatkan pinjaman yang saling menguntungkan.

Jalan2

Startup Indonesia yang satu ini sudah pasti sangat cocok untuk Anda penggemar travelling. Jalan2 menyediakan berbagai review tempat wisata menarik baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Keberadaan review ini tentu sangat membantu Anda untuk mengetahui tempat wisata yang akan dikunjungi. Tidak hanya itu, dengan adanya situs ini pengetahuan Anda tentang tempat wisata baru juga akan bertambah.

Situs Jalan2 juga memberikan ruang kepada para penggunanya untuk saling berinteraksi melalui forum diskusi. Seperti forum diskusi pada umumnya, Anda tentu akan mendapatkan banyak manfaat jika ikut bergabung disini. Keuntungan yang diperoleh adalah dapat saling berbagi informasi dengan para traveller lain. Lebih dari itu, Anda juga akan berkesempatan untuk bertemu dengan traveller dari seluruh Indonesia dalam acara gathering Jalan2.

Keenam ide startup unik di Indonesia tersebut tentu layak mendapat prioritas lebih dari pihak pemerintah maupun swasta. Ini dikarenakan apabila dikembangkan menjadi perusahaan besar, maka ide startup tersebut tentu akan bermanfaat bagi banyak orang. Dengan demikian, keberadaan startup menjadi signifikan untuk masyarakat.

 

6 Ide Startup Unik di Indonesia yang Layak Dikembangkan | Malik | 4.5
error: Content is protected !!