Nyeleneh! Inilah 6 Ide Bisnis Musim Hujan Berincome Besar

Ide bisnis musim hujan – Musim penghujan telah tiba, namun tak sedikit dari orang-orang yang justru tak menyukai hal ini. Bagaimana tidak, tak jarang musim hujan dapat menimbulkan banjir serta berdampak pada terhambatnya aktivitas sehari-hari. Namun tak selamanya hujan membawa kerugian, karena ada pepatah mengatakan “hujan membawa berkah”. Ternyata hal tersebut benar adanya, karena hujan dapat mendatangkan rejeki tambahan bagi Anda yakni dengan membuka sebuah bisnis. Lalu apa saja ide bisnis musim hujan? Yuk simak 6 ide bisnis musim hujan yang wajib Anda coba berikut ini!

1.      Laundry

Musim hujan dapat berdampak pada cucian yang susah kering karena minimnya sinar matahari. Selain itu, cucian juga menjadi lembab dan tak jarang akan menimbulkan bau apek karena dijemur di dalam ruangan. Situasi ini tentu bisa Anda rubah menjadi sebuah situasi menguntungkan, dimana Anda menemukan ide bisnis musim hujan yaitu membuka usaha laundry. Namun membuka usaha laundry membutuhkan tempat yang cukup luas guna menempatkan mesin cuci serta tempat untuk menyetrika baju. Anda bisa menyewa ruko, atau jika tempat tinggal Anda berada di lokasi yang cukup strategis seperti dekat dengan kampus, membuka usaha laundry di rumah akan jauh lebih menghemat modal.

2.      Jual Minuman Hangat

bajigur

Suhu udara saat musim hujan tentu akan lebih dingin dari biasanya, oleh karena itu perubahan cuaca tersebut dapat Anda jadikan peluang ide bisnis musim hujan yang menjanjikan. Anda bisa membuka usaha berjualan minuman hangat, baik hanya menggunakan meja kecil di teras rumah, maupun membeli gerobak layaknya gerobak angkringan. Modal yang dikeluarkan tak begitu banyak, namun keuntungan yang bisa diraup cukup menjanjikan. Anda bisa menjual aneka minuman hangat mulai dari teh hangat, jeruk hangat, atau bahkan minuman tradisional seperti ronde, wedang jahe, bajigur, bandrek, sekoteng, secang, dan minuman tradisional lainnya.

3.      Jual Makanan Berkuah

Tak hanya usaha menjual minuman hangat, menjual makanan berkuah pun bisa dijadikan salah satu ide bisnis musim hujan yang cukup menjanjikan. Karena umumnya masyarakat Indonesia tak lepas dari menyantap makanan berkuah saat musim hujan, seperti bakso, soto ayam, mi ayam, maupun makanan berkuah lainnya. Terlebih jika Anda memiliki skill memasak yang cukup mumpuni, usaha yang satu ini tentu wajib untuk Anda coba. Tak perlu menyewa tempat, cukup membuka warung kecil-kecilan di rumah Anda untuk menghemat biaya. Anda juga dapat mempromosikan kepada para tetangga mengenai usaha kuliner Anda, agar nantinya banyak yang tertarik datang untuk membeli.

4.      Jual Roti Bakar dan Jagung Bakar

Roti Bakar

Selain makanan berkuah, camilan saat musim hujan seperti roti bakar dan jagung bakar juga dapat Anda coba geluti. Karena umumnya sambil menunggu hujan reda, akan lebih nikmat jika ditemani dengan camilan-camilan hangat. Anda dapat membuka warung makan kecil-kecilan di rumah, atau jika tempatnya kurang memadai Anda bisa menyewa kios berukuran kecil. Anda bisa menjual roti bakar aneka rasa, dengan menggunakan roti tawar biasa atau roti bakar pada umumnya. Untuk jagung bakarnya, Anda bisa menawarkan jagung bakar dengan pilihan rasa-rasa yang cenderung asin, seperti barbeque, pedas, pedas manis, dan rasa-rasa lainnya. Namun jika Anda tak tertarik dengan jagung bakar, ada opsi lain yaitu jagung rebus. Jagung rebus cenderung lebih mudah dari segi pembuatannya, dan bahan-bahan yang dibutuhkan pun tidak begitu banyak.

5.      Jual Pelapis Sepatu

Selain usaha kuliner, ide bisnis musim hujan lainnya yang bisa Anda coba adalah menjual pelapis sepatu. Pelapis sepatu termasuk produk baru di pasaran, dengan bentuknya yang mirip seperti kaos kaki namun terbuat dari karet sehingga anti air. Pelapis sepatu ini dapat dipakai untuk menutupi sepatu secara keseluruhan karena sifatnya yang lentur namun tak mudah sobek. Keberadaan pelapis sepatu sangat membantu sehingga saat berkendara di waktu hujan tak perlu takut sepatu akan kebasahan. Anda bisa menjual barang ini secara online maupun offline. Promosi online dengan menawarkan produk di media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, atau dimana saja yang sekiranya berpotensi. Selain promosi online, Anda juga dapat menjual pelapis sepatu di rumah, dengan menawarkan kepada rekan maupun tetangga mengenai produk tersebut.

6.      Cuci Motor atau Mobil

Ide bisnis musim hujan yang tak kalah menjanjikan adalah membuka usaha cuci motor atau mobil, karena saat musim hujan kendaraan lebih mudah kotor terkena cipratan genangan air hujan. Anda dapat memanfaatkan hal ini dengan membuka usaha cuci motor atau mobil di rumah. Jika Anda tidak mempunyai lahan cukup luas maka lebih baik membuka usaha cuci motor saja. jika memungkinkan, membuka usaha cuci motor sekaligus mobil merupakan ide bagus. Namun membuka usaha cuci motor atau mobil ini membutuhkan alat-alat operasional yang tak sedikit, sehingga Anda perlu menyiapkan modal yang cukup.

Itulah 6 ide bisnis musim hujan menjanjikan yang bisa dicoba, Anda tertarik?

 

Nyeleneh! Inilah 6 Ide Bisnis Musim Hujan Berincome Besar | Malik | 4.5
error: Content is protected !!